Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Astra International Tbk Gondol Antaranews CSR Award

PT Astra Internasional Tbk meraih Antaranews CSR Award dari Lembaga Kantor Berita Nasional Antara sebagai apresiasi pada perusahaan yang memiliki komitmen pemberdayaan masyarakat dan lingkungan melalui program tanggung jawab sosial perusahaan.
Bastanul Siregar
Bastanul Siregar - Bisnis.com 21 Juli 2014  |  21:03 WIB
Astra International Tbk Gondol Antaranews CSR Award
Dirut LKBN ANTARA Saiful Hadi (ketiga kiri) menyerahkan penghargaan Antaranews CSR Award 2014 kepada Dirut PT Semen Indonesia (Persero) Tbk Dwi Soetjipto (ketiga kanan), disaksikan Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto (kedua kanan), dan Direktur Utama PT BPJS Ketenagakerjaan Elvyn G. Masassya (kedua kiri) di Jakarta, Senin (21/7/2014) - Bisnis
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — PT Astra Internasional Tbk meraih Antaranews CSR Award dari Lembaga Kantor Berita Nasional Antara sebagai apresiasi pada perusahaan yang memiliki komitmen pemberdayaan masyarakat dan lingkungan melalui program tanggung jawab sosial perusahaan.

Penghargaan itu diterima langsung Presdir PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto dari Dirut Perum LKBN Antara Syaiful Hadi, di Jakarta, Senin (21/7/2014). Hadir pada acara tersebut Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Ibu Ani Yudhoyono, sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu, dan pejabat lainnya.

“Astra International meraih penghargaan ini atas kekukuhannya menjalankan empat pilar program CSR yakni pendidikan, lingkungan, income generating activity, dan kesehatan,” tutur Direktur Pemberitaan LKBN Antara Akhmad Kusaeni.

Dalam kesempatan itu, Prijono mengatakan Astra memang ingin berperan serta dalam membangun bangsa dan memiliki kepedulian kepada masyarakat.  Kepedulian itu diwujudkan melalui program CSR yang meliputi 4 bidang yakni pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan peningkatan UKM.

Setiap tahun, Astra menyumbangkan sekitar 3-4% dari total keuntungan perusahaan untuk program CSR. Sebagian besar dari jumlah itu disalurkan untuk dunia pendidikan di Indonesia. ““Ini panggilan dan tugas kami sebagai perusahaan. Bangsa ini butuh rakyat yang lebih cerdas,” katanya.

Menurut Prijono, khusus CSR pendidikan, Astra sudah membangun dan merehabilitasi 10.000 sekolah, memberi beasiswa kepada 150.000 anak. Selain itu, Astra juga memberikan dana pembinaan pada 26.000 guru. Sedangkan di bidang pengembangan dan pembinaan UKM, Astra sudah membina 8.600 UMKM.

Berdasarkan catatan, tiap tahun Astra terus meningkatkan jumlah dana CSR yang diambil dari keuntungan perusahaan. Tahun 2013 lalu, Astra berhasil membukukan laba bersih  Rp 19,4 triliun. Jumlah itu tak jauh berbeda dengan tahun 2012.

Selain kepada Astra, penghargaan serupa juga diberikan kepada PT Semen Indonesia dan BPJS Ketenagakerjaan. Pada kesempatan itu, LKBN Antara juga memberikan penganugerahan kepada Ani Yudhoyono sebagai Tokoh Peduli Peningkatan Kecerdasan Anak Indonesia 2014.

LKBN Antara juga memberikan penganugerahan  Tokoh Filantropi 2014 kepada Dato’ Sri Prof Dr Tahir atas keteladanan dan kedermawanan. Pendiri kelompok usaha Mayapada Group ini telah mendermakan sebagian kekayaannya dalam berbagai program sosial, pendidikan, hingga pemberian beasiswa.

Dia menyumbang dana sebesar US$ 100 juta atau setara Rp 1,1 triliun bagi upaya pemberantasan penyakit AIDS, TBC, dan malaria di Indonesia yang dikelola The Global Fund. “Anugerah ini diharapkan menginspirasi satu juta dermawan lagi seperti Tahir di Indonesia,” ujar Kusaeni.

Pada kesempatan itu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam sambutannya memuji kiprah yang dilakukan tiap perusahaan dan tokoh yang memberikan kepeduliannya bagi bangsa. “Saya mengucapkan selamat kepada para penerima penghargaan. Teruslah memberikan contoh dan mencerdaskan bangsa.”

Dia juga meminta para penerima penghargaan untuk memberikan contoh kepada pihak lain. "Saya berpesan teruslah menjadi contoh. Teruslah berbagi dan peduli. Peduli dan berbagi pada sesama dan terus membangun negeri," kata Presiden.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

astra international
Editor : Martin Sihombing
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top