Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Alasan Kenapa Bisnis Kuliner Lebih Banyak Digeluti Perempuan

Mayoritas pengusaha perempuan di Indonesia memilih menjalankan usaha di bidang kuliner karena dianggap dekat dengan keseharian seorang ibu rumah tangga, kata Ketua Umum Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) Nita Yudi.

Bisnis.com, JAKARTA—Mayoritas pengusaha perempuan di Indonesia memilih menjalankan usaha di bidang kuliner karena dianggap dekat dengan keseharian seorang ibu rumah tangga, kata Ketua Umum Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) Nita Yudi.

"Jumlah perempuan pengusaha di bawah naungan Iwapi ada sekitar 30 ribu, mayoritas bergerak di bidang kuliner, garmen dan kerajinan tangan," kata Nita Yudi di Jakarta, Senin.

Nita mengatakan kebanyakan perempuan memiliki bekal mengawali usaha kuliner karena biasa memasak untuk keluarga dan kegiatan-kegiatan komunitas seperti arisan.

"Nah, kalau kebanyakan orang bilang enak, biasanya mereka mulai membuka usaha katering. Ditambah mereka juga memiliki kebutuhan untuk anak sekolah dan keperluan sehari-hari," katanya.

Ia mengatakan Iwapi memotivasi perempuan untuk memanfaatkan peluang pasar yang sangat besar di dalam negeri.

"Perempuan itu biasanya kalau kepepet baru bergerak. Itulah tugas kami untuk memotivasi perempuan-perempuan untuk jadi pengusaha, terutama di kampus-kampus. Jadi, setelah lulus harus jadi job maker (pencipta pekerjaan) jangan hanya job seeker (pencari kerja)," kata Nita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper