Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Syariah Mandiri Bangun Rumah Ibadah di Pananjakan Bromo

Bank Syariah Mandiri (BSM) bekerja sama dengan Taman Nasional Bromo-Tengger Semeru (TNBTS) menghadirkan mushalla di kawasan Pananjakan Bromo.

Bisnis.com, PROBOLINGGO: Bank Syariah Mandiri (BSM) bekerja sama dengan Taman Nasional Bromo-Tengger Semeru (TNBTS) menghadirkan mushalla di kawasan Pananjakan Bromo. Keberadaan mushalla tersebut tidak saja merupakan dukungan BSM atas pariwisata dalam negeri namun juga perwujudan kerukunan umat beragama karena berlokasi di kawasan masyarakat Tengger yang beragama Hindu. 

Dan diharapkan kehadirannya bisa meningkatkan jumlah wisatawan ke kawasan Bromo-Tengger. Bangunan mushalla dan fasilitas pendukung telah diresmikan satu tahun lalu. Direktur Finance and Strategy BSM Agus Dwi Handaya menjelaskan bangunan mushalla berdiri dengan luas 81 meter persegi di atas tanah seluas 1.800 meter persegi yang dikelola oleh TNBTS. Lokasi mushalla berada di ketinggian 2680 MDPL (Meter Diatas Permukaan Laut) (Bromo: 2392 MDPL).

Mushalla ini dilengkapi dengan 8 unit kamar mandi pria dan wanita, tempat wudhu, taman, dan gazebo untuk menyaksikan sunset di lokasi Bromo. Pembangunan mushalla ini menghabiskan dana sekitar Rp1,4 miliar dari anggaran dana sosial BSM dan Lembaga Zakat BSM. Adapun lahan disediakan oleh TNBTS. Bangunan mushalla dilengkapi gapura dengan desain arsitektural Hindu Majapahit sebagai penghormatan kepada masyarakat Hindu Tengger.

Lokasi mushalla tidak jauh dari lokasi di mana msyarakat dapat menyaksikan mata hari terbit (sunrise) di Pananjakan.  ‘’Sebagai penghormatan kerukunan beragama, pengelolaan Mushalla dikerjasamakan dengan masyarakat Tengger yang beragama Hindu. Juga ketika pembangunan pembangunannya,’’ kata dia usai melaksanakan penanaman 500 bibit pohon cemara gunung di lereng gunung.

Kehadiran mushalla di kawasan Bromo diharap bisa mendongkrak kunjungan wisatawan ke daerah tersebut. Lebih lanjut Agus menjelaskan wisata syariah juga mulai berkembang di Tanah Air. Hal itu merupakan efek lanjut dari berkembangnya industri keuangan syariah yang dipelopori oleh bank syariah. Dengan kehadiran mushalla, wisatawan terutama Muslim menjadi lebih nyaman.

’’ Ke depan, turut Agus, program serupa akan digelar di daerah lain. Beberapa kawasan wisata alam yang fenomenal belum terfasilitasi sarana ibadah.  ‘’BSM sangat mendukung program pengembangan wisata tanah air, dan sangat bangga bisa memfasilitasi kegiatan ibadah wisatawan.’’ Tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper