Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LOral Susun Program Cetak Pemimpin Muda

LOral menyelenggarakan program A Taste of LOral pada Senin-Rabu (18-20 April 2016) bagi 30 mahasiswa terpilih yang akan dibantu memasuki dunia kerja melalui peningkatan kemampuan dan pengetahuan dengan metode pembelajaran yang terintegrasi berbasis digital.
Pemimpin./Bisnis.com
Pemimpin./Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - LOral menyelenggarakan program A Taste of LOral pada Senin-Rabu (18-20 April 2016) bagi 30 mahasiswa terpilih yang akan dibantu memasuki dunia kerja melalui peningkatan kemampuan dan pengetahuan dengan metode pembelajaran yang terintegrasi berbasis digital.

Program diakhiri dengan diskusi panel tentang hasil studi yang dilakukan Willis Towers Watson sejak 2014 mengenai Talent Management and Rewards yang menyatakan bahwa 8 dari 10 perusahaan di Indonesia menghadapi tantangan untuk merekrut lulusan universitas dengan keahlian yang tepat dan siap menghadapi dunia kerja.

Lilis Halim, Consultant Director, Willis Towers Watson, mengatakan hasil survei tersebut juga menunjukkan adanya ketimpangan antara pertumbuhan permintaan dan ketersediaan tenaga kerja.

Pertumbuhan lulusan perguruan tinggi di Indonesia menempati urutan ketiga tertinggi di dunia setelah India dan Brasil dengan pertumbuhan lebih dari 4% dan rata-rata perubahan surplus talent per tahun sebesar 1,5%.

"Namun nyatanya banyak perusahaan masih menghadapi tantangan untuk mendapatkan dan mempertahankan tenaga kerja dengan kualifikasi yang tepat terutama di rentang umur 34 tahun ke bawah, yaitu generasi milenial," jelas Lilis Halim dalam siaran pers yang diterima Bisnis.com, Jumat (22/4/2016).

Sementara itu, Vismay Sharma, Presiden Direktur PT LOral Indonesia menyatakan perusahaannya membantu mencetak pemimpin masa depan yang adalah para generasi muda lulusan perguruan tinggi agar kreatif, inovatif serta cerdas berteknologi maupun berkomunikasi secara digital.

Mereka dibesarkan dalam sebuah era dimana informasi tersedia begitu luasnya dan didapat secara instan. Meskipun demikian, sebagai perusahaan kami merasa ada beberapa kemampuan tertentu yang masih perlu dikembangkan lagi agar semakin siap menghadapi dunia kerja, seperti misalnya daya pikir kritis serta daya adaptabilitas. A Taste of LOral diharapkan dapat menjawab tantangan tersebut serta membantu membukakan mata para mahasiswa akan hal-hal terbaik apa saja yang perlu dipersiapkan dalam memasuki dunia kerja, tutur Vismay.

Pakar pendidikan Arief Rachman pun menambahkan pasalnya, generasi milenial kebanyakan mengagumi mobilitas internasional dan pada saat yang bersamaan juga tertarik akan kewirausahaan. Generasii muda akan cenderung lebih sukses jika berada di lingkungan yang dapat membuat mereka merasa menjadi bagian pentingnya.

Di lain sisi, karena sangat terekspos pada informasi yang begitu luas dan instan, mereka cenderung sedikit lemah dalam hal proses dan sistem, ujar Arief Rachman.

Untuk terus meningkatkan generasi lulusan universitas yang siap kerja, Arief meyakini bahwa pemerintah, akademisi dan sektor swasta memiliki peran penting. Sektor swasta dapat memberikan banyak kesempatan bagi para lulusan baru universitas untuk berkembang dengan memberikan pelatihan formal dan non-formal, menciptakan lingkungan kerja yang mendukung kebebasan berekspresi, dan khususnya bagi perusahaan multinasional dengan menawarkan kesempatan mobilitas internasional.

Kepala SDM PT LOral Indonesia, Restu Widiati menyatakan A Taste of LOral ditujukan bagi para mahasiswa di periode dua tahun terakhir perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Melalui program ini, kami menerima hampir 1.500 pelamar dari seluruh Indonesia termasuk Medan, Manado, Lampung dan Aceh.

Sebanyak 30 mahasiswa terbaik yang 50% di antaranya berasal dari luar Jakarta, kemudian diseleksi untuk mengikuti program tahun ini. Program selama 3 hari ini mengetengahkan sesi berbagi ilmu oleh manajemen LOral, pelatihan soft and hard competencies, kewirausahaan, paparan manajerial dan studi kasus, jelas Restu Widiati.

Peluncuran A Taste of LOral tahun ini menambah daftar program yang sudah dijalankan divisi SDM LOral Indonesia selama 1 dasawarsa terakhir, termasuk program pengembangan tenaga kerja muda seperti Young Entrepreneur program, Sales Leader Development program, High Flyer Internship program DAN LOral Brandstorm.

LOral juga secara konsisten mengembangkan talenta masyarakat secara lebih luas melalui program CSR jangka panjang yang didedikasikan pada dunia pendidikan, khususnya di bidang sains dan kecantikan seperti: LOral-UNESCO For Women In Science, LOral Sorority in Science, LOral Girls in Science, Beauty For a Better Life dan LOral -GoGlam Beauty Education bekerjasama dengan Go-Jek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper