Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tertarik Buka Layanan Kurir Sepeda, Ini Yang Harus Diketahui

Jasa kurir sepeda memang belum seramai kurir ojek online, tetapi kurir sepeda memiliki potensi bisnis yang menjanjikan.
Sepeda/Istimewa
Sepeda/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA --- Jasa kurir sepeda memang belum seramai kurir ojek online, tetapi kurir sepeda memiliki potensi bisnis yang menjanjikan.

Konsultan bisnis Groedu Business Consultant & Trainer Frans M. Royan menuturkan kurir sepeda sudah dilakukan terlebih dahulu oleh PT. Pos Indonesia. Namun, kurir sepeda kembali mencuat sebagai jawaban memenuhi kebutuhan yang mende sak para pelang gan dan upaya mengu rangi polusi. Frans menilai perusahaan dengan jenis bisnis seperti ini dapat men jadi perusahaan publik karena memiliki visi dan misi yang sesuai de ngan kebutuhan masyara kat. Semua itu dapat dica pai jika perusahaan kuat de ngan cara mem perluas cakupan komunitas sepeda yang peduli dengan visi dan misi yang ditetapkan.

“Di bidang bisnis memang ada ceruk kecil, niche market atau pasar yang tersegmentasi untuk tetap berdiri. Jadi tidak perlu khawatir jasa kurir ini akan tumbang kalau semua orang peduli dengan visi misi, yaitu ingin sehat, kurangi polusi dan bermanfaat untuk orang lain,” katanya, Sabtu (1/9/2016).

Meskipun memiliki jargon yang cukup kuat, tetapi banyak hal yang perlu diperhatikan para perintis bisnis kurir sepeda. Salah satunya adalah membangun kepercayaan pelanggan. “Membangun keper cayaan, keamanan, dan kerahasiaan sangat penting. Selain itu, juga perlu dicari cara praktis untuk menggu na kan jasa ini. Contohnya, apakah memung kinkan memakai aplikasi. Jika memungkinkan kenapa tidak. Penggunaan teknologi dapat dilakukan ketika proses pemesanan seperti saat memanggil ojek online,” jelasnya.

Frans kembali mengingatkan agar layanan kurir ini terus dilirik konsumen adalah memelihara visi dan misinya. “Kan sepeda salah satu kendaraan yang bebas polusi. Semakin visi dan misinya kuat dan banyak orang menggunakan jasa ini maka berpotensi mengurangi polusi. Saya yakin jasa kurir ini adalah jasa yang berkembang karena pendirinya banyak yang memiliki social entrepreneur yang kuat.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dika Irawan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper