Tips Sukses di Bisnis Online dari 4 Localpreneur Muda

Shiffting Market atau perubahan prilaku pasar dari offline menuju online, membuat sejumlah UKM gencar memasarkan produk mereka melalui online/digital.
Mia Chitra Dinisari | 11 Desember 2017 06:07 WIB
Circledoo menggelar event bertajuk Are You Hype Enough To Be A Localpreneur dengan menghadirkan 4 localpreneur muda - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Shiffting Market atau perubahan prilaku pasar dari offline menuju online, membuat sejumlah UKM gencar memasarkan produk mereka melalui online/digital.

Namun, tak memasarkan produk melalui online store tentunya perlu perencanaan serta strategi yang baik. Mau tahu seperti apa para localpreneur muda sukses mengembangkan bisnis mereka melalui online store?.

Sebagai platform wadah skill sharing and knowledge yang menghubungkan antara Educator/Speaker dengan Audience, ‘CircleDoo’ terus berkomitmen membagikan materi dari sejumlah expert.

Circledoo menggelar event bertajuk “Are You Hype Enough To Be A Localpreneur” dengan menghadirkan 4 localpreneur muda yang sukses membangun pasar serta mengembangkan bisnis mereka melalui digital yang antara lain :

1. Diandra Hadi (Co-Founder of Oaksva).

Menurutnya, “3 hal penting yang perlu diperhatikan sebelum seseorang memutuskan memulai bisnis yang antara lain ; Set Goals (Target), Talk to People, dan yang paling penting, jangan mempercayakan 100 bisnis kalian kepada professional, karena ‘Kita’ sendiri yang paling mengenal produk serta goals kita.”

2. Gwyneth Evelyn (Co-Founder Goldenude).

Gwen menyampaikan,”Memulai bisnis perlu Value dari produk (every brand should be Authentic), Story yang bisa dirangkum dari sejumlah problem yang ada untuk menentukan produk yang baik sebagai solusi dari problem tersebut. Dan yang paling penting, diperlukan mental, tanpa mental yang kuat sulit seseorang membangun sebuah bisnis.”

3. Ryan Angkawijaya (Founder Snazzy Boom)

Serupa dengan Gwen, menurut Ryan, hal yang sangat penting memulai bisnis adalah melihat masalah disekitar, seperti saya yang memulai berjualan Snazzy Boom itu awalnya karena melihat langkanya penjual Arum Manis dan timbulah ide, selain itu produk yang kita buat harus memberi dampak positif bagi lingkungan sekitar. “Perjuangan itu seperti Arum Manis, jika tekun dijalanai akan berakhir manis pada akhirnya.”

4. Fandi Ahmad (Founder ofLocale),

“Namanya takut dalam memulai segala seusatu itu wajar, yang terpenting rasa takut tersebut memberikan energy positif untuk berinovasi lebih keras,” ungkapnya

Lebih jauh, Fandi Ahmad juga menambahkan, hal yang perlu diperhatikan dalam memasarkan produk melalui online antara lain ;

1.Kontent yang menarik : konten yang menarik itu gak selalu jualan, tapi harus ada edukasi yang bersinergi dari produk kita, dan yang paling penting audiovisualnya harus menarik.
2. Mental baja : Namanya usaha pasti ada ruginya, dan hal-hal tersebut yang membuat mental tarasah dan inovasi akan lebih berkembang.
3. Jangan Ambisius : Ambisius justru akan membuat bisnis kalian hancur. Memulai bisnis itu harus melalui proses dan pelan-pelan dan harus jadi passion.
4. Nekat : Nekat yang dimaksud itu nekad tapi jangan ceroboh, semua tetap perlu perhitungan.

Di akhir pemaparannya, Fandi mengatakan,” Gue saranin buat yang baru selesai kuliah atau sekolah, lo harus kerja dulu, disitu lo bakal nemuin hal yang gak lo dapet selama kuliah, disitu juga lo bakal tahu passion dari orang yang berbeda-beda yang semua prosesnya bakal bikin lo hebat kedepannya.”

Tag : ecommerce
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top