Pria Ini Hengkang dari Morgan Stanley & Sukses, Intip Rahasianya

Pria ini hengkang dari perusahaan finansial global ternama Morgan Stanley dan beralih menjadi travel blogger. Tak percuma, Brian Kelly saat ini memiliki lebih dari 20 staf tetap, 50 kontributor global, dan platformnya menarik lebih dari dua juta pengikut di media sosial.
Renat Sofie Andriani | 01 Februari 2018 09:39 WIB
Brian Kelly CEO The Points Guy - Facebook

Bisnis.com, JAKARTA – Pria ini hengkang dari perusahaan finansial global ternama Morgan Stanley dan beralih menjadi travel blogger. Tak percuma, Brian Kelly saat ini memiliki lebih dari 20 staf tetap, 50 kontributor global, dan platformnya menarik lebih dari dua juta pengikut di media sosial.

Pada 2010, Kelly memulai blognya, The Points Guy, untuk membantu pembacanya memaksimalkan travel point mereka. Waktunya untuk menulis blog kerap diselipkan di antara setumpuk pekerjaannya di Morgan Stanley.

Dia kemudian memutuskan untuk melakukan lompatan dari pekerjaannya, setelah sekitar setahun melakukan blogging. Banyak rekannya datang kepadanya untuk mendapatkan saran bagaimana cara terbaik menggunakan travel point mereka.

Dilansir CNBC, Kamis (1/2/2018) berikut 7 kiat Kelly untuk sukses dan membuat lompatan:

1. Utamakan diri Anda

“Perusahaan besar tidak akan mengutamakan kepentingan terbaik Anda,” katanya kepada CNBC. Ketika pertama kali memberi tahu akan berhenti untuk mencurahkan waktunya di blog tersebut, atasannya menyarankan agar dia bertahan beberapa bulan lagi. Kelly memang bertahan, tapi di kemudian hari dia menyesali keputusan tersebut dan berharap dia segera berhenti.

2. Tidak ada kata terlambat

Sekitar 2010, banyak yang mengatakan kepada Kelly bahwa sudah terlambat untuk menjadi seorang travel blogger, tapi dia mengabaikannya. “Saya tidak pernah mengatakan kepada orang-orang bahwa ini sudah terlambat,” ujar Kelly.

3. 'Gila' berarti Anda sungguh-sungguh

“Ketika orang berkata Anda gila, Anda tahu benar-benar menyukai sesuatu,” kata Kelly. Dia memiliki banyak keraguan saat memutuskan untuk mencurahkan seluruh waktunya pada The Points Guy. “Ibu saya berkata, 'Apa yang akan kamu lakukan untuk mendapatkan tunjangan kesehatan?'”. Saya pun menjawab, “Saya yang akan membayar tunjangan kesehatan!'”

4. Rencana bisnis adalah pilihan

Model bisnis Kelly berubah berkali-kali selama beberapa tahun pertamanya. Kini pendapatannya berasal dari klik pada web, kemitraan, dan konten sponsor dari perusahaan penerbangan dan perusahaan kartu kredit. "Selalu terbuka untuk mengulangi model bisnis Anda dan jangan terlalu memikirkan rencana bisnis yang sebenarnya. Saya tidak pernah punya rencana bisnis yang sebenarnya.”

5. Dengarkan kata hati Anda

Kelly beruntung. Blognya tumbuh setelah dia keluar dari pekerjaannya, namun dia tetap melihat kegagalan sebagai bagian dari proses tersebut. “Bila kata hati Anda mendorong melakukan sesuatu, lakukan saja. Jangan takut gagal, cobalah melakukannya dengan cerdas.”

6. Jangan terlalu peduli dengan detail

Menurutnya, era digital telah menghasilkan banyak sekali peluang. Bahkan, ia pertama kali membeli domain web-nya seharga hanya US$10. “Jangan berpikir Anda harus menyewa pengacara dan melakukan pengesahan korporasi. Orang-orang bisa mandek dalam detail.”

7. Promosikan diri Anda tanpa malu

Akun Instagram Kelly menampilkan foto-foto dirinya terbang dengan kelas bisnis atau melakukan yoga di The Ritz Carlton Bali, Indonesia. Banyak keterangannya berbagi informasi tentang bagaimana dia bisa bertransaksi dengan kartu kredit untuk menemukan penawaran yang lebih baik.

“Orang tidak ingin hanya melihat Anda di halaman Facebook untuk mendorong produk Anda. Bantu mereka dengan apa yang ingin Anda lakukan dan Anda akan mencapai keseimbangan - tapi Anda harus bergegas melakukannya.”

Tag : travel, inspirasi bisnis
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top