PELUANG USAHA: Tata Busana Jadi Ladang Laba

Jika berbicara mengenai trend fashion di Indonesia, pastinya tidak terlepas dari nama-nama perancang busana kondang. Namun, tidak hanya para perancang busana ternama saja yang menikmati legitnya bisnis ini. Para desainer muda tak kalah berbakat pun mulai banyak yang terjun dan ikut berkontribusi dalam perkembangan industri tata busana Tanah Air.
Eka Chandra Septarini | 05 Maret 2018 10:14 WIB
. - .

Bisnis.com, MATARAM -- Jika berbicara mengenai trend fashion di Indonesia, pastinya tidak terlepas dari nama-nama perancang busana kondang. Namun, tidak hanya para perancang busana ternama saja yang menikmati legitnya bisnis ini. Para desainer muda tak kalah berbakat pun mulai banyak yang terjun dan ikut berkontribusi dalam perkembangan industri tata busana Tanah Air.

Dalam dunia bisnis, fashion berhubungan dengan pakaian modis atau pakaian sebagai industri kreatif yang diciptakan dan diproduksi oleh perancang busana. Permintaan pasar pun kian beragam seiring dengan perkembangan tren.

Usaha fashion sepertinya menjadi usaha yang tidak ada matinya. Hal itu terlihat dari semakin banyak pengusaha-pengusaha baru di bidang fashion. Belum lagi kita sering menemukan bazar-bazar fashion seperti Jakcloth dan sebagainya.

Berbisnis fashion dan memiliki brand sendiri tentu dapat lebih menguntungkan. Keahlian dalam merancang fashion yang unik dan menarik dapat dijadikan ide untuk berbisnis.Jika memiliki keahlian dalam merancang dan menjahit baju tidak ada salahnya untuk membuat fashion sendiri dengan brand sendiri.

Bisnis ini akan sangat menguntungkan karena model fashion yang dijual tidak sama dengan model di pasaran. Pengembangan bisnis ini juga dapat lebih mudah. Umumnya owner akan lebih terpacu untuk merancang fashion yang unik dan berbeda. Dalam pemasarannya pemilk dapat lebih leluasa untuk menentukan langkah-langkah yang harus diambil agar fashionnya dapat dikenal oleh masyarakat luas.

Dengan menambahkan imajinasi dan detail, peluang bisnis ini semakin menarik untuk dijajaki. Tidak hanya sebagai perancang busana semata, tetapi peluang untuk membuka kursus fashion desain yang banyak ditemui di kota-kota besar.

Tidaklah sulit untuk memulai bisnis ini. Apalagi, sekarang ditunjang dengan fasilitas media sosial di Internet. Banyak orang yang memanfaatkannya sebagai sarana promosi dan komunikasi dengan calon pembeli. Peluang pasar harus tetap diperhatikan, agar produk yang dihasilkan tetap digandrungi dan dipilih masyarakat.

Fashion dianggap mampu menjangkau banyak kalangan mulai dari kelas bawah hingga yang para elite. Tergantung bisnis fashion yang akan dibangun akan diarahkan seperti apa.

Memulai bisnis fashion memang harus dilandasi dengan kemampuan membaca trend. Perubahan trend bisa berdampak pada penjualan produk fashion yang ditawarkan. Untuk itu, informasi harus benar-benar dikuasai bagi mereka yang ingin mengembangkan sayap merambah dunia ini.

Tag : peluang usaha
Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top