3 Tips Wirausaha Randi Zuckerberg, Kakak Bos Facebook

Ia mungkin lebih dikenal sebagai kakak perempuan Mark Zuckerberg, pendiri salah satu startup paling terkenal di dunia, namun Randi Zuckerberg mampu membuktikan dirinya juga gape berwirausaha.
Renat Sofie Andriani | 07 Maret 2018 14:29 WIB
Randi Zuckerberg - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Ia mungkin lebih dikenal sebagai kakak perempuan Mark Zuckerberg, pendiri salah satu startup paling terkenal di dunia, namun Randi Zuckerberg mampu membuktikan dirinya juga gape berwirausaha.

Wanita berusia 36 tahun tersebut baru beberapa tahun menggeluti pekerjaan idamannya di raksasa periklanan Ogilvy & Mather, saat memutuskan melakukan suatu lompatan dan bergabung dengan sebuah perusahaan kecil di Silicon Valley.

Di kemudian hari, perusahaan kecil ini melejit dan populer dengan nama Facebook.

Randi menghabiskan sekitar tujuh tahun di Facebook, ikut membangun citra internasional Facebook serta mengembangkannya menjadi raksasa seperti saat ini. Pada 2011, ia memutuskan pindah untuk meluncurkan perusahaan media sosialnya sendiri, Zuckerberg Media.

Beberapa tahun berikutnya, Randi telah menyeimbangkan usahanya dengan menulis dua buku, berkeluarga, dan bahkan tampil di Broadway.

Baginya, wirausaha bermuara pada sejumlah faktor utama. Kepada CNBC, Randi merangkumnya menjadi tips bagi calon wirausahawan:

1. Lenturkan otot kewirausahaan Anda

“Pertama-tama, Anda harus melihat kewirausahaan seperti halnya otot. Sama seperti ketika Anda pergi ke gym untuk memastikan kondisi tetap fit, Anda harus menjaga agar otak wirausaha Anda tetap sehat,” ujar Randi.

Ia merekomendasikan pemecahan masalah dan berpikir dengan cara-cara disruptif agar otak tetap aktif dan tajam terhadap gagasan-gagasan baru.

2. Tetap mengikuti perkembangan pasar

“Kedua, Anda harus mengikuti tren-tren terbaru,” kata Randi.

Dia mengilustrasikan hal ini dengan model pertama iPhone, yang menciptakan kembali industri teknologi secara keseluruhan.

“Saat iPhone keluar, hal itu mengubah setiap bisnis di bidang teknologi. Jika Anda tidak selangkah lebih maju dari tren, Anda tertinggal,” lanjut Randi.

Hal ini, tambahnya, menjadi semakin penting dalam beberapa tahun terakhir, seiring dengan laju perkembangan teknologi yang meningkat.

3. Jual diri Anda

Yang terakhir, Randi menegaskan bahwa Anda harus fokus menjual versi terbaik dari diri Anda sendiri. “Bagaimana Anda menampilkan diri Anda sangat penting,” kata Randi.

“Kita semua melakukan penjualan, sepanjang waktu, setuju atau tidak. Setiap saat Anda mengajukan kemitraan, untuk investasi ataupun mencoba merekrut orang-orang hebat untuk bekerja sama dengan Anda, Anda melakukan penjualan,” lanjutnya.

“Menurut saya, itulah salah satu kecakapan paling penting bagi wirausahawan,” tambahnya.

 

Tag : facebook, zuckerberg
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top