Sundar Pichai, dari Engineer jadi CEO Google

Sundar Pichai adalah seorang engineer komputer dan CEO Google Inc saat ini. Google mengejutkan dunia dengan menjalani restrukturisasi perusahaan besar-besaran dan mengumumkan Pichai sebagai CEO baru pada 10 Agustus 2015.
Aprianto Cahyo Nugroho | 14 Maret 2018 09:49 WIB
Sundar Pichai - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Sundar Pichai adalah seorang engineer komputer dan CEO Google Inc saat ini. Google mengejutkan dunia dengan menjalani restrukturisasi perusahaan besar-besaran dan mengumumkan Pichai sebagai CEO baru pada 10 Agustus 2015.

Pichai telah bergabung dengan Google di tahun 2004 sebagai manajer produk dan memimpin inovasi untuk beberapa produk Google termasuk Google Chrome dan Chrome OS yang kemudian menjadi sangat sukses. Akhirnya, dia mengambil alih pengelolaan produk Google lainnya seperti Gmail dan Google Documents.

Awal Hidup dan Masa Kecil

Sundar Pichai, yang memiliki nama asli Pichai Sundararajan, lahir di Madurai, di negara bagian Tamil Nadu, India, pada 12 Juli 1972. Dia termasuk dalam keluarga kelas menengah ke bawah dan belum pernah merasakan fasilitas seperti televisi atau bepergian dengan mobil di masa kecilnya.

Ayahnya, Raghunath Pichai, bekerja sebagai Electrical Engineer di General Electric di Chennai. Ayahnya adalah manajer pada pabrik yang membuat komponen untuk peralatan listrik. Kisah-kisah serta tantangan pekerjaan yang dihadapi ayahnya selalu mengilhami Pichai.

Ibunya, Lakshmi, adalah ibu rumah tangga yang sebelumnya berprofesi sebagai seorang Stenografer. Pichai juga memiliki adik laki-laki.

Pichai mulai mengenal teknologi pada usia 12 tahun ketika ayahnya membeli telepon fixed line untuk rumahnya. Dia memiliki keterampilan yang luar biasa untuk menghafal dan mengingat angka-angka. Dia bisa mengingat semua nomor yang dihubunginya. Selain pandai dengan angka di sekolah, Pichai juga menjadi juga kapten tim kriket semasa SMA-nya.

Pendidikan

Pichai menyelesaikan pendidikan menengah kelas 10 di Jawahar Vidyalaya, Ashok Nagar dan menyelesaikan Kelas 12 dari sekolah Vana Vani di Chennai. Setelah lulus sekolah, Pichai mengambil perkuliahan jurusan Teknik Metalurgi di Institut Teknologi India di Kharagpur.

Setelah mendapat gelar Sarjana, Ia mendapat beasiswa di Standford University untuk jenjang pascasarjana ilmu material dan fisika semikonduktor dan kemudian melanjutkan untuk mengambil gelar MBA di Wharton School di University of Pennsylvania.

Karir Sebelum Google

Pichai awalnya berencana untuk mengejar gelar Ph.D. dari Stanford dan memulai karir akademisnya. Namun, dia keluar dan bergabung dengan produsen semikonduktoor di Silicon Valley, Applied Materials, sebagai seorang insinyur dan manajer produk.

Tak lama bekerja di Applied Materials, ia melanjutkan untuk menyelesaikan gelar MBA di Wharton School, University of Pennsylvania pada tahun 2002. Setelah mendapat gelar tersebut MBA, dia bergabung di McKinsey & Company dan menjabat sebagai konsultan manajemen.

Karir di Google

Seperti dilansir Successstory.com, Pichai bergabung dengan Google pada tahun 2004 dan mengerjakan produk populer seperti Toolbar di masa awal karirnya. Dia juga pernah mengerjakan produk Google Gears dan Google Pack, sebelum Chrome diluncurkan.

Keberhasilan Toolbar membantu Pichai mempercepat karirnya. Google melihat bahwa Toolbar meningkatkan pencarian pengguna. Hal ini akhirnya melahirkan Google Chrome, browser milik Google sendiri.

Pichai juga memimpin manajemen produk dan serta mengembangkan produk perangkat lunak klien Google seperti Google Chrome dan Chrome OS. Ia diangkat sebagai Vice President of product development di tahun 2008.

Di tahun ini, dia mengenalkan browser Chrome ke seluruh dunia, dan diikuti oleh Chrome OS pada tahun 2009. Pichai semakin menjadi sorotan publik pada presentasi Google dari tahun 2008 dan segera menjadi wajah Google yang terkenal. Dia menjadi VP Senior Chrome pada tahun 2012.

Pada tahun 2013, Pichai menjadi tokoh yang terkenal di seluruh dunia. Setelah hampir satu dekade di Google, dia menggantikan posisi Andy Rubin sebagai pengawas semua produk terkait Android.

Pada tahun 2015, Google membentuk Alphabet Inc. sebagai perusahaan induk dan konglomerasi bagi anak perusahaan yang sebelumnya dimiliki oleh Google, termasuk Google sendiri. Pada tanggal 10 Agustus 2015, Sundar Pichai dinobatkan sebagai Chief Executive Officer baru Google.

Sundai menggantikan CEO sebelumnya, Larry Page, yang mengambil alih tampuk kepemimpinan Alphabet, Inc.. Awal tahun itu, Pichai diumumkan menjadi Product Chief di Google oleh Larry Page sendiri.

Pada bulan Februari 2016, ia dianugerahi 273.328 saham perusahaan Alphabet Inc, yang otomatis meningkatkan kekayaan bersihnya. Total saham tersebut bernilai US$199 juta pada saat itu. Saat ini kekayaan bersih Pichai mencapai US$1,2 miliar.

Kehidupan pribadi

Sundar Pichai menikahi pacarnya yang sudah lama, Anjali Pichai. Mereka adalah teman sekelas saat belajar bersama di IIT Kharagpur. Keduanya memiliki dua anak; seorang putra dan seorang anak perempuan.

Tag : google inc
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top