Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Efektif Mengembangkan Bisnis di Era Digital

Memasuki era serba digital, pelaku usaha konvensional atau offline store harus membangun sebuah strategi digital guna meningkatkan bisnis sekaligus menghadapi persaingan bisnis.
Internet/Ilustrasi
Internet/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Memasuki era serba digital, pelaku usaha konvensional atau offline store harus membangun sebuah strategi digital guna meningkatkan bisnis sekaligus menghadapi persaingan bisnis.

Tanpa hal itu, ancamanpenurunan omset bahkan hingga gulung tikar akibat pesatnya digitalisasi berpotensi terjadi. Digital yang seharusnya menjadi peluang justru dianggap sebagai ancaman bagi sebagian besar industri konvensional dikarenakan minimnya pemahaman serta strategi digital.

Menanggapi hal tersebut, 'CEO 17plus Communication' Linda Rasyid menyampaikan, sebenarnya digitalisasi merupakan peluang bagi para pelaku usaha, yang menjadi masalah dikarenakan minimnya pengetahuan dan strategi digital.

Ada tahapan yang seringkali orang lupakan dalam hal mempertahankan atau memulai sebuah bisnis, yakni branding awareness atau membangun sebuah brand.

“Kenapa penting membangun sebuah brand produk,? Ini merupakan langkah yang harus ditempuh sebuah brand sebelum mereka masuk ke tahap selling. Kita kembalikan kepada diri kita masing-masing sebagai seorang konsumen, hal apa yang kita ingin ketahui tentang sebuah produk, terlebih produk yang belum pernah kita ketahui atau gunakan sebelumnya,” ungkap Linda.

Pertanyaanya, lalu seperti apa langkah efektif yang tepat dilakukan sebuah brand memperkenalkan serta membangun produk mereka,? 

Dia mengatakan yang penting adalah membangun simbiosis mutualisme antara produsen dan konsumen, yakni dengan mem-brainstoorming kedua pihak merasa sama-sama diuntungkan.

Antara lain membangun sebuah kepercayaan masyarakat terhadap produk tersebut melalui content edukatif dan informatif yang akan disebarluaskan kepada masyarakat melalui media online nasional sesuai dengan segmentasi produk mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper