Tips Memulai Usaha Kuliner Untuk Para Perempuan Ala Fatmah Bahalwan

Fatmah Bahalwan, pendiri Natural Cooking Club memberikan tips mudah untuk memulai usaha bagi Anda yang ingin mulai berbisnis kuliner.
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh | 07 September 2018 08:50 WIB
Fatmah Bahalwan, pendiri Natural Cooking Club - Nur Faizah

Bisnis.com, JAKARTA - Di zaman yang sudah serba modern dan praktis ini membangun bisnis bagi bukanlah hal yang tidak mungkin.

Kini, dengan bermodalkan media sosial seperti instagram, facebook bahkan twitter para perempuan Indonesia bisa mendapatkan uang di rumah tanpa harus lelah bekerja di kantor.

Fatmah Bahalwan, pendiri Natural Cooking Club memberikan tips mudah untuk memulai usaha bagi Anda yang ingin mulai berbisnis kuliner.

"Sebagai perempuan [sebelum memulai bisnis] mulai kenali diri, [tanya ke diri sendiri] 'apa sih yang bisa saya lakukan?' kenali kemampuan diri sendiri," tuturnya kepada Bisnis, saat ditemui di tempat kursus Natural Cooking Club, Jl. Matraman Dalam III, Pegangsaan, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (6/9/2018).

Dia mengatakan banyak sekali keterampilan yang dapat dipelajari oleh kaum hawa sebagai alat untuk mendapatkan penghasilan. Tentunya dalam konteks keterampilan yang positif seperti memasak, menjahit, membuat kue dan sebagainya.

"Kedua, mulailah belajar jika belum bisa, artinya tambah ilmu, di bidang kuliner misalnya, belajar membuat kue, atau membuat apa saja sesuai dengan alat yang Anda miliki," lanjutnya.

Fatmah melanjutkan, dengan bermodalkan kompor dan panci, Anda sudah bisa membuat makanan yang bisa dijual.

"[Dengan kompor dan panci] Anda sudah bisa membuat puding, membuat jajanan pasar," kata Fatmah.

Seiring berjalannya waktu, dia mengatakan Anda dapat membeli alat kukus, mixer dan alat dapur penunjang lainnya jika Anda ingin fokus berbisnis kuliner dari rumah.

"Ketiga, mulai beritahukan kepada banyak orang bahwa Anda bisa [membuat sesuatu," tuturnya.

Dia menyarankan untuk memanfaatkan teknologi media sosial yang ada. Karena, dia banyak mendapatkan cerita dari murid-murid kursusnya yang mengatakan mereka mendapatkan banyak pesanan setelah menggunggah foto kue hasil buatan mereka ke media sosial.

"Terus ada beberapa teman lagi kemarin [cerita] mereka jualan teri kacang, keripik singkong itu kan alatnya sangat mudah," ujarnya sambil tertawa.

Apabila Anda tidak memiliki alat, contohnya jika Anda merupakan anak kos-kosan. Ibu tiga orang anak ini mengatakan Anda dapat memulai usaha dengan menjadi reseller.

"Banyak teman-teman [pengusaha kuliner] yang butuh tenaga untuk memasarkan [produk mereka], ya sudah bisa dimulai dari sana," lanjutnya.

Sehingga dia menyimpulkan, tips memulai usaha itu dimulai dari rasa percaya diri dan mau untuk menjalankannya.

"Bisnis itu dilakukan bukan cuma dicita-citakan, tapi dikerjakan dari waktu ke waktu, Insyaallah pasti jadi bisnisnya," ungkap Fatmah sambil tersenyum.

 

Tag : tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top