Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BCA Donasikan Rp300 Juta untuk Pembangunan Sumur Bor di Gunungkidul

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) melalui program Bakti BCA yang diprakarsai Corporate Social Responsibility (CSR) BCA memberikan donasi sebesar Rp300 juta untuk Instalasi Sumur Bor untuk kesejahteraan masyarakat di wilayah Gunung Kidul, Yogyakarta, Jawa Tengah.
BCA Donasikan Rp 300 Juta untuk Pembangunan Sumur Bor di Gunungkidul/istimewa
BCA Donasikan Rp 300 Juta untuk Pembangunan Sumur Bor di Gunungkidul/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) melalui program Bakti BCA yang diprakarsai Corporate Social Responsibility (CSR) BCA memberikan donasi sebesar Rp300 juta untuk Instalasi Sumur Bor untuk kesejahteraan masyarakat di wilayah Gunung Kidul, Yogyakarta, Jawa Tengah.

Penyediaan Instalasi Sumur Bor ini secara resmi diberikan dalam seremoni peresmian yang dihadiri oleh Komisaris Independen BCA Cyrillus Harinowo, Executive Vice President Corporate Social Responsibility (CSR) BCA Inge Setiawati, Kepala Pengembangan Bisnis Cabang (KPBC) BCA KCU Yogyakarta Wahyu Hariatmanto.

Hadir juga Bupati Gunungkidul Badingah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Gunungkidul Eddy Praptono, dan Kepala Bappeda Gunungkidul Sri Suhartanta di Balai Dusun Karangtengah II, Desa Karangtengah, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Cyrillus menuturkan, pemberian donasi senilai Rp300 juta untuk pembangunan dua sumur bor baru yang tersebut bertujuan untuk meningkatkan pelayanan air bersih kepada masyarakat.

Dari pembangunan dua sumur yang didukung oleh BCA, sumur yang sudah rampung dan siap digunakan adalah Sumur Ngelorejo di Desa Gari. Melalui penguatan dan penambahan air baku, pasokan air pun terjamin untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

"Air merupakan sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup di muka bumi ini. Begitu banyak nilai manfaat dalam setiap tetesnya. Oleh karena itu, kami berinisiatif untuk mewujudkan kepedulian dalam rangka menjaga kelestarian air bersih melalui penyediaan sumur bor," ujar Cyrillus seperti dikutip dari siaran persnya.

Selain itu, bencana kekeringan yang sempat melanda Gunungkidul pada bulan Juni 2018 lalu juga menjadi latar belakang BCA dalam meringankan langkah membantu dan menyediakan air bersih melalui sumur bor ini.

Saat itu, kondisi kering tanpa hujan berdampak pada 54 desa dari 11 kecamatan di Kabupaten Gunungkidul. Alhasil, sebanyak 31.607 kartu keluarga (KK) dan 96.523 jiwa terpaksa kesulitan akses air bersih.

"Di sisi lain, kami kian mencermati bahwa Gunung Kidul menjadi salah satu potensi wisata di Indonesia yang juga menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara," katanya.

Hal ini terlihat dari jumlah wisatawan ke Gunung Kidul yang pada tahun 2011 sekitar 500 ribu, dan kini sudah mencapai sekitar 3 juta. Potensi alam seperti 13 situs geopark yang telah masuk jaringan geopark Gunungsewu dan telah ditetapkan UNESCO juga menjadi bentuk keunikan dari Gunung Kidul.

 

                                             

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper