Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Santri Juga Bisa Jadi Barista

Kopi Abah, merek usaha yang dikembangkan Santri Millenial Center (SIMAC) menggelar pelatihan Barista melalui program Sekolah Barista Santri Indonesia (SBSI) bagi kalangan santri dan kaum muda Indonesia.
Kopi Abah, merek usaha yang dikembangkan Santri Millenial Center (SIMAC) menggelar pelatihan Barista melalui program Sekolah Barista Santri Indonesia (SBSI) di Menteng Jakarta/Istimewa
Kopi Abah, merek usaha yang dikembangkan Santri Millenial Center (SIMAC) menggelar pelatihan Barista melalui program Sekolah Barista Santri Indonesia (SBSI) di Menteng Jakarta/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Kopi Abah, merek usaha yang dikembangkan Santri Millenial Center (SIMAC) menggelar pelatihan Barista melalui program Sekolah Barista Santri Indonesia (SBSI) bagi kalangan santri dan kaum muda Indonesia.

Kegiatan dilakukan di Kantor Master C19 Portal KMA, Jalan Cirebon No. 19 Menteng, Jakarta, Rabu, (20/02/2019).

Melalui program ini, Kopi Abah memfasilitasi para santri dan anak muda untuk berkarya dan mengasah skillnya. Program ini juga merupakan bentuk konkrit pemberdayaan ekonomi kerakyatan yang sedang di gagas oleh Calon Wakil Presiden nomer urut 01, Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin.

“Kopi Abah diharapkan dapat menjadi kail untuk para santri dan kaum muda untuk terjun ke dunia wirausaha. Apalagi bagi santri, kopi sudah sangat akrab dalam kehidupan sehari-hari” ujar Presiden Direktur SIMAC, Gus Rohman, dalam rilis yang diterima Bisnis, Rabu (20/2/2019)

Gus Syauqi Ma’ruf Amin, Dewan Pembina SIMAC memaparkan bahwa penting mendorong anak-anak muda untuk menggeluti dunia wirausaha.
Potensi anak muda yang sangat besar difasilitasi oleh SIMAC untuk menjadi wadah diskusi, bertukar pikiran, dan memulai aksi untuk berwirausaha.

SIMAC akan konsisten mendorong gerakan sejuta usahawan yang dimotori oleh kaum santri melalui program GUS IWAN atau Santri Bagus Rupawan Pinter Ngaji Dan Usahawan.

Sejak 2018, Kopi Abah telah konsisten mengadakan pelatihan barista setiap minggu di berbagai kota di Indonesia, mulai dari Jakarta, Banten, bogor, Cirebon, Bandung dan selanjutnya Kota Kuningan, Banjar, Garut.

Program ini gratis dan terbuka untuk umum. Dengan diadakannya pelatihan-pelatihan seperti ini, anak muda diharapkan dapat mandiri dan ikut menjadi penggerak roda perekonomian Indonesia.

Untuk diketahui, melalui wadah Santri Millenial Center (SIMAC), K.H Ma’ruf Amin menginisiasi lahirnya GUS IWAN dengan produk Kopi Abah.
Hadirnya Kedai Kopi Abah menjadi salah satu bagian dari implementasi Gagasan Arus Baru Ekonomi Indonesia yang digagas oleh Ketua majelis Ulama Indonesia (MUI) ini.

Gagasan Arus Baru Ekonomi Indonesia merupakan sebuah gagasan untuk memperkuat ekonomi umat, pentingnya umat ini bisa kuat ekonominya karena masyarakat Indonesia ini mayoritas adalah umat.

“Saya mengajak semua lapisan masyarakat tak terkecuali santri dan santriwati untuk menggerakan ekonomi berbasis keumatan ini. Karena ekonomi umat kuat secara otomatis ekonomi Indonesia juga akan kuat,” ujar Ma’ruf Amin saat Launching Kopi Abah di Bandung, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

SiMac atau Santri Millenial Centre adalah sebuah wadah perjuangan Santri didalam membangun Ekonomi Kerakyatan berbasis keuamatan. Wadah ini menargetkan Target jutaan Santri Usahawan di seluruh Indonesia. Sebagai komitmen Kyai Ma’ruf Amin dalam mencetak generasi tangguh yang Islami dengan menciptakan produk halal dan tidak ada riba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Editor : Akhirul Anwar

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper