Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

20 Tokoh Bisnis Dunia yang Sukses Meski Tanpa Gelar Akademis

Banyak orang yang mengejar gelar akademis untuk menjadi sukses. Padahal, tidak semua orang yang memiliki gelar dipastikan bakal sukses di masa depannya.
CEO Facebook Mark Zuckerberg/Reuters
CEO Facebook Mark Zuckerberg/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak orang yang mengejar gelar akademis untuk menjadi sukses. Padahal, tidak semua orang yang memiliki gelar dipastikan bakal sukses di masa depannya.

Buktinya banyak lulusan sarjana yang saat ini tidak memiliki pekerjaan, padahal kemampuan otaknya sangatlah encer. 

Banyak juga tokoh bisnis dunia yang sukses dalam usahanya ternyata tidak memiliki gelar akademis. Berikut 20 tokoh bisnis dunia yang sukses seperti dilansir dari https://www.thegentlemansjournal.com.

1. ARASH FERDOWSI

Salah satu pendiri Dropbox, Ferdowsi keluar dari sekolah pada semester terakhirnya untuk berkomitmen penuh pada proyek yang ia dan rekan pendirinya, Drew Houston, mulai tahun 2007. Dropbox sekarang diperkirakan bernilai $ 4 miliar.

2. MATT MULLENWEG

Matt Mullenweg memulai WordPress, yang sekarang memberi daya sekitar 22% dari web, namun ia berhenti kuliah dan mulai bekerja di CNET Networks dari 2004 hingga 2005, sebelum berhenti dari itu untuk menemukan Automattic, bisnis di belakang WordPress.com.

3. MARK ZUCKERBERG

Mark Zuckerberg, salah satu nama yang paling dikenal dalam bidang teknologi, membangun Facebook menjadi jejaring sosial terbesar di dunia. Zuckerberg keluar dari Harvard pada tahun 2004 selama tahun keduanya untuk bekerja di Facebook penuh waktu. Dia sekarang bernilai sekitar $ 34,8 miliar.

4. DAVID KARP

Pencipta Tumblr (situs ke-9 yang paling banyak dikunjungi di AS), meskipun tidak pernah lulus sekolah menengah. Dia keluar dari sekolah menengah Bronx Science pada tahun 2001 untuk di sekolah di rumah, dan tidak pernah menerima ijazah sekolah menengah. Karp sekarang bernilai sekitar $ 200 juta.

5. PETE CASHMORE

Pada usia 19 tahun, Pete Cashmore mendirikan Mashable, tetapi tidak pernah kuliah. Namun, tidak memiliki gelar sarjana tampaknya tidak memengaruhi pengusaha ini, karena ia sekarang bernilai sekitar £ 60 juta.

6. DANIEL EK

Di usia 21 tahun, Daniel Ek mendirikan Spotify. Ek meninggalkan gelarnya di Royal Institute of Technology di Swedia dalam bidang teknik setelah hanya 8 minggu pada 2005. Perusahaan ini sekarang memiliki lebih dari 32 juta pelanggan yang membayar di seluruh dunia, dan Ek bernilai £ 190 juta.

7. CHARLES CULPEPER

Pemilik akhir tahun 1900-an dan CEO Coca Cola, Charles Culpeper, putus sekolah, tetapi kemudian menciptakan salah satu merek paling terkenal di dunia.

8. DAVID GEFFEN

David Geffen, pendiri miliarder Geffen Records dan salah satu pendiri DreamWorks, putus kuliah setelah menyelesaikan hanya satu tahun.

9. EVAN WILLIAMS

Salah satu pendiri dan mantan CEO Twitter Evan Williams pergi ke Universitas Nebraska hanya selama satu setengah tahun sebelum pergi untuk mengejar karir di bidang sistem informasi. Pada tahun 2006 ia ikut mendirikan Twitter yang terkenal di dunia dan sekarang bernilai $ 2,9 miliar.

10. BILL GATES

Salah satu pendiri Billionaire dari Microsoft, Bill Gates keluar dari Harvard untuk fokus membangun perusahaannya. Membuktikan bahwa derajat tidak selalu diperlukan, Bill Gates telah menjadi orang terkaya di dunia selama 13 tahun berturut-turut.

11. RICHARD BRANSON

Contoh lain dari miliarder 'drop-out', Sir Richard Branson adalah salah satu pengusaha paling terkenal di dunia. Pemilik Virgin putus sekolah hanya pada usia 16 untuk memulai Majalah Mahasiswa, usaha bisnis pertamanya yang sukses. Dia membeli pulau Karibia-nya sendiri ketika berusia 24 dan dianugerahi gelar bangsawan pada tahun 1999.

12. STEVE JOBS

Steve Jobs, nama pebisnis lain yang putus kuliah. Almarhum miliarder pendiri Apple Inc. dan Pixar keluar dari Reed College untuk memulai Apple setelah hanya 6 bulan bersekolah.

13. STEVE WOZNIAK

Seperti co-founder-nya (di atas), Steve Wozniak juga tidak menyelesaikan kuliahnya, dan sekarang duduk dengan estimasi kekayaan bersih $ 100 juta.

14. FORD HENRY

Miliarder mobil Henry Ford dilahirkan dalam kemiskinan yang parah. Dia tidak pernah bersekolah sama sekali, tetapi kemudian membangun Ford Motor Company dan menjadi salah satu orang terkaya dalam sejarah.

15. MICHAEL DELL

Miliarder pendiri Dell Computers, Michael Dell, memulai perusahaannya dari kenyamanan kamar asramanya sebelum berhenti membangun Dell dan mengerjakannya secara penuh waktu.

16. RAY KROC

Ray Kroc membeli McDonalds pada tahun 1961 seharga $ 2,7 juta dan mengubahnya menjadi perusahaan multi-miliar dolar yang kita kenal sekarang. Dia sebelumnya bekerja sebagai salesman dan bahkan tidak pernah bersekolah.

17. SIMON COWELL

Jutawan musik favorit semua orang, Simon Cowell, putus sekolah pada usia 16 tahun untuk memulai label rekamannya sendiri Fanfare ketika dia berusia 23 tahun. Dengan perkiraan kekayaan bersih £ 300 juta, dia dianggap sebagai salah satu yang paling kuat pengusaha dalam musik.

18. PHILIP GREEN

Miliarder Topshop, Philip Green, yang terkenal putus sekolah dan merupakan salah satu pengusaha paling sukses di Inggris. Dia sekarang bernilai sekitar £ 4,1 miliar.

19. WALT DISNEY

Pendiri Walt Disney Company, Walt Disney sendiri putus sekolah pada usia 16 tahun.

20. DOV CHARNEY

Pendiri Pakaian Amerika yang kontroversial, Dov Charney, memulai perusahaan ketika dia masih di sekolah menengah, dan tidak pernah kuliah. Meskipun kurang gelar, ia sekarang bernilai sekitar £ 20 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper