Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

8 Jenis Peluang Usaha Murah untuk si Introvert

bagi orang dengan sifat introvert mencari peluang usaha sendiri adalah jalan terbaik dalam bekerja. Sehingga dia bisa menjalaninya tanpa harus terpaksa bersosialisasi dengan orang lain.
Ilustrasi/Startworknow
Ilustrasi/Startworknow

Bisnis.com, JAKARTA - Mencari pekerjaan tidak mudah dilakukan semua orang, dengan persaingan yang sangat ketat saat ini.

Terutama untuk si introvert, ini menjadi hal yang cukup berat dalam hidupnya. Apalagi, kenyataan bahwa mereka harus bekerja dengan tim pastinya memberikan beban tersendiri bagi mereka yang memiliki sifat introvert.

Karena itu, bagi orang dengan sifat introvert mencari peluang usaha sendiri adalah jalan terbaik dalam bekerja. Sehingga dia bisa menjalaninya tanpa harus terpaksa bersosialisasi dengan orang lain.

Berikut beberapa jenis peluang usaha murah yang bisa dilakoni si introvert seperti dikutip dari entrepreneur.com :

Design grafis

8 Jenis Peluang Usaha Murah untuk si Introvert

Peralatan: komputer, perangkat lunak desain

Untuk introvert yang sangat kreatif dan visual, desain grafis freelance bisa menjadi cara yang bagus untuk mencari nafkah. Dengan meningkatnya bisnis digital, permintaan lebih tinggi dari sebelumnya.

Mudah untuk memulainya. Pertama, mendaftarkan perusahaannya ke pemerintah sebagai kepemilikan perseorangan, kemudian mulai mencari klien. Kedua tugas itu bisa dilakukan dari komputer Anda. Selain memperoleh perangkat lunak tertentu seperti Adobe Photoshop, Illustrator dan InDesign, biaya awal juga cenderung minimal.

Coder atau ahli kode komputer

8 Jenis Peluang Usaha Murah untuk si Introvert

Peralatan: komputer, kursus pelatihan

Berorientasi detail dan teliti, introvert bisa menjadi coders yang sangat baik. Kombinasi kesabaran dan fokus menjadikan pengkodean pilihan yang bagus untuk introvert yang mencari wirausaha. Karena pengkodean adalah suatu keahlian khusus, ada permintaan tinggi untuk pembuat kode lepas, dan ini merupakan pekerjaan yang dapat dilakukan dari rumah Anda.

Juga ada banyak sumber daya online gratis seperti Code Academy dan Udemy di mana Anda dapat belajar sendiri.

Jualan online

8 Jenis Peluang Usaha Murah untuk si Introvert

Peralatan: kamera digital, komputer

Gemar fashion? Atau hanya memiliki terlalu banyak pakaian yang tidak Anda butuhkan lagi? Daripada menimbun barang-barang yang tidak terpakai di lemari Anda - atau membuangnya. Anda bisa menjualnya secara online. Konsinyasi online menawarkan kepada introvert peluang besar untuk menghasilkan uang melalui proses yang sepenuhnya virtual.

Anda akan membutuhkan komputer dan kamera untuk mengambil foto pakaian Anda. Sisanya mudah. Lakukan riset, pilih ID pengguna atau nama yang bagus untuk toko Anda, menggunakan gambar berkualitas dan deskripsi jelas tentang apa yang Anda jual dan sediakan layanan pelanggan online.

Konsultan Instagram

8 Jenis Peluang Usaha Murah untuk si Introvert

Peralatan: smartphone dengan kamera digital yang bagus

Media sosial tidak selalu berarti "sosial." Banyak bisnis saat ini telah meninggalkan metode pemasaran tradisional dan dibawa ke jaringan media sosial seperti Instagram yang selalu populer untuk mempromosikan produk dan layanan mereka. Mayoritas perusahaan mungkin tidak berpengalaman dalam teknik pemasaran baru ini, itulah sebabnya mengapa outsourcing konsultan Instagram sering merupakan pilihan bagus.

jika Anda memiliki kecintaan terhadap Instagram, pengetahuan tentang pemasaran dasar dan sederhana, motivasi, konsultasi Instagram dapat menjadi jalan yang bagus untuk Anda. Anda akan dapat memonetisasi keterampilan ini dengan mengenakan tarif tetap per proyek atau per jam. Pasarkan dan promosikan layanan Anda secara online, blog di situs terkait lainnya yang memberikan kiat gratis (jangan berikan semua rahasia) dan, ironisnya, menggunakan saluran media sosial, buat pengikut dan jangkau bisnis atau perorangan. Semuanya akan datang dengan sedikit atau tanpa biaya.

Copy writer

8 Jenis Peluang Usaha Murah untuk si Introvert

Peralatan: komputer

Anda tidak perlu menjadi penulis terlaris untuk membuat narasi yang menarik. Jika Anda punya drive, copywriting adalah opsi bagus untuk banyak introvert.

Meskipun menulis lepas tidak memerlukan pendidikan formal, itu memang memerlukan tingkat motivasi tertentu. Jaringan dan pemasaran adalah kunci untuk mendapatkan nama Anda, dan promosi bisa dilakukan secara online dengan membuat situs web dan akun media sosial.

Blogger online

8 Jenis Peluang Usaha Murah untuk si Introvert

Peralatan: komputer

Punya minat tertentu tetapi tidak tahu cara menghasilkan uang dari itu? Maka menjadi blogger adalah jawabannya.

Banyak pengusaha sukses telah menemukan kesuksesan dalam blogging. Ini membantu untuk memiliki keterampilan pemasaran konten yang baik, seperti mengetahui cara membuat konten yang akan melibatkan pembaca dan memenuhi tujuan klien Anda dan mengetahui berapa banyak konten untuk diberikan - dan keterampilan analitik Google juga.

Yang Anda butuhkan hanyalah komputer dan koneksi internet yang baik untuk memulai. Saat ini, ada banyak platform (sebagian besar gratis juga) yang pada dasarnya akan membangun blog Anda untuk Anda - yang harus Anda lakukan adalah menambahkan informasi tentang siapa Anda dan apa blog Anda dan mulai menulis.

Penulis teknis

8 Jenis Peluang Usaha Murah untuk si Introvert

Peralatan: komputer

Sebagai pemikir yang secara alami dalam dengan kecenderungan untuk menghubungkan hal-hal dalam pikiran mereka, introvert yang memiliki pemahaman yang baik tentang teknologi membuat penulis teknis yang hebat.

Jika Anda dapat menulis, mewawancarai para ahli materi pelajaran, diorganisir dan memiliki fleksibilitas, maka Anda memiliki potensi untuk menjadi penulis teknis yang hebat, kata Winkler. Tidak ada jalur akademis khusus untuk mengembangkan keterampilan sebagai penulis teknis kecuali menulis dan kemampuan untuk mengambil perangkat lunak teknologi dengan cepat.

Penulis teknis freelance sangat dicari di berbagai perusahaan, dari perusahaan Fortune 500 hingga perusahaan teknologi yang lebih kecil, sebagian besar bersedia membayar mahal.

Cara cepat untuk menemukan klien adalah memanfaatkan jaringan sekolah di daerah Anda dan mendapatkan nama Anda di sana. Itu dimulai dengan email sederhana. Menyiapkan waktu untuk bertemu dengan kepala sekolah setempat dari beberapa sekolah dan anggota fakultas untuk memperkenalkan diri Anda dan layanan Anda akan membantu membangun kredibilitas dan hubungan Anda dengan orang tua, plus menciptakan kemitraan dengan sekolah untuk rujukan.

Tutor online

8 Jenis Peluang Usaha Murah untuk si Introvert

Peralatan: komputer

Membuat bisnis les online Anda sendiri adalah cara yang bagus untuk mengeksplorasi kecerdasan Anda dan memberikan bantuan kepada orang lain. Carl Arnold adalah tutor online yang membantu siswa sekolah menengah dan menengah mengembangkan keterampilan komposisi, serta membantu dengan esai aplikasi untuk calon mahasiswa.

Anda juga dapat mengasah spesialisasi akademik Anda dan menggunakannya untuk mengajar dan membimbing siswa. Telepon, Skype atau email, jadi alat bagi mereka yang introvert yang berkembang di media virtual, jalur karier ini bisa menjadi pilihan bagus. Anda dapat mengenakan biaya per sesi atau menawarkan paket, yang juga mencakup biaya bahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper