Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

7 Tips Memulai Bisnis dengan Modal dan Pengalaman Minim

Tidak semua orang memiliki modal yang cukup untuk memulai bisnis, sehingga membuatnya urung memulai bisnis. Ada juga yang merasa tidak mumpuni dalam hal pengalaman sehingga bisnisnya bakal bangkrut dalam sekejap.

Bisnis.com, JAKARTA -  Apa masalah terbesar orang ketika ingin memulai bisnis? Jawabannya adalah modal dan pengalaman.

Tidak semua orang memiliki modal yang cukup untuk memulai  bisnis, sehingga membuatnya urung memulai bisnis. Ada juga yang merasa tidak mumpuni dalam hal pengalaman sehingga bisnisnya bakal bangkrut dalam sekejap.

Padahal, memulai bisnis tidak melulu soal modal besar dan pengalaman yang cukup.

Pengusaha dan anggota The Oracles, Tai Lopez, membagikan tipsnya bagi calon pebisnis yang ingin memulai usaha dengan modal dan pengalaman minim atau bahkan tidak memilikinya sama sekali.

Berikut tujuh tipsnya seperti dikutip dari Entrepreneur.com :

1. Pilih ide yang cocok untuk Anda

Banyak pengusaha tidak tahu mengapa bisnis mereka gagal. Tetapi Anda harus memulai bisnis yang Anda sukai dan mungkin yang juga hobi Anda. Sehingga pengetahuan Anda soal itu cukup besar, dan keinginan untuk mencari tahu juga lebih besar.

2. Ikuti tren

Alasan lain mengapa pebisnis gagal berusaha karena mengabaikan tren. Padahal, tren bisa jadi peluang untuk memulai jenis bisnis yang akan diminati masyarakat.

3. Luncurkan dengan cepat

Jangan menunggu. Lakukan secepatnya dan perkenalkan bisnis Anda secepatnya dan jangan menundanya. Ketika Anda ragu, ada kemungkinan batal untuk menjualnya.

4. Lihat permintaan pelanggan

Lopez menjelaskan bagaimana pengusaha dapat belajar banyak dari Apple dan Kodak. IPhone terus berevolusi dari permintaan pengguna dan terus mendominasi pasar ponsel pintar.

Sebaliknya, meskipun Kodak adalah merek fotografi top selama lebih dari seabad, mereka mengabaikan permintaan pelanggan, sehingga pada 2012 mereka bangkrut.

5. Optimalkan harga Anda

Sebagian besar bisnis salah struktur dalam harga mereka. Mengoptimalkan harga adalah yang pertama. Sebagian besar harga bisnis terlalu rendah atau tinggi.

Jadi, fokuslah pada pengujian harga yang berbeda untuk memastikan permintaan untuk penawaran Anda.

6. Iklan

Untuk iklan, Lopez memberikan tips melalui media sosial dan iklan berbayar. Tetapi produk Anda harus baik agar bisa berfungsi.

7. Cari mentor

Semua pebisnis memiliki mentornya masing-masing.  Terlepas dari bisnis yang Anda mulai, seorang mentor menjawab hal-hal yang tidak dapat Anda temukan online. Mereka akan memotong kurva belajar Anda selama bertahun-tahun, melalui pengalaman pribadi mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Enterpreneur.com

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper