Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Atasi Krisis Manajemen, Rumah Mentor Indonesia Dibentuk

Gejala krisis kepemimpinan pada berbagai level manajemen mendorong sejumlah praktisi bidang sumber daya manusia (SDM) membentuk Rumah Mentor Indonesia.
/leadershipalive.com
/leadershipalive.com

Bisnis.com, JAKARTA – Gejala krisis kepemimpinan pada berbagai level manajemen mendorong sejumlah praktisi bidang sumber daya manusia (SDM) membentuk Rumah Mentor Indonesia.

Berdasarkan riset Boston Consulting Group, Indonesia diprediksi mengalami krisis pemimpin di dunia bisnis pada berbagai level manajemen, baik secara kualitas maupun kuantitas. Hal tersebut perlu mendapat perhatian besar agar Indonesia tidak tertinggal di tengah kemajuan era digital dan berlangsungnya Revolusi Industri 4.0.

Guna memahami hal ini, sejumlah pemimpin yang memiliki kepedulian terhadap sumber daya manusia (SDM) Indonesia berinisiatif membentuk Rumah Mentor Indonesia (RUMI). RUMI merupakan lembaga independen yang diinisiasi oleh 12 pemimpin dengan pengalaman dan kompetensi di bidang masing-masing bersama Daya Dimensi Indonesia dengan tujuan untuk memberikan bimbingan dan arahan kepada generasi pemimpin selanjutnya demi mencetak pemimpin-pemimpin Indonesia yang unggul.

Kedua belas pemimpin tersebut menjabat sebagai Steering Committee dan bertanggung jawab dalam membawa RUMI meningkatkan kualitas SDM dengan mempromosikan praktik unggul dalam mentoring formal dan inklusif.

Steering Committee RUMI Kuntoro Mangkusubroto mengatakan, SDM menjadi salah satu fokus pengembangan oleh pemerintah. Dengan menyadari hal itu, RUMI hadir untuk memutus gap yang ada di antara pemimpin beda generasi.

“Tujuannya ini membantu dunia usaha untuk terus memiliki pemimpin-pemimpin terdepan sekaligus mendukung pemerintah dalam membangun negeri melalui pengembangan SDM yang diharapkan dapat bersaing hingga ke level internasional,” terang Kuntoro melalui siaran pers, Senin (16/3/2020).

Untuk mengembangkan kemampuan para pemimpin di Indonesia, RUMI menghadirkan program mentoring yang terbagi menjadi tiga jenis, yaitu one-on-one mentoring, group mentoring, dan forum. RUMI menyediakan platform online bagi peserta untuk dapat melakukan registrasi sebelum mengikuti program mentoring yang dilakukan secara tatap muka langsung. Para mentor nantinya akan dipilih berdasarkan standar yang telah ditetapkan oleh RUMI.

Dalam menapaki langkah awalnya, 12 anggota Steering Committee melakukan penandatanganannota kesepahaman pada 12 Maret 2020 di Jakarta untuk bersama-sama berkomitmen menjadikan RUMI sebagai ekosistem pengembangan pemimpin di Indonesia. Adapun tanggung jawab yang diemban oleh Steering Committee di antaranya adalah merumuskan pembentukan RUMI, menentukan mentor di tiap program mentoring sesuai dengan standar RUMI, dan mengawasi kegiatan RUMI agar sesuai dengan code of conduct.

Sementara itu, untuk Sekretariat RUMI dijalankan oleh Daya Dimensi Indonesia (DDI), konsultan leadership bagian dari DayaLima Family, dengan pengalaman lebih dari 20 tahun membantu organisasi merancang dan menjalankan program strategis seperti assessment centre serta personal & organisational transformation.

“Melalui kolaborasi aktif dengan berbagai pihak, RUMI diharapkan mampu memberikan kontribusi nyata bagi negeri dalam mendukung pengembangan SDM unggul melalui penyediaan talent pool hingga skala nasional nantinya. Ke depan, RUMI berkomitmen untuk menjadi ekosistem pengembangan pemimpin yang mampu mempersiapkan talenta terbaik bangsa agar mampu menjadi roda penggerak kemajuan negeri,“ tutup Kuntoro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper