Ini Dia Bisnis Franchise dan BO Market Leader di Indonesia

Asosiasi Franchise  Indonesia bekerjasama dengan Majalah Franchise menelusuri merek-merek franchise  yang masih konsisten bertumbuh di sepanjang 2019 dalam survey Market Leader 2020.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 18 Maret 2020  |  14:48 WIB
Ini Dia Bisnis Franchise dan BO Market Leader di Indonesia
Aneka Franchise. - Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Di tengah ancaman resesi global yang membayangi negara-negara di belahan dunia, termasuk Indonesia, industry franchise masih mampu mengalami pertumbuhan dan pergeseran setiap tahunnya.

Meski diakui, tidak sedikit pula yang awalnya begitu cemerlang kemudian ‘mandeg’ bahkan ‘gugur’ karena tak sanggup menghadapi persaingan. Namun faktanya masih banyak merek bisnis franchise  yang sejak 10 tahun terakhir tetap bertahan dan terus ekspansif.

Melihat fakta tersebut, Asosiasi Franchise  Indonesia bekerjasama dengan Majalah Franchise menelusuri merek-merek franchise  yang masih konsisten bertumbuh di sepanjang 2019 dalam survey Market Leader 2020.

Dalam survey ini, penilaian didasarkan pada nilai investasi serta jumlah gerai yang dimiliki sehingga hasilnya relatif lebih menggambarkan nilai bisnis merek franchise tersebut.

Rofian Akbar, Pemimpin Majalah Franchise  Indonesia mengatakan, peraih Franchise dan BO (Business Opportunity) Market Leader 2020 ini merupakan perusahaan yang memiliki keunggulan nilai bisnis dalam menjalankan bisnis, berhasil menggaet franchisee dengan nilai bisnis terbesar dan berhasil meraup rupiah terbanyak melalui bisnisnya.

“Tujuan survei market leader ini untuk mengetahui posisi merek-merek franchise dan BO yang memimpin dalam jumlah gerai di kategori bisnisnya masing-masing. Mereka yang terpilih juga relative konsisten mencatatkan pertumbuhan bisnisnya sepanjang 2019,” ujarnya, dalam keterangan pers yang diterima Bisnis, Rabu (18/3/2020)..

Survei dilaksanakan pada Oktober hingga Desember 2019 terhadap 800 merek Franchise dan BO yang terdata di Database Majalah Franchise  Indonesia.
Adapun merek-merek peraih Franchise Market Leader Awards 2020 antara lain Depo Air Munum Biru, Crispyku, Indomaret, Primagama, Ray White, Global Art, Apotek K-24, Martha Tilaar, Kebab Turki Baba Rafi, Oto Bento, Mom n Jo, Shop&Drive, Ayam Bakar Wong Solo, Ayam Penyet Surabaya, dan Auto Glaze.

Sedangkan peraih BO Market Leader Awards 2020 antara lain Orchi, Green Nitrogen, TAPISI, Ayam Keprabon, Golden Telor, Carfix, dan Auto Clean Waterless. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
franchise

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top