Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mengelola Keuangan Saat Masa Sulit Finansial Karena Pandemi

Situasi keuangan yang tidak stabil tidak hanya dapat menimbulkan masalah finansial, tetapi juga dapat mengurangi bahagia Anda
Tips Keuangan. /Bisnis.com
Tips Keuangan. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kesehatan keuangan seseorang memainkan peran penting dalam menentukan stabilitas mental dan keluarga Anda saat mengjadapi pandemi.

Situasi keuangan yang tidak stabil tidak hanya dapat menimbulkan masalah finansial, tetapi juga dapat mengurangi bahagia Anda.

Karena wabah COVID 19 baru-baru ini, banyak perusahaan industri dan perusahaan raksasa menghadapi ketidakstabilan dan menutup operasional sehingga berakibat pada PHK masal.

Beberapa lainnya juga menawarkan rencana pensiun sukarela kepada karyawan mereka, meskipun pemerintah telah menginstruksikan sebaliknya.

Oleh karena itu, di saat-saat yang sulit diprediksi dan ketidakamanan keuangan ini, sangat penting bahwa kita tidak hanya melindungi diri kita sendiri dari virus berbahaya ini, tetapi juga melindungi diri kita sendiri dari kekacauan moneter di masa depan.

Untuk membantu Anda mempertahankan masa depan yang aman secara finansial di saat terjadi perlambatan ekonomi, berikut beberapa cara cerdas untuk mengelola uang Anda seperti dikutip dari Timesofindia.com :

Tingkatkan dana darurat Anda

Pandemi virus corona telah secara drastis mempengaruhi seluruh sistem ekonomi, yang dapat berdampak jangka panjang pada ekonomi global. Dalam masa krisis ini, sangat penting bagi Anda untuk mengelola dana Anda secara cerdas.

Idealnya dana darurat Anda harus mencakup setidaknya 6 bulan dari pengeluaran Anda, namun sekarang Anda harus menambahnya lebih lanjut untuk menghindari kemunduran dalam kondisi keuangan Anda.

Bahkan jika Anda kehilangan penghasilan karena situasi saat ini, Anda dapat menggunakan dana ini untuk menghidupi keluarga Anda.

Tinjau anggaran dan pengeluaran harian Anda

Meskipun Anda tetap terisolasi, ini adalah waktu yang tepat untuk merenungkan pengeluaran Anda saat ini dan memahami perbedaan antara apa yang kita butuhkan dan apa yang kita inginkan.

Sangat penting bagi kita untuk meninjau anggaran dan pengeluaran harian kita setiap hari dan memprioritaskan kebutuhan kita daripada keinginan kita.

Kurangi pengeluaran yang tidak perlu

Sebagaimana dibahas, seseorang harus belajar membedakan antara 'kebutuhan' dan 'keinginan'. Selama krisis ekonomi, kita tidak bisa gegabah dan menikmati pengeluaran irasional untuk barang-barang yang tidak penting.

Hanya ketika Anda mengurangi pengeluaran yang tidak perlu, Anda dapat meningkatkan kemampuan menabung Anda, yang akan menyelamatkan Anda pada saat dibutuhkan.

Lakukan transaksi Anda secara digital 

Hal yang bijaksana untuk mengubah mode pembayaran Anda dari offline ke online, ketika Anda sedang terkunci. Virus corona telah mempengaruhi orang di seluruh dunia dan oleh karena itu setiap orang diharuskan untuk tinggal di rumah dan mempraktikkan isolasi diri.

Demikian pula, bank dan lembaga keuangan lainnya juga telah ditutup untuk menghindari kontak antara orang-orang. Dalam hal itu, Jika Anda melayani pinjaman seperti pinjaman rumah, pinjaman pribadi atau pinjaman mobil dan perlu membayar EMI Anda, Anda mungkin ingin beralih ke pembayaran digital. Meskipun Anda mungkin tidak memiliki akses ke bank, pembayaran EMI Anda dapat tertunda yang dapat menyebabkan biaya keterlambatan atau default pinjaman.

Tinjau asuransi kesehatan Anda

Wabah COVID 19 telah berdampak pada semua orang dan semua hal di dunia. Namun, kesehatan tetap menjadi masalah besar saat ini. Sangat penting bagi Anda untuk memeriksa dan meninjau asuransi kesehatan Anda dari waktu ke waktu. Periksa dengan perusahaan asuransi Anda untuk mengetahui apakah Anda dapat atau harus membeli lebih banyak asuransi. IRDAI juga, menurut laporan media, telah mendesak perusahaan asuransi kesehatan untuk memperluas cakupan ke Covid 19 kasus rawat inap dalam kebijakan mereka. Karena itu, pastikan Anda membaca dokumen polis asuransi kesehatan Anda dan mendapatkan kejelasan lengkap tentang daftar cakupan dan pengecualiannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper