Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Di tengah Pandemi Corona, Jumlah Pengikut Medsos Pemimpin Dunia Naik. Siapa Terpopuler?

Hal ini dikemukakan dalam studi terbaru “World Leaders on Facebook” yang diterbitkan oleh firma komunikasi global BCW (Burson Cohn & Wolfe).
Presiden Joko Widodo (kiri) bersama PM India Narendra Modi menyapa anak-anak  saat kunjungan kenegaraan di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (30/5/2018)./Reuters-Darren Whiteside
Presiden Joko Widodo (kiri) bersama PM India Narendra Modi menyapa anak-anak saat kunjungan kenegaraan di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (30/5/2018)./Reuters-Darren Whiteside

Bisnis.com, JAKARTA - Para pemimpin dunia mengalami kenaikan jumlah pengikut di media sosial
secara signifikan pada Maret 2020, seiring dengan semakin banyaknya masyarakat yang mencari panutan dan  panduan selama pandemi virus Corona.

Hal ini dikemukakan dalam studi terbaru “World Leaders on Facebook” yang diterbitkan oleh firma komunikasi global BCW (Burson Cohn & Wolfe).

Selama bulan Maret, 721 Halaman para pemimpin dunia yang dianalisis, sebagai bagian dari serial
Twiplomacy, mengalami penambahan 13 juta Likes baru - meningkat 3,7 persen - atau hampir separuh dari pertumbuhan yang umumnya dialami Halaman ini selama 12 bulan terakhir. Secara khusus, Halaman dari  Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte dan pemerintah Austria, Estonia, dan Italia mengalami peningkatan jumlah Likes pada Halaman mereka sebesar dua kali lipat dalam sebulan terakhir ini.

Chief Innovation Officer, Chad Latz, mengatakan, peningkatan yang signifikan terhadap jumlah pengikut para pemimpin dunia di Facebook adalah hasil yang sangat logis dan dimotori oleh dua hal utama, masyarakat  mencari jawaban yang pasti dari isu virus Corona ini dan kebijakan negara mereka dalam menangani pandemi.

"Dan juga fakta bahwa banyak studi menunjukkan waktu yang dihabiskan di platform online  meningkat hingga 36% dan 20% diantaranya adalah di Facebook.” demikian penjelasannya dikutip dari siaran pers yang diterima Bisnis.com.

Perdana Menteri India Narendra Modi masih menjadi pemimpin dunia yang paling populer di Facebook,
dengan lebih dari 44,7 juta Likes pada Halaman pribadinya dan 13,7 juta Likes pada halaman resmi Perdana Menteri India, yang saat ini menduduki peringkat keempat.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump berada di
peringkat kedua sebagai pemimpin dunia terpopuler di Facebook, dengan lebih dari 26 juta Likes, dan Ratu
Rania dari Yordania berada di peringkat ketiga dengan 16,8 juta Likes, walaupun sempat mengalami sedikit
penurunan dalam 12 bulan terakhir.

Untuk pertama kalinya dalam studi ini, yang memasuki tahun keempat, menampilkan true reach (jangkauan yang sebenarnya) untuk tiap post di Halaman Facebook para pemimpin dunia, sebagai prediksi dari jumlah paparan yang sebenarnya diterima tiap post, daripada hanya jumlah pengikut.

Perdana Menteri India Narendra  Modi menjangkau sekitar 1,7 juta penggemarnya - angka ini mewakili 3,8 persen komunitas pengguna Facebook. Presiden Brasil menjangkau sekitar 956,000 dari 10 juta penggemarnya, dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump, yang memiliki 26 juta Likes, menjangkau 877,000 penggemar, yang mana ini hanya 3,3
persen dari keseluruhan komunitas pengikutnya.

Namun, Presiden Amerika Serikat Donald Trump mendominasi peringkat untuk interaksi tertinggi dengan 309

juta Comments, Likes, dan Shares di Halaman Facebook-nya selama 12 bulan terakhir, mengalahkan
Presiden Brasil Jair Bolsonaro yang mencatatkan 205 juta interaksi. Perdana Menteri India Narendra Modi,
yang memiliki Page Likes lebih dari empat kali lipat, berada di peringkat ketiga dengan total 84 juta interaksi
selama 12 bulan terakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper