Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Tips Tingkatkan Produktivitas Saat WFH

Bekerja dari rumah memerlukan waktu untuk beradaptasi. Beradaptasi dengan situasi rumah saat pekerjaan kantor sedang menumpuk.
Bekerja dari rumah (work from home/WFH) membutuhkan strategi baru, agar tetap produktif/Startworknow
Bekerja dari rumah (work from home/WFH) membutuhkan strategi baru, agar tetap produktif/Startworknow

Bisnis.com, JAKARTA – Saat bekerja di rumah, Ana harus menjaga kedisiplinan layaknya ketika bekerja di kantor. Hal ini dibutuhkan agar kita dapat menjalankan rutinitas serta menyelesaikan segala tugas pekerjaan kantor tepat waktu.

Seperti halnya bekerja di kantor, pekerja juga harus memastikan untuk tidak menunda waktu bekerja. Bahkan untuk tetap aktif bekerja, manajemen perusahaan pun rutin mengadakan meeting secara online saat sedang kerja dari rumah seperti ini.

Dalam sudut pandang psikologi, bekerja dari rumah memerlukan waktu untuk beradaptasi. Misalnya, untuk individu yang tidak terbiasa dengan situasi ini akan jadi lebih sulit mengatur jadwal yang tepat. Keadaan ini bisa menimbulkan dua kondisi, yakni orang menjadi bekerja berlebihan atau sebaliknya, menjadi terlalu santai sehingga konsentrasi menurun.

Kondisi ini tentu memberikan efek terhadap kualitas kesejahteraan psikologi seseorang. Untuk memastikan dapat mengatur waktu dengan baik, dan kapan waktu kamu harus bekerja, serta kapan waktu untuk beristirahat, berikut tips dari 3M Indonesia:

1. Ciptakan ‘work trigger’ versi kamu

Lain ladang lain belalang, tidak seperti di kantor yang membuat kita selalu ada dalam keadaan siap kerja, situasi bekerja dari rumah pasti akan terasa berbeda. Bangun mindset dan semangat dengan hal menyenangkan versi kamu, seperti mendengarkan musik, mencari spot terbaik di rumah, atau olahraga ringan. Setelah semangat didapat, ciptakan ‘ruang’ kerjamu yang fokus dan minim gangguan.

2. Membuat ‘to-do-list’

Banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan membuat kita terkadang lupa dengan apa yang harus dikerjakan. Tidak ada salahnya untuk melakukan pencatatan menggunakan Post-It Notes dari 3M apa saja prioritas pekerjaan yang harus dilakukan.

Selain itu, kamu juga dapat merapikan dan mengkategorisasikan dokumen menggunakan Post-It Flag dari 3M agar dokumen kamu terlihat rapi dan mudah dicari. Hindari melakukan hal-hal di luar pekerjaan pada saat jam bekerja.

Maka dari itu, ada baiknya untuk membuat daftar tentang hal apa saja yang harus dikerjakan sehari sebelumnya. Semakin bagus lagi, kalau kamu skala prioritas, mana yang harus selesai dulu dan mana yang bisa dikerjakan belakangan, supaya ritme kerja lebih teratur.

3. Tentukan ‘schedule’ yang jelas

Pengaturan waktu kerja yang efektif akan menunjang produktivitas lebih baik, dari mulai pengaturan jadwal dan durasi meeting online sampai ketepatan target penyelesaian pekerjaan. Pastikan juga jadwal kamu juga diketahui oleh rekan kerja, saat ada urusan lain yang tidak dapat ditinggalkan. Kamu bisa membuat jadwal dengan menulis di papan tulis dan menempelkannya di dinding tanpa paku dengan menggunakan rangkaian produk Command Hook dari 3M. Papan jadwalmu dapat dengan mudah diubah maupun dicopot tanpa meninggalkan bekas di dinding.

4. Pemilihan ‘collaboration tools’ yang tepat

Meski terasa seperti solo experience, WFH juga menuntut kita untuk tetap terhubung dengan rekan kerja. Meski jauh di hati, tapi tetap dekat via teknologi. Pilih platform yang user friendly dan aman untuk berkomunikasi dan bertukar ide.

Jika kamu suka bertukar ide dengan rekan kerja, gunakan teknologi seperti instant messaging dan meeting online untuk tetap berkomunikasi. Jadi, kamu dan rekan kerja dapat tetap berkolaborasi dan produktif walaupun saling bekerja dari rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper