Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Sukses Berbisnis di Usia Muda ala Richard Zelson

Pengalaman dari pebisnis senior bisa menjadi bekal, bagi pebisnis muda untuk menjalankan bisnis baru.
Wirausaha muda perlu mencari tahu passion apa yang disukai dan mencari peluang bisnis sesuai dengan passion tersebut./ilustrasi
Wirausaha muda perlu mencari tahu passion apa yang disukai dan mencari peluang bisnis sesuai dengan passion tersebut./ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Untuk memulai usaha kini tidak harus menunggu hingga mapan. Kini, tidak sedikit anak-anak muda berusia di bawah 25 tahun yang sukses menjalankan bisnis.

Salah satunya Richard Zelson yang pada usia 24 tahun sukses mengembangkan MyStream, aplikasi perangkat seluler yang memungkinkan pengguna mendengarkan music secara bersamaan dengan orang-orang disekitarnya.

Seperti dikutip dari Businessnewsdaily. Zelson memberikan sejumlah tips bisnis yang bisa diikuti oleh mereka yang ingin memulai bisnis di usia muda, di bawah 25 tahun.

1. Cari pengalaman

Pekerjaan di luar sekolah dapat menjadi dasar seseorang sebelum memulai usaha. Zelson yang sempat berkarier di sebuah perusahaan real estate mengatakan pengalamannya tersebut menjadi peluang terbaik baginya untuk mempelajari seluk beluk saat menjalankan bisnis. “Pengalaman langsung itu membantu saya mengubah ide menjadi produk yang berfungsi dan bisnis yang berkelanjutan,” tuturnya.

2. Lakukan komunikasi terbuka

Zelson mengatakan sangat penting untuk menciptakan lingkungan tim dengan struktur komunikasi terbuka di mana kepentingan semua orang sejalan. "Dengan cara ini, setiap orang dapat mengerjakan tugasnya sendiri-sendiri dengan tujuan akhir yang sama guna mendukung keberhasilan perusahaan," katanya.

3. Berani menerima tawaran

Menurutnya, akan lebih baik mengambil tawaran yang kurang ideal daripada tidak sama sekali. Setidaknya hal tersebut dapat menjadi cara sebagai pengalaman atau untuk menjemput bola. "Ada banyak yang harus dipelajari mengenai cara untuk menjalankan bisnis yang tidak dapat Anda ketahui sebelum mencobanya.”

4. Lakukan uji coba terdahulu pada ide bisnis

Sangat penting bagi pengusaha muda untuk mengetahui segala sesuatu yang mengenai produk atau jasa yang akan ditawarkan, sebelum menawarkan proposal bisnisnya kepada investor. "Anda harus memikirkan setiap pertanyaan yang mungkin diajukan, dan memiliki jawaban yang bagus untuk masing-masing pertanyaan mengenai ide bisnis Anda,” ujarnya.

5. Pilihlah teman atau lingkungan yang positif

Penting untuk mengumpulkan tim yang memiliki kekuatan di bidang yang kini Anda tekuni. Zelson mengatakan bahwa keberhasilan sebuah perusahaan bergantung pada kemampuan dan profesionalisme tim secara keseluruhan.

"Pada akhirnya, kamu hanya sebagus orang-orang yang bekerja denganmu. Jika kamu menciptakan tim yang lemah, maka kamu akan memiliki produk yang lemah, tetapi jika kamu memiliki tim yang hebat, maka potensi kamu tidak terbatas."

Selain itu, tips penting lain yang harus dimiliki wirausahawan muda adalah mempercayai kekuatan insting, lakukan kerja keras, berani mengambil risiko, percaya diri, dan fleksibel. Seorang wirausaha muda juga perlu mencari tahu passion apa yang disukai dan cari tahu bagaimana menghasilkan uang dengan mencari peluang bisnis sesuai dengan passion tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper