Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

8 Pilihan Bisnis Waralaba yang Naik Daun Selama Pandemi

Dikutip dari website waralabaku.com, berikut delapan bisnis yang melejit di masa pandemi Covid-19 ini.
Ilustrasi/jibiphoto
Ilustrasi/jibiphoto

Bisnis.com, JAKARTA -- Sejak kebijakan physical distancing semakin ketat akibat semakin mewabahnya Covid-19, banyak bisnis yang menurun drastis omsetnya bahkan harus tutup.

Meski demikian, masih ada sejumlah bisnis lain yang justru permintaannya kian meningkat.

Beberapa sektor ini, dinilai masih mampu menjanjikan keuntungan bagi para pelakunya. Dikutip dari website waralabaku.com, berikut delapan bisnis yang melejit di masa pandemi Covid-19 ini.

1. Marketplace & Toko Online

Saat ini, di era industry 4.0, berbagai kebutuhan telah tersedia secara online. Kebijakan untuk di menjaga jarak dan tetap di rumah saja tidak menghalangi seseorang berbelanja berbagai kebutuhan, baik kebutuhan pokok maupun kebutuhan tersier, melalui toko online dan marketplace.

Beralih menjual produk secara online merupakan keputusan yang tepat yang banyak dilakukan oleh para pelaku usaha ketika orang-orang dibatasi untuk keluar rumah. Apalagi untuk membuka toko online tidak dibutuhkan modal besar dan bahkan bisa dimulai dari rumah. Mulai saja dengan menjadi reseller atau dropshipper

Jika Anda tetap ingin membuka franchise di situasi saat ini, ada baiknya mengambil paket investasi yang paling minimal yang bisa dimulai dari rumah Anda. Biasanya franchisor (pemilik merk) menyediakan paket investasi tanpa booth dengan modal yang sangat terjangkau. Minta bantuan kepada franchisor untuk mendaftarkan toko Anda di layanan ojek online.

2. Jasa Ekspedisi

Terkait dengan poin pertama, penjualan online tentunya tidak lepas dari bisnis jasa pengantaran. Peningkatan penjualan di toko online akan sejalan dengan peningkatan pengiriman baik lewat ojek online maupun jasa kurir dan ekspedisi.

3. Jasa Telekomunikasi

Internet merupakan salah satu kebutuhan penting bagi anak muda di zaman sekarang ini. Ditambah dengan kebijakan tidak boleh keluar rumah, sekolah dari rumah dan bekerja dari rumah, kebutuhan akan akses internet semakin tinggi. Walaupun secara fisik jauh terpisah, namun komunikasi antar keluarga dan rekan kerja masih tetap terjaga dengan adanya akses internet. Kebutuhan untuk membeli pulsa seluler pun menjadi meningkat.

4. Farmasi & Alat-Alat Kesehatan

Di tengah pandemi, kebutuhan akan obat-obatan, vitamin, dan peralatan medis terutama masker dan APD semakin meningkat. Apotek juga merupakan toko yang boleh tetap buka selama masa pembatasan sosial sehingga pengusaha farmasi tidak perlu khawatir akan penurunan omset. Kebutuhan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan virus corona juga berimbas positif terhadap apotek dan industri farmasi.

5. Rempah-Rempah & Ramuan Herbal

Semakin tingginya kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan selama masa pandemi membuat meningkatnya omset bisnis rempah-rempah dan ramuan herbal yang berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Tidak hanya tanaman herbal yang mengalami kenaikan permintaan, herbal yang sudah diolah dalam bentuk bubuk maupun minuman jamu juga diserbu masyarakat. Produk herbal yang sudah dikemas ini pun bisa dijual melalui toko online sehingga pembeli tidak perlu keluar rumah untuk membelinya.

6. Swalayan & Bahan Makanan Pokok

Kebutuhan pokok seperti beras, minyak, gula, garam, lauk-pauk, sayur mayur, dll masih tetap dibutuhkan bagaimana pun keadaan ekonomi. Karena toko yang menjual kebutuhan pokok masih diperbolehkan buka, omset pedagang kebutuhan pokok cenderung tidak terganggu. Namun alangkah lebih baiknya jika toko sembako juga melayani pembelian secara online untuk mendukung gerakan tetap di rumah.

7. Makanan Instan, Frozen Food & Snack Yang Tahan Lama

Penyajian yang praktis dan tahan lama menjadi pertimbangan masyarakat untuk membeli makanan instan maupun beku ketika peraturan untuk tetap di rumah diperketat. Makanan ringan kemasan dan tahan lama juga menjadi pilihan konsumsi yang bisa menunda lapar atau menjadi teman ketika kerja di rumah. Kondisi saat ini adalah peluang bagi para reseller makanan ringan untuk menjual produknya secara online.

8. Jasa Kebersihan (Home & General Cleaning)

Banyaknya perusahaan yang mempekerjakan karyawannya dari rumah menjadikan momen ini momen yang pas untuk membersihkan sekaligus mensterilkan kantor. Tak hanya kantor, tempat umum & fasilitas umum, rumah ibadah, penginapan, maupun rumah pribadi jadi lebih sering bersih-bersih di kala pandemi Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper