Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Isaac Merrit Singer. - Biography.com
Premium

Obituari: Isaac Singer dan Awal Mula Industrialisasi Garmen

24 Juli 2020 | 18:43 WIB
Tanpa ada campur tangan dan bisnis Isaac Singer, industri tekstil dan garmen global belum tentu akan terbentuk seperti saat ini.

Bisnis.com, JAKARTA – Kurang lebih satu setengah abad lalu, seorang yang bersejarah dalam industri tekstil dan garmen tutup usia. Dia adalah Isaac Merrit Singer atau acap kali disebut Isaac Singer.

Dia adalah orang dibalik sebuah merek alat jahit global bernama Singer. Jika Anda sering kali menemui alat jahit dengan merek Singer, maka Isaac adalah orang yang bertanggung jawab atas populernya merek dagang tersebut.

Seperti dikutip dari buku berjudul “Threads of life : a history of the world through the eye of a needle” karangan Clare Hunter (2019), Isaac meninggal dunia pada 23 Juli 1875. Dia meninggalkan 20 anaknya dengan mewariskan harta yang sangat besar kala itu, yakni US$14 juta.

Keberhasilan Isaac membangun merek Singer dan menjadi konglomerat tidak diperolehnya secara serta--merta. Pria kelahiran Pittstown, New York pada 27 Oktober 1811 tersebut harus meninggalkan rumah untuk bekerja dengan latar belakang pendidikan rendah pada usia 12 tahun.

Dia harus mau bekerja serabutan sebagai mekanik di beberapa usaha kecil untuk sekedar menyambung hidup. Namun, minatnya di bidang seni, menuntunnya sebagai pemain teater. Dia pun akhirnya membentuk kelompok teater dengan beberapa orang kawannya.

Pada mulanya, kelompok teater tersebut cukup berhasil, lantaran undangan dari berbagai sesi pertunjukkan di Amerika Serikat terus berdatangan. Namun pada saat yang sama Isaac terjerumus ke kehidupan yang cukup liar.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top