Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

3 Ciri Utama Wirausahawan Sukses Saat Pandemi

Ada waktu untuk berunding dan mencari titik temu, kondisi pasar yang berubah selama pandemi dengan cepat dan menguntungkan yang mampu bertindak lebih tegas.
Wirausaha selalu bisa bergerak cepat dan menyesuaikan keadaan selama pandemi./ilustrasi
Wirausaha selalu bisa bergerak cepat dan menyesuaikan keadaan selama pandemi./ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Ketika pandemi virus corona terus mengganggu ekonomi dan membentuk kembali struktur perusahaan rintisan di hampir setiap industri yang bisa dibayangkan, gambaran baru tentang pemimpin seperti apa yang akan sukses dapat kita lihat.

Pengusaha legendaris dan pencipta metodologi "Lean Startup", Steve Blank, menggambarkan situasi tersebut sebagai "peristiwa kepunahan massal" dalam sebuah wawancara dengan podcast VC 20 Menit Harry Stebbings.

Ketika pendekatan bisnis tradisional gagal, Blank mengatakan bahwa ada peluang baru untuk perusahaan rintisan atau bahkan perusahaan yang sudah ada untuk mengambil alih situasi.

"Perusahaan yang akan bertahan dan kemudian berkembang dalam pemulihan didorong oleh CEO yang bisa menilai dengan cepat, muncul dengan strategi cepat, lalu mengambil tindakan dan memanfaatkan peluang," katanya, seperti dikutip melalui Business Insider, Senin ( 10/8/2020).

Berikut ini sedikit detail lebih lanjut tentang apa yang diperlukan untuk menjadi salah satu orang yang berhasil.

1. Mereka dengan cepat menilai situasi.

"Setiap krisis adalah kesempatan, dan ini adalah krisis besar," kata Blank.

Pandemi ini berbeda dari gangguan teknologi seperti pembuatan internet atau ponsel pintar karena pandemi merupakan gangguan pasar total.

Dalam keadaan ini, CEO dan pendiri harus sangat terhubung dengan sumber informasi yang andal untuk melihat tren awal dan memulai lebih awal.

"Untuk bertahan, Anda harus dapat menilai secara pribadi apa yang terjadi di sekitar Anda dengan mendapatkan data langsung [metode pilihan saya], atau memvalidasi data yang Anda dapatkan," kata Blank.

Apapun asumsi Anda, pastikan Anda mendapatkan bukti untuk mengujinya.

2. Mereka menetapkan keputusan dengan pasti.

Setelah Anda mendapatkan peluang, Anda perlu membuat rencana yang sedikit lebih ambisius daripada yang mungkin Anda sukai sebelumnya.

Jika bisnis Anda bertahan hingga titik ini, dan uang Anda mengalir, Anda sudah berada selangkah lebih maju.

"Ada banyak sekali orang yang tidak pernah bisa Anda pekerjakan yang sebelumnya bisa Anda pekerjakan. Ada banyak aset yang bisa Anda beli yang tidak bisa Anda dapatkan sebelumnya," kata Blank.

Sebaliknya, jika bisnis Anda berjuang untuk melakukan pivot di tengah pandemi, Anda mungkin tergoda untuk melakukan pemangkasan pada tim Anda, tetapi Blank menyarankan agar Anda menahan dorongan itu.

"Kesalahan terbesar yang saya lihat berkali-kali yang dilakukan orang bukanlah melakukan pemotongan secara langsung, tetapi mengurangi jumlah pekerja sedikit demi sedikit," katanya. "Itu cara terburuk untuk melakukan PHK."

"Ini menghancurkan moral dan produktivitas hampir sampai nol, karena semua orang melihat dari balik bahu mereka dengan pemotongan lain akan datang," tambahnya.

3. Mereka merealisasikan rencana dengan cepat

Tidak ada gunanya menetapkan rencana yang ambisius jika Anda membiarkannya diam atau meluncurkannya sedikit demi sedikit.

Dalam kasus ini dibutuhkan gaya kepemimpinan yang digambarkan Blank sebagai "diktator yang baik hati".

Di mana di masa lalu ada waktu untuk berunding dan mencari titik temu, kondisi pasar yang berubah dengan cepat menguntungkan mereka yang mampu bertindak lebih tegas.

"Waktu rapat di ruang konferensi mungkin terhenti untuk sementara," kata Blank. "Itu akan menjadi salah satu perbedaan yang menentukan antara pemenang dan pecundang dalam kondisi normal baru ini."

Bahkan tanpa ruang konferensi fisik, kecil kemungkinan Anda akan memiliki waktu untuk membahas semuanya melalui obrolan video.

"Anda harus membuat keputusan dengan cepat - dan terkadang tidak populer," tambahnya. "Dan yang lebih penting, Anda tidak hanya duduk di sana, memusingkan pilihan, ketika dunia terus bergerak."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper