Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tiga Manfaat Teknologi AI di Masa New Normal

Teknologi AI bisa memecahkan masalah konektivitas pengguna melalui data yang lebih cerdas, serta pemecahan masalah otomatis.
Ilustrasi kecerdasan buatan atau artificial intelligence AI
Ilustrasi kecerdasan buatan atau artificial intelligence AI

Bisnis.com, JAKARTA - Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) merupakan inovasi yang paling mampu menciptakan transformasi baru dalam kehidupan, pertumbuhannya bahkan telah mencapai 60 persen dibandingkan dengan tahun lalu.

Berdasarkan laporan dari Narrative Science pada April 2020, teknolog AI telah membawa dampak yang sangat signifikan dalam berbagai lini kehidupan mulai dari strategi perusahaan, operasi bisnis, hingga fungsi pekerjaan".

Lantas, apa saja implikasi atau dampak dari inovasi AI ini di masa kenormalan baru, ketika banyak masyarakat yang bekerja dari rumah dan wajib mengikuti protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah.

Berikut tiga manfaat dari teknologi AI pada masa kenormalan baru, seperti dikutip dari Entrepreneur:

1. AI membantu konsumen lebih bijak mengatur pengeluaran

Konsumen sudah tidak seperti dulu lagi. Mereka kini dapat dengan mudah menganalisis dan membandingkan biaya pengeluaran, sebab teknologi AI dapat mengatur dan menganalisis berbagai data secara real-time, termasuk data perbankan.

Perusahaan fintech banyak yang memanfaatkan AI untuk membantu pengguna mengurangi pengeluaran, menemukan kesepakatan, dan menghemat uang. Hal ini tentu menguntungkan mengingat, saat ini, orang Amerika mencari lebih banyak penawaran daripada sebelumnya.

Laporan bulan Mei 2020 dari Federal Reserve menemukan bahwa 37 persen orang Amerika tidak memiliki akses langsung pendanaan untuk keadaan darurat yang tidak terduga, sementara 15 persen perlu mengeluarkannya dengan kartu kredit.

Namun, pada catatan positif, tingkat tabungan Amerika melonjak menjadi 33 persen pada bulan April karena orang-orang tinggal di rumah, tertinggi sejak 1960-an, menurut data dari Biro Analisis Ekonomi.

Aplikasi perbankan seperti Moven dan Simple memungkinkan pengguna melacak pengeluaran, menganggarkan dana terbatas, dan lebih berhemat melalui rekomendasi nyata yang dipersonalisasi.

2. AI membuat Wi-Fi dapat diandalkan dan cepat

Bekerja dari rumah tampaknya menjadi tren yang mungkin akan bertahan lama. Dengan ketidakpastian seputar rilis vaksin yang disetujui FDA, perusahaan sekarang menggunakan AI untuk meningkatkan pengalaman bekrja di rumah bagi karyawan mereka.

Menurut laporan pekerjaan LinkedIn pada April 2020, industri perangkat keras dan jaringan tetap dalam kondisi baik, meskipun ada masalah ekonomi. Tingkat perekrutan bahkan naik 2,3 persen pada bulan tersebut. Menariknya, mereka menggunakan internet dan teknologi jarak jauh untuk bekerja dan mencari pekerjaan.

Selain itu, selama masa pandemi, jumlah penonton Netfli mencapai titik tertinggi menurut AT&T. Tahun lalu, Netflix sendiri mengambil 12 persen dari semua lalu lintas web. Perusahaan yang berbasis di California ini menggunakan AI untuk mempersonalisasi rekomendasi film.

Metode ini menyumbang 80 persen dari waktu streaming, yang berarti ini adalah ukuran yang sangat efektif. Dari ribuan pilihan, berdasarkan data yang didukung AI, perusahaan teknologi juga memilih thumbnail yang paling merangsang menonton untuk semua film dan acara TVnya.

Teknologi AI ini juga memecahkan masalah konektivitas pengguna melalui data yang lebih cerdas, serta pemecahan masalah otomatis dan identifikasi masalah jaringan secara real-time. Misalnya, jaringan berbasis AI Juniper Networks baru-baru ini mengoptimalkan pengalaman Wi-Fi untuk karyawan di Gap dan siswa serta pengajar di Dartmouth College.

3. AI memungkinkan pengguna berbicara dengan perangkat

Alexa Amazon, Siri Apple, dan Asisten Google telah ada selama bertahun-tahun. Selama waktu itu, teknologi pengenalan dan respons suara telah meningkat secara signifikan. Misalnya, pengembang telah meningkatkan pemrosesan bahasa alami, yang membuat aplikasi AI lebih mudah untuk berinteraksi melalui interaksi percakapan sehari-hari.

Teknologi ini juga dapat lebih memahami maksud pengguna, meskipun kata-kata tidak dikomunikasikan dengan sempurna. Saat ini, orang dapat berinteraksi dengan agen AI secara cerdas dan menerima respons yang dipersonalisasi.

Pengenalan ucapan otomatis (ASR) semakin canggih hingga ke titik di mana pengguna dapat memesan penerbangan atau hotel melalui agen AI. Sistem ASR dapat mengidentifikasi maskapai atau produk yang relevan dan melanjutkan ke proses pembayaran.

Di antara perusahaan, 43 persen mengatakan mereka saat ini mengirim komunikasi bertenaga AI kepada karyawan. 35 persen mengatakan mereka mengirim interaksi yang didukung AI kepada pelanggan, menurut laporan Ilmu Naratif yang disebutkan di atas.

Manusia dan AI bekerja sama untuk menghasilkan hasil yang diinginkan. Seperti yang ditunjukkan contoh di atas, AI memiliki sejumlah kasus penggunaan praktis untuk wirausahawan dan perusahaan yang meningkatkan pengalaman dan pengguna yang lebih baik - bahkan di tengah-tengah kenormalan baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper