Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tips Pengusaha Membangun Bisnis Tanpa Modal Besar

Jadi bagaimana sebuah startup atau bisnis kecil dapat membiayai dan mengembangkan bisnis mereka dengan cepat?
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 24 Agustus 2020  |  11:27 WIB
Tips Bisnis - ilustrasi
Tips Bisnis - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Kecuali jika Anda menjalankan perusahaan rintisan teknologi besar, kecil kemungkinan modal ventura mengalir ke bisnis Anda.

Dan seperti banyak pengusaha dan pemilik usaha kecil lainnya, Anda perlu melakukan pengaturan keuangan yang ketat untuk menuju kesuksesan.

Jadi bagaimana sebuah startup atau bisnis kecil dapat membiayai dan mengembangkan bisnis mereka dengan cepat?

Dilansir melalui Entrepreneur, jawabannya ada pada kartu kredit. Tapi bukan sembarang kartu. Memilih jenis kartu yang tepat untuk bisnis Anda bisa sangat penting.

Dan kemudian, tentu saja, Anda perlu menggunakannya dengan bijak.

1. Kartu Kredit vs Kartu Charge

Kartu kredit dan charge card adalah alat nomor satu bagi pemilik bisnis yang ingin mengukur skala operasinya.

Perbedaan utama antara keduanya adalah kartu kredit memiliki batas pengeluaran yang biasanya cukup rendah.

Change card bagaimanapun, tidak memiliki batas yang telah ditentukan sebelumnya, yang berarti jika Anda ingin meningkatkan bisnis Anda dan secara eksponensial meningkatkan arus kas Anda, kartu tagihan adalah cara yang tepat.

Namun, jika Anda ingin mendanai bisnis Anda, kartu kredit mungkin merupakan opsi yang lebih baik karena saldonya dapat disesuaikan (kartu tagihan harus dibayar penuh pada tanggal jatuh tempo).

2. Pastikan Anda Mendapatkan Reward dari Setiap Transaksi

Meskipun poin reward pada awalnya mungkin tampak tidak signifikan, ini semua berubah saat Anda menjalankan pengeluaran senilai ratusan juta melalui kartu Anda setiap bulan.

Terlepas dari banyaknya program yang tersedia, miles frequent flyer dan poin reward masih merupakan sumber daya yang sangat kurang dimanfaatkan untuk bisnis.

Jika Anda seorang pemula atau pemilik bisnis kecil dan tidak memanfaatkan poin frequent flyer, Anda berpotensi kehilangan perjalanan 'gratis' dan bahkan cashback.

Saat berbelanja untuk mendapatkan penawaran terbaik, ada beberapa hal yang perlu Anda ingat:

- Poin: Pastikan kartu yang Anda pilih menghasilkan setidaknya 1 mil / poin per transaksi pada nilai minimal

- Penawaran bonus: Kartu premium biasanya datang dengan biaya tahunan yang lumayan tinggi tetapi ini dengan mudah diimbangi dengan bonus pendaftaran mereka. Sangat mudah untuk mendapatkan bonus dengan nilai setidaknya Rp10 juta langsung saat mendaftar.

- Keuntungan lainnya: Kartu yang berbeda menawarkan fasilitas yang berbeda. Pastikan untuk mempertimbangkan apa yang paling Anda dan bisnis Anda butuhkan. Akses lounge di bandara, kredit perjalanan, asuransi, dan bonus lainnya sering dikaitkan dengan kartu hadiah.

- Integrasi: Beberapa kartu nama bahkan terintegrasi dengan platform akuntansi Anda; ada baiknya mempertimbangkan untuk menyederhanakan operasi Anda dengan cara ini.

- Reward fleksibel: Lebih sering daripada tidak, orang memiliki ketertarikan terhadap maskapai tertentu. Menghasilkan miles secara langsung mungkin tampak mudah, tetapi jangan tertipu. Fleksibilitas sangat penting saat Anda menjalankan startup, jadi pastikan Anda mendapatkan reward fleksibel yang dapat ditransfer ke beberapa program maskapai penerbangan atau bahkan dapat digunakan sebagai kredit tunai di kartu Anda.

3. Faktor penting yang perlu dipertimbangkan

Menggunakan kartu kredit untuk perusahaan rintisan adalah pilihan antara risiko dan keuntungan yang rumit.

Jika Anda tidak paham secara finansial, kredit bisa dengan cepat menjadi jebakan yang menghabiskan lebih banyak biaya dalam jangka panjang. Sangat penting untuk melihat kartu kredit / change card sebagai alat untuk memajukan bisnis Anda dan bukan sebagai pinjaman jangka panjang.

Tiga tip untuk membuat Anda tetap waspada dalam menggunakan kartu:

a. Jangan lupa soal bunga

Bunga seringkali jadi hal yang disalahpahami oleh pengguna kartu kredit. Jangan tertipu jebakan ini. Pastikan tagihan Anda lunas pada tanggal jatuh tempo.

b. Gunakan transfer saldo: transfer saldo bisa menjadi alat yang ampuh untuk mendapatkan pinjaman tanpa bunga. Selalu pastikan Anda menemukan penawaran dengan suku bunga 0 persen dan tanpa biaya.

c. Biaya pertukaran mata uang asing: Jika Anda melakukan perdagangan internasional dan menghabiskan banyak uang untuk membeli persediaan di luar negeri, Anda perlu memastikan nilai tukar mata uang asing di kartu Anda nol atau mendekati nilainya. Tidak ada yang lebih kontraproduktif selain dikenakan biaya konversi 3 persen.

Ketika berbisnis, penting untuk diingat untuk membuat kartu kredit Anda bekerja untuk Anda, bukan Anda bekerja untuk kartu kredit Anda.

Kartu kredit bukanlah solusi cepat, melainkan alat untuk menciptakan nilai bagi usaha Anda.

Pastikan Anda mendapatkan hadiah, poin, atau miles untuk setiap rupiah yang Anda belanjakan dan dengan melakukan itu, Anda akan mengakses dunia dengan tabungan untuk perjalanan bisnis di masa depan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kartu kredit tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top