Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

4 Alasan Menjadi Pengusaha Muda Bisa Jadi Senjata Rahasia

Kita sering mendengarkan cerita orang lain ketika mereka memulai bisnis baru, orang-orang akan memandang mereka dari atas ke bawah
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 27 Agustus 2020  |  14:38 WIB
Ilustrasi entrepreneur
Ilustrasi entrepreneur

Bisnis.com, JAKARTA -- Menjadi seseorang yang cenderung lebih muda kadang membuat sulit untuk memulai bisnis, membangun kepercayaan dengan pelanggan, mengumpulkan uang dari investor bahkan ketika membangun otoritas dengan karyawan.

Kita sering mendengarkan cerita orang lain ketika mereka memulai bisnis baru, orang-orang akan memandang mereka dari atas ke bawah, memutar mata, dan berjalan pergi - sering kali mengatakan sesuatu yang merendahkan usia mereka.

Tetapi Steve Jobs, Bill Gates, dan Larry Page memulai perusahaan mereka masing-masing pada usia 20, 21, dan 24 tahun.

Dan sekarang, Apple, Microsoft, dan Google secara kolektif bernilai lebih dari US$2,7 triliun.

Masing-masing dari mereka memanfaatkan masa muda untuk keuntungan mereka, dan mengubah kelemahan itu menjadi kekuatan.

Menurut sebuah artikel yang diunggah di Entrepreneur, menjadi wirausaha muda bisa menjadi senjata rahasia. Inilah alasannya:

1. Tidak terjebak oleh aturan 

Saat Anda masih muda, perspektif Anda tentang dunia masih segar. Sementara orang lain telah menghabiskan waktu bertahun-tahun mempelajari keadaan, segalanya baru bagi Anda. Anda tidak punya pilihan selain memikirkan hal-hal dari awal. Anda dapat berpikir lebih jernih tentang apa yang diperlukan untuk memecahkan masalah hari ini, tanpa melihat ke belakang, karena Anda belum dikondisikan untuk percaya bahwa segala sesuatunya harus seperti apa adanya.

2. Waktu terbaik untuk mengambil risiko

Sulit untuk enembuat sesuatu dari nol, membangun bisnis yang berkelanjutan, dan itu sangat berisiko.

Sebagai seorang pengusaha muda, beberapa dari Anda mungkin tidak memiliki keluarga yang bergantung pada Anda, atau hipotek yang harus dibayar. Anda juga mungkin belum terbiasa menjalani kehidupan mewah.

Jadi, Anda memiliki kebebasan untuk mengambil risiko besar, yang mungkin tidak membuahkan hasil seperti harapan .

Waktu terbaik untuk mengambil risiko adalah saat Anda masih muda. Larry Page, yang berusia 24 tahun ketika mendirikan raksasa internet Google, pernah berkata, “Saya mendorong Anda untuk mengambil sedikit lebih banyak risiko dalam hidup. Jika Anda melakukannya cukup sering, pilihan itu nantinya akan benar-benar terbayar. ”

3. Dihargai

Demikian kutipan langsung dari Bill Gates yang mendirikan raksasa teknologi Microsoft saat berusia 20 tahun. Dia telah menciptakan lebih dari 144.000 lapangan pekerjaan dan menciptakan US$1,06 triliun nilai pasar.

Gates mengatakan bahwa orang-orang awalnya skeptis terhadapnya karena usianya, tetapi ketika mereka menyadari bahwa dia tahu apa yang dia bicarakan, mereka menjadi sangat antusias dan mencoba untuk bekerja dengannya sebanyak mungkin. Umurnya menjadi bagian dari cerita yang menarik bagi pelanggan, karena merasa sedang mendukung seorang anak muda yang berbakat dan jenius.

4. Memiliki lebih banyak waktu untuk gagal

Sukses datang dengan banyak kegagalan. Dan kegagalan menyebalkan. Rasanya seperti membuang waktu dengan percuma, tapi tantangan ini tak terhindarkan saat mengejar kesuksesan. Seperti yang dikatakan orang terkaya di dunia, Jeff Bezos, "kegagalan dan penemuan adalah dua hal yang tak terpisahkan."

Dan yang terbaik adalah gagal dengan cepat saat Anda masih muda.

Jadi ya, menjadi pengusaha muda sangat menantang. Lebih sulit untuk membuat orang lain percaya pada Anda, dan lebih sulit bagi kebanyakan anak muda untuk percaya bahwa mereka bisa sukses, karena mereka sering melihat diri mereka sebagai anak-anak.

Tetapi masa muda kita juga merupakan senjata rahasia dengan keuntungan yang kuat jika Anda belajar mengenalinya.

Jadi, jangan hentikan langkah Anda dan manfaatkan usia Anda sebagai alasan untuk sukses.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pengusaha tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top