Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tips Orang Biasa Memulai Bisnis Online

Memulai bisnis bisa menjadi tugas yang sulit terlepas dari status keuangan Anda, tetapi tingkat kesulitan semakin tinggi, ketika skala kelas ekonomi Anda semakin rendah.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 03 September 2020  |  14:42 WIB
Tips sukses berbisnis
Tips sukses berbisnis

Bisnis.com, JAKARTA -- Sebuah studi tahun 2018 dari Bankrate mengungkapkan bahwa hanya 39% orang Amerika dapat memiliki cukup tabungan untuk dana darurat senilai US$1.000 dan 44% lainnya tidak dapat menutupi biaya darurat sebesar US$400.

Memulai bisnis bisa menjadi tugas yang sulit terlepas dari status keuangan Anda, tetapi tingkat kesulitan semakin tinggi, ketika skala kelas ekonomi Anda semakin rendah.

Jika Anda kebetulan adalah orang biasa, dengan rekening bank rata-rata, pekerjaan normal, keluarga untuk diberi makan, dan tagihan memakan sebagian besar penghasilan Anda, maka tumpukan itu bertumpuk melawan rencana Anda.

Mengapa? Menurut entrepreneur.com, dibutuhkan uang untuk mendapatkan uang.

Penjualan online adalah tentang mendorong produk atau brand Anda untuk mendapatkan eksposur sebesar mungkin. Berapa banyak orang yang dapat berinteraksi denga produk dan penawaran Anda?

Jika Anda memulai situs web Anda sendiri, membuka toko Shopify, menjual barang di Amazon, media sosial atau pasar online lainnya, Anda harus membayar untuk eksposur tersebut melalui iklan atau biaya. Terkadang keduanya.

Satu-satunya pengecualian potensial adalah mereka yang memiliki pengikut media sosial yang besar dan aktif.

Dalam sebuah artikel yang ditulis Lawson, dia menuturkan hal apa saja yang perlu Anda lakukan ketika berencana memulai bisnis online

1. Belajar dari kesalahan orang lain

Lawson adalah orang biasa dengan pendapatan dan pekerjaan rata-rata serta tagihan di atas rata-rata.

"Saya berharap seseorang akan menyuruh saya duduk dan memberi tahu saya hal ini ketika saya berusia 23 tahun karena saya menghabiskan puluhan ribu dolar untuk bisnis online yang gagal selama bertahun-tahun dan itu adalah uang yang tidak saya miliki," ujarnya.

Ada suatu titik dalam kehidupan Lawson ketika penghasilan bulanannya negatif US$1.000. Lawson harus mendapatkan pinjaman pribadi US$20.000 untuk menambah penghasilan guna membayar tagihannya selama setahun.

Ini adalah salah satu periode waktu terburuk dan paling menegangkan dalam hidupnya dan jika artikel ini dapat menyelamatkan satu orang dari sakit hati yang dialami Lawson, itu akan sepadan.

 2. Sukses datang dan pergi

Lawson membuka situs pekerjaan online untuk para profesional penerbangan dengan izin keamanan yang tertarik untuk ditempatkan di zona pertempuran saat dia berada di Suriah.

Situs web itu sendiri memang menjadi menguntungkan, tetapi hanya untung beberapa ratus dolar per bulan. Meskipun ini bukan kemenangan besar, tidak banyak yang menawarkan hal serupa dalam industri ini.

Keunikan situs bersama dengan audiens yang ditargetkan yang dapat dia bangun melalui iklan Facebook menarik minat orang yang tepat yang mengarah pada satu makan malam dan berakhir dengan saya berkonsultasi dengan perusahaan jutaan dolar.

Sejak itu, semuanya menurun. Terkadang yang kita butuhkan hanyalah satu terobosan.

"Kalau saya bisa melakukannya dari tenda di Suriah, Anda bisa melakukannya dari sofa Anda. Tapi itu tidak terjadi dalam semalam. Ada proses yang harus saya lalui untuk sampai ke titik itu," tukasnya.

3. Mengatasi hambatan orang biasa

Jika Anda sedang dalam posisi dimana Anda tidak memiliki pendapatan yang dapat dikeluarkan tetapi ingin memulai bisnis online, bacalah saran berikut ini baik-baik ...

a. Berpikir realistis.

Sadarilah bahwa sampai Anda memperbaiki masalah keuangan Anda sendiri, memulai bisnis tidak akan mungkin dilakukan.

b. Fokus pada keuntungan potensial.

Cari pekerjaan dengan gaji lebih tinggi. Seringkali, kita meremehkan diri kita sendiri dan apa yang mampu kita capai. Tempatkan diri Anda di luar sana dan lihat apa yang tersedia. Selain itu, gunakan keterampilan, pelajari keterampilan atau coba sesuatu yang baru. Berhentilah khawatir tentang memulai bisnis dan fokuslah untuk benar-benar menghasilkan uang.

Lawson dapat memperoleh sebagian besar bisnisnya kembali bangkit dengan bergabung dengan forum khusus dan grup Facebook.

"Ini tips penting, ceruk pasar pada forum dan grup Facebook adalah dua dari satu-satunya tempat di internet yang bisa Anda dapatkan secara gratis, tetapi Anda harus menawarkan sesuatu yang mereka cari secara aktif," katanya.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips bisnis tips sukses
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top