Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

7 Sifat Untuk Mencapai Sukses di Dunia Usaha

Jika Anda memulai perjalanan memasuki dunia usaha dan bisnis, maka ada beberapa sifat yang wajib melekat pada diri Anda.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 10 September 2020  |  16:28 WIB
Disiplin menjadi kunci untuk menjadi pengusaha sukses. - ilustrasi
Disiplin menjadi kunci untuk menjadi pengusaha sukses. - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Bisnis adalah seni, dan tidak semua orang mampu untuk menguasai seni ini. Beberapa orang memiliki keahlian atau karakteristik bawaan untuk menjadi pengusaha sukses, sementara yang lain bekerja untuk mengembangkan keahlian ini.

Apa pun uraian yang paling cocok untuk Anda, setiap orang dapat memperoleh manfaat dengan terus meningkatkan kualitas karakteristik penting ini.

Dilansir melalui Naira Metrics, berikut adalah beberapa ciri kepribadian penting yang harus Anda adopsi untuk membantu Anda bertahan dan menjadi lebih baik saat Anda mengelola bisnis:

1. Semangat

Karakter pertama dan terpenting dari seorang wirausahawan yang sukses adalah semangat. Tidak ada yang bisa mencapai apapun jika mereka tidak memiliki semangat untuk mencapai tujuan tersebut. Motivasi terus mengalir, membantu seorang wirausahawan untuk menjaga harapan dan mengatasi rintangan saat dia maju menuju tujuan. Inilah sebabnya mengapa seorang wirausahawan yang sukses bersemangat dan termotivasi dengan sikap yang sama sekali baru.

2. Fleksibilitas

Mampu beradaptasi dengan perubahan dan tantangan sangat penting untuk bisnis apa pun. Faktanya, kebanyakan wirausahawan akan memberi tahu Anda bahwa ide atau rencana bisnis mereka sangat berbeda dari saat mereka mulai. Sebuah ide mungkin brilian, tetapi tidak efektif pada kenyataannya. Pengusaha harus bekerja fleksibel untuk membuat rencananya terealisasi. Adapun, wirausahawan harus siap dan bersedia untuk mengubah rencana mereka ketika informasi baru tiba dan ketika ada perubahan keadaan.

3. Visi

Pengusaha melihat peluang di mana-mana. Mereka adalah inovator yang selalu mencari cara untuk mengembangkan ide baru atau meningkatkan produk atau layanan yang sudah ada. Dan, kemungkinan itu adalah alasan utama mengapa mereka menjadi pengusaha. Di beberapa titik dalam hidup mereka, mereka memperhatikan hal-hal yang bisa menjadi lebih baik.

Namun, hanya mengatakan bahwa segala sesuatunya bisa menjadi lebih baik tidaklah cukup. Mereka benar-benar menjalankan rencana. Dengan kata lain, wirausahawan memiliki kemampuan untuk melihat masa depan sebelum terjadi.

4. Mengambil pemikiran abstrak dan membuatnya linier

Sepertinya setiap orang memiliki gagasan yang mereka anggap sebagai hal besar berikutnya, namun sangat sedikit dari orang-orang itu yang pernah mengambil langkah untuk melaksanakannya. Mereka yang melakukannya sering kali gagal sementara ide mereka mati dengan lambat dan menyakitkan. Masalahnya di sini adalah Anda harus dapat mengambil ide Anda dan memvisualisasikan keseluruhan proses, dari penciptaan hingga penjualan dan seterusnya, agar memiliki peluang nyata untuk melaksanakannya secara efektif.

5. Bekerja dengan baik di bawah tekanan

Bisnis rintisan adalah pekerjaan berat. Jika Anda adalah salah satu dari orang-orang yang tidak dapat bekerja dengan baik di bawah tekanan ketika taruhannya berada pada titik tertinggi, Anda pasti akan gagal. Anda harus merasa nyaman saat berada di luar kendali karena tidak ada pedoman untuk memulai - sebagian besar dari apa yang akan Anda lakukan dipelajari selama proses berlangsung dan tidak akan menjadi bagian dari rencana Anda. Namun, jika Anda adalah salah satu dari sedikit yang kinerjanya benar-benar meningkat dalam kondisi stres, Anda akan cocok untuk gaya hidup startup.

6. Keterampilan komunikasi yang kuat

Pengusaha sukses adalah seseorang yang memiliki keterampilan komunikasi yang sangat baik untuk menjual produk kepada pelanggan dan memotivasi karyawan.

7. Disiplin

Pengusaha sukses selalu memfokuskan energinya untuk membuat bisnis berjalan, dan untuk menghilangkan gangguan atau hambatan pada tujuan mereka. Strategi menyeluruh mereka membantu mereka mencapai tujuan yang mereka miliki sementara mereka menguraikan rencana untuk mencapai hasil akhir. Apalagi, para wirausahawan menjadi sukses karena mereka disiplin untuk selalu membuat langkah-langkah baru setiap hari menuju pencapaian tujuan mereka.

Jadi, jika Anda akan memulai perjalanan untuk menjadi pengusaha, baru saja memasuki dunia usaha, atau telah dalam perjalanan tetapi belum melihat kesuksesan, Anda perlu mengadopsi sifat-sifat ini dan menjadikannya bagian dari diri Anda untuk meraih kesuksesan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kiat manajemen tips bisnis tips sukses
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top