Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Rahasia Membangun Kepercayaan dan Kredibilitas dengan Pelanggan

Untuk menciptakan kepercayaan, jangan pernah memberikan janji bila Anda tidak bisa menepatinya.
Membangun kepercayaan akan meningkatkan kredibilitas kepada konsumen./ilustrasi
Membangun kepercayaan akan meningkatkan kredibilitas kepada konsumen./ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Jika Anda ingin membangun kepercayaan dan kredibilitas dengan pelanggan Anda dan mempertahankan mereka untuk waktu yang lama, ikuti 10 tip penting ini, seperti dikutip melalui Entrepreneur, Senin (14/9).

1. Hindari menjual solusi yang tidak memenuhi kepentingan terbaik pelanggan. Terkadang Anda tidak memiliki solusi yang tepat dengan harga yang tepat. Jika demikian, yang terbaik adalah jujur kepada pelanggan, daripada mengajukan sesuatu yang Anda tahu tidak akan sepenuhnya memberikan hasil yang diinginkan pelanggan.

2. Jangan pernah menyalahartikan fitur, keunggulan, dan manfaat dari suatu produk atau layanan. Pelanggan tidak menginginkan produk atau solusi yang hanya memenuhi kebutuhan mereka, atau yang biasanya berfungsi dengan baik. Beri mereka kebenaran yang utuh dan tanpa dilebih-lebihkan, dan biarkan mereka memutuskan apakah solusi yang diusulkan akan berhasil untuk mereka.

3. Jangan menjanjikan apa pun yang tidak dapat Anda penuhi. Beberapa pengusaha merasa sangat sulit untuk mengatakan tidak kepada pelanggan tentang apa pun. Memberi tahu pelanggan bahwa produk tertentu dengan fitur dan manfaat tertentu akan dikirimkan pada tenggat waktu tertentu, lalu Anda tahu Anda tidak dapat memberikannya sesuai janji, adalah resep menuju bencana.

4. Menerima atau menawarkan suap atau hadiah selalu tidak etis. Barangkali tidak ada batas etis yang lebih utama yang tidak boleh dilintasi penjual daripada selain larangan transaksi di bawah tangan.

5. Pertahankan harga yang konsisten untuk semua departemen dalam perusahaan yang sama. Anda berisiko mematikan hubungan bisnis internal jika ada ketidaksesuaian yang ditemukan.

6. Ketika masalah berkembang setelah penjualan, jangan membuat alasan dan jangan menyalahkan pihak lain; perbaiki masalahnya. Anda adalah wajah perusahaan; itu adalah tugas Anda sebagai pengusaha profesional untuk memenuhi janji yang Anda buat.

7. Jangan menutup-nutupi kabar buruk. Jika menurut Anda pelanggan akan kecewa ketika mendengar kabar buruk, bayangkan betapa mereka akan lebih kesal ketika mengetahui bahwa Anda mengetahui berita buruk itu tiga pekan lalu dan menyembunyikannya dari mereka.

8. Jika dan ketika Anda harus berbicara tentang persaingan, bersikaplah hormat setiap saat. Beberapa pengusaha tampaknya berpikir bahwa "membicarakan sampah" persaingan akan membuat produk dan layanan mereka terlihat lebih baik. Biasanya, itu hanya membuat mereka terlihat picik dan tidak dewasa di mata pelanggan.

9. Selalu hargai hubungan yang dimiliki anggota lain di tim Anda dengan pelanggan mereka. Mencuri pelanggan dari anggota tim Anda sendiri tidak akan membuat Anda lebih unggul.

10. Dan terakhir: Buat janji dan tepati. Di atas segalanya, Anda harus melakukan apa yang Anda katakan, sesuai dengan janji. Menguasai keterampilan yang satu ini saja akan membuat Anda unggul dari pesaing.

Mengembangkan keterampilan dan strategi yang membantu membangun kredibilitas dan memperdalam kepercayaan dengan pelanggan akan membuat Anda lebih unggul dari pesaing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper