Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Membayar Utang Saat Anda Menganggur Kena PHK

Pandemi corona telah membuat tingkat pengangguran bertambah. Artinya, tanpa penghasilan, banyak orang akan kesulitan membayar utangnya tersebut.
Ilutrasi utang
Ilutrasi utang

Bisnis.com, JAKARTA - Saat Anda menganggur dan keuangan sedang ketat, pembayaran utang, termasuk kartu kredit bisa dianggap sebagai prioritas yang relatif rendah.

Pandemi corona telah membuat tingkat pengangguran bertambah. Artinya, tanpa penghasilan, banyak orang akan kesulitan membayar utangnya tersebut.

Mengenai cara melunasi utang saat resesi atau jobless, Dr. Anthony Criniti IV, penulis beberapa buku keuangan ternama, termasuk "The Necessity of Finance", merekomendasikan untuk mengambil langkah-langkah berikut:

Membiayai kembali hutang Anda. Jika bunga membuat pembayaran Anda terlalu besar untuk ditangani, pertimbangkan untuk membiayai kembali hutang Anda. Artinya mengajukan pinjaman baru untuk menutup utang lama. Namun, perhatikan bahwa untuk menutup pinjaman, Anda masih harus membayar biaya penutupan.

Jika Anda memiliki rumah sendiri, maka bisa mengagunkan rumah Anda untuk membuat baru. Apalagi, bunganya juga lebih terjangkau daripada kartu kredit.

"Tapi, bagaimanapun, bahwa jika Anda gagal membayar pinjaman ini, Anda bisa membahayakan rumah Anda," ujarnya dikutip dari Foxbusiness.

Kemudian, dia juga merekomendasikan untuk mengakses dana yang tersedia terlebih dahulu, seperti memanfaatkan dana darurat Anda dan menjual kelebihan barang untuk fokus pada pembayaran barang-barang penting. Hal positif besar tentang opsi-opsi ini adalah Anda tidak perlu berhutang baru.

Terakhir, Criniti merekomendasikan untuk membuka kartu kredit transfer saldo untuk mengelola hutang Anda sementara. Kartu kredit ini sering kali menawarkan suku bunga perkenalan 0 persen, yang berarti bahwa jumlah yang Anda bayarkan selama periode itu akan masuk ke saldo pokok Anda. Namun, setelah semuanya berakhir, Anda dapat dikenakan suku bunga yang cukup besar.

Nah, lantas bagaimana mengatasi hutang kartu kredit saat menganggur yang bisa dikatakan paling sulit untuk dikelola saat menganggur. Dengan suku bunga tinggi berarti dapat menumpuk dengan cepat dan cepat lepas kendali. Meskipun demikian, ada cara untuk memastikannya tetap dapat dikelola.

“Berbicara dengan pemberi pinjaman Anda adalah langkah pertama,” kata Criniti. "Mereka memahami apa yang sedang terjadi sekarang dan mereka ingin membantu."

Banyak penerbit kartu kredit telah membuat program keringanan sebagai tanggapan atas pandemi. Meskipun program setiap penerbit berbeda, sebagian besar menawarkan opsi yang memungkinkan Anda untuk sementara waktu melepaskan bunga untuk menurunkan pembayaran minimum Anda atau untuk menangguhkan pembayaran seluruhnya untuk jangka waktu tertentu.

Criniti menyarankan untuk mengambil inisiatif dan mengadvokasi diri Anda sendiri saat berkomunikasi dengan pemberi pinjaman. “Jangan takut untuk bernegosiasi,” jelasnya. "Pemberi pinjaman lebih suka dibayar sebagian dari hutang Anda daripada tidak sama sekali."

Dikutip dari Nerd Wallet, disebutkan jika tidak seperti hipotek atau pinjaman mobil, kartu kredit umumnya tidak memiliki jaminan, artinya Anda tidak akan kehilangan deposit atau properti seperti rumah atau mobil jika Anda terlambat membayar.

Konsekuensi melewatkan pembayaran kartu kredit tidak terlalu parah, tetapi bukan tidak berarti bahwa itu tidak penting.

Keterlambatan pembayaran dapat merusak kredit Anda dan memicu biaya tambahan, penutupan akun, atau penurunan limit kredit, jadi sebaiknya lakukan setidaknya pembayaran minimum Anda setiap bulan jika Anda dapat melakukannya sambil memenuhi kewajiban keuangan yang lebih penting.

Jika Anda tidak mampu membayar pembayaran minimum, ada baiknya untuk berkomunikasi dengan kreditor Anda sesegera mungkin dan tanyakan tentang keringanan jangka pendek.

Berikut cara menangani hutang kartu kredit Anda:

1. Berkomunikasi dengan kreditor Anda.

Jika Anda menyadari bahwa Anda mungkin tidak dapat melakukan pembayaran minimum pada kartu kredit Anda, hubungi penerbit Anda. Semakin cepat Anda melakukannya, semakin baik. Banyak penerbit menawarkan program kelonggaran kepada mereka yang menghadapi tantangan keuangan jangka pendek - misalnya, karena bencana alam, keadaan darurat keluarga, atau pemotongan gaji.

Jika Anda terpengaruh oleh pandemi COVID-19, pastikan untuk menyebutkannya saat menghubungi penerbit kartu kredit Anda tentang pelonggaran. Ini dapat membantu Anda memenuhi syarat untuk mendapatkan akomodasi dan melindungi kredit Anda, meskipun dengan cara yang terbatas.

2. Simpan uang tunai.

Dalam waktu normal, kita disarankan untuk bayar lebih dari jumlah minimum kartu kredit. Dan memang benar bahwa membayar seminimal mungkin bukanlah rencana jangka panjang yang baik.

Biaya bunga kartu kredit bisa menumpuk dengan cepat, menambah hutang Anda. Dan jika Anda hanya membayar minimum, perlu waktu puluhan tahun untuk saldo Anda menjadi default sepenuhnya, bahkan jika Anda tidak menambahkan pembelian baru.

3. Cari tahu apakah Anda memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan.

Jika Anda tidak lagi memiliki pendapatan, membayar jumlah minimum pada kartu kredit Anda dapat terasa mustahil. Tetapi perhitungannya mungkin berubah - setidaknya sedikit - jika Anda memenuhi syarat untuk asuransi untuk pengangguran, asuransi kecacatan, atau bantuan lainnya.

4. Periksa penawaran berbunga rendah yang sudah Anda miliki.

Alih-alih mengajukan permohonan kartu baru untuk menurunkan biaya bunga Anda, pertimbangkan penawaran yang sudah Anda miliki pada kartu eksisting. Mungkin kartu yang Anda dapatkan beberapa bulan lalu memiliki APR 0% pada transfer saldo dan Anda tidak menyadarinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nirmala Aninda
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper