Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Menjaga Pekerja Tetap Bahagia dan Produktif dari Jarak Jauh

Pengusaha perlu fokus pada cara menyatukan karyawan jarak jauh saat terpisah karena pandemi virus corona (Covid-19).
Ilustrasi/Knote
Ilustrasi/Knote

Bisnis.com, JAKARTA -- Jika sebuah perusahaan telah bertahan sejauh ini, artinya mereka telah menemukan cara untuk memungkinkan sistem kerja jarak jauh.

Tetapi perusahaan yang melihatnya sebagai upaya perbaikan sementara diperkirakan tertinggal dari perusahaan lainnya yang lebih siap.

Tidak hanya efek pandemi yang mungkin memengaruhi cara kita menjalankan bisnis dalam jangka panjang, tetapi faktanya adalah bahwa pekerjaan jarak jauh adalah tren yang berkembang sebelum pandemi, dan sekarang akan bertahan.

Dilansir melalui Entrepreneur, Senin (19/10/2020), agar berhasil, perusahaan perlu bergerak lebih dari sekadar memungkinkan sistem kerja jarak jauh dan mulai membuatnya lebih produktif dan efisien.

Pemilik usaha perlu fokus pada cara menyatukan karyawan jarak jauh saat terpisah, melibatkan mereka dengan alat dan informasi yang memungkinkan mereka bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.

Manfaat meningkatkan keterlibatan karyawan untuk pekerja jarak jauh sudah jelas.

Penelitian menunjukkan bahwa sistem kerja ini dapat meningkatkan produktivitas, meningkatkan kreativitas, menurunkan omset, dan mengurangi biaya operasional.

Ini juga memungkinkan perekrutan dari kumpulan bakat yang lebih luas karena perusahaan dapat menarik bakat dari luar batas perjalanan kantor.

Kunci untuk melibatkan pekerja yang tidak menghabiskan waktu bersama-sama di kantor adalah dengan menciptakan struktur untuk komunikasi internal yang menghubungkan karyawan, membuat mereka tetap mendapat informasi, memberdayakan mereka dengan pengetahuan yang mereka butuhkan untuk melakukan pekerjaan mereka, dan menyelaraskan mereka dengan tujuan perusahaan.

Kiat untuk meningkatkan keterlibatan karyawan di antara pekerja jarak jauh:

Sekarang perusahaan telah memungkinkan bekerja dari lokasi terpencil, mereka perlu bergerak melampaui itu untuk melawan efek isolasi. Tiga kunci untuk membuat pekerja jarak jauh tetap terlibat, terhubung, dan selaras dengan tujuan perusahaan meliputi:

1. Tetapkan tujuan dan harapan yang jelas, dan perlihatkan setiap kemajuan yang dicapai.

Bahkan ketika karyawan sedang duduk di kantor, itu tidak menjamin bahwa mereka benar-benar bekerja. Perusahaan yang sukses telah menetapkan tujuan yang dapat diukur, dan mereka berbagi info terkait semua capaian sehingga setiap orang dapat melihat kontribusi individu mereka dan bagaimana hal itu berdampak pada tujuan tim mereka.

Perjelas tentang bagaimana tujuan pekerjaan selaras dengan nilai-nilai perusahaan, dan bagaimana setiap orang dan tim berkontribusi padanya. Ini membantu mengidentifikasi dan mempertahankan yang berkinerja terbaik.

2. Menyediakan akses ke informasi dan pengetahuan yang andal.

Akses ini harus mencakup database yang dapat dicari dari informasi yang sering dirujuk, dan daftar periksa operasional untuk tugas-tugas umum, dalam format yang mudah untuk diperbaiki sehingga tetap terkini.

Pekerja generasi muda, yang tumbuh di dunia digital, mengharapkan informasi yang ramah pengguna dan disampaikan secara langsung. Setiap karyawan akan menjadi lebih produktif dengan informasi yang andal dan relevan.

3. Ciptakan koneksi dan rasa kebersamaan.

Penelitian menunjukkan bahwa sistem kerja jarak jauh meningkatkan produktivitas dan bahwa pekerja merasa diberdayakan ketika mereka diizinkan untuk bekerja dengan cara yang paling sesuai untuk mereka. Tetapi sangat penting untuk membantu mereka tetap terhubung dan selaras sebagai sebuah tim.

Sistem ini bekerja paling baik ketika perusahaan menyediakan campuran opsi komunikasi internal untuk memenuhi berbagai kebutuhan informasi. Ini termasuk konten internal dan eksternal formal yang harus ditulis, ditinjau agar selaras dengan pesan perusahaan yang konsisten, dan dijadwalkan untuk distribusi berkala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper