Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Bagi Usaha Kecil yang akan Mengajukan Pinjaman

Informasi keuangan pribadi Anda dapat menjadi bahan diskusi dengan pemberi pinjaman saat ingin mengajukan pinjaman bisnis.
Pelaku UMKM bisa mendapatkan pinjaman dari perbankan dengan mempersiapkan arus kas/ANTARA FOTO-Adeng Bustomi
Pelaku UMKM bisa mendapatkan pinjaman dari perbankan dengan mempersiapkan arus kas/ANTARA FOTO-Adeng Bustomi

Bisnis.com, JAKARTA - Anda tahu bisnis Anda luar dalam, tetapi ketika harus mengajukan pinjaman bisnis, banyak pemilik bergumul dengan cara menyajikan profil bisnis mereka dengan benar, dan diri mereka sendiri, kepada pemberi pinjaman.

Mempersiapkan pertemuan Anda sebelumnya akan menghabiskan waktu dengan baik.

Ini harus mencakup mengumpulkan dokumen keuangan dan hukum yang tepat, mengumpulkan beberapa informasi pribadi, dan memikirkan presentasi Anda secara keseluruhan.

Dengan persiapan matang menggunakan tip-tip berikut yang dikutip melalui San Fransisco Business Times, Anda dapat menghadiri rapat dengan percaya diri dan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pinjaman itu.

Langkah pertama dalam proses pinjaman adalah mengetahui dokumen apa yang dibutuhkan dan mengumpulkan semua informasi.

Laporan keuangan dan dokumen yang dibutuhkan bergantung pada besar pinjaman, di antara faktor-faktor lain, tetapi umumnya mencakup:

- Laporan pengembalian pajak untuk bisnis. Jumlah periode bisa lebih sedikit jika pinjaman tersebut untuk usaha rintisan (atau jika dokumen yang menjelaskan pengalaman terkait bisnis dari manajemen senior atau pemilik disediakan).

-Laporan keuangan bisnis saat ini. Laporan keuangan biasanya akan mencakup laporan laba rugi, neraca, jadwal utang bisnis, dan mungkin laporan penuaan AR dan AP.

- Anggaran dasar, atau dokumentasi yang menjelaskan bentuk hukum kepemilikan organisasi.

- Jika proyeksi arus kas diperlukan untuk penentuan pinjaman, diperlukan rencana bisnis yang mencakup setidaknya tiga tahun proyeksi laba rugi.

Informasi keuangan pribadi Anda juga dapat menjadi bahan diskusi dengan pemberi pinjaman Anda. Penting untuk memiliki catatan keuangan pribadi Anda dan siap untuk ditunjukkan.

Anda dapat mempersiapkan:

- Laporan pengembalian pajak pribadi tiga tahun terakhir.

- Laporan keuangan yang menunjukkan aset dan kewajiban pribadi Anda, bersama dengan kekayaan bersih yang dihasilkan.

- Anggaran pribadi, menunjukkan berapa banyak yang perlu Anda ambil dari bisnis Anda untuk biaya hidup.

Selain dokumentasi dan informasi keuangan, Anda harus siap untuk menjelaskan bagaimana pinjaman tersebut berkaitan dengan operasi bisnis, bagaimana dana akan digunakan, dan rencana keseluruhan untuk sukses.

Beberapa pemilik bisnis tidak mengetahui jenis pembiayaan yang mereka butuhkan, atau mereka mungkin memiliki jenis pinjaman tertentu yang sebenarnya bukan solusi terbaik.

Setelah mengajukan pertanyaan dan mempelajari lebih lanjut tentang cerita dan visi Anda, pemberi pinjaman lokal dapat merekomendasikan solusi pinjaman yang tepat untuk tujuan unik bisnis Anda.

Dengan para pembuat keputusan internal, pemberi pinjaman lokal dapat menyederhanakan proses, memberikan transparansi dan pengungkapan penuh, membantu mendidik pemilik bisnis tentang opsi keuangan mereka, dan memberikan solusi yang dipersonalisasi yang disesuaikan dengan setiap bisnis.

Anjuran dan Larangan:

Dengan dokumen yang tepat dan presentasi yang dipersiapkan dengan baik, Anda sudah siap untuk mengajukan pengajuan pinjaman. Sebelum Anda melakukannya, ingatlah kiat-kiat ini:

- Temukan akuntan, penasihat bisnis, atau pemilik bisnis lain untuk membantu Anda memahami neraca, laporan laba rugi, dan alat keuangan lainnya jika Anda belum melakukannya.

- Berpakaianlah secara profesional saat mempresentasikan proposal pinjaman Anda.

- Buat janji dengan pemberi pinjaman, berikan "elevator pitch" tentang bisnis Anda saat menelepon.

- Jangan melebih-lebihkan pendapatan yang diproyeksikan atau mengecilkan angka pengeluaran Anda.

- Jangan berbelit-belit. Jelaskan secara spesifik tentang jumlah pinjaman yang Anda inginkan dan bagaimana Anda berencana untuk menggunakannya.

- Jangan menunggu untuk memberikan informasi tindak lanjut. Jika pemberi pinjaman meminta lebih banyak informasi, berikan saat aplikasi Anda masih jadi prioritas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper