Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sebelum Mengubah Pivot Bisnis, Pahami Faktor Berikut Ini

Beberapa perusahaan terkenal telah melakukan pivot selama pandemi dan cukup berhasil setelah perusahaan menyusun rencana dengan matang.
Ilustrasi Strategi bisnis/bisnis.com
Ilustrasi Strategi bisnis/bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan yang ingin mengubah model mereka untuk beradaptasi dengan krisis Covid-19 telah menggunakan istilah "pivot" secara ekstensif.

Kita sudah tahu bahwa pivot adalah titik yang memungkinkan Anda mengerahkan lebih sedikit gaya untuk memindahkan benda berat. Dalam bisnis, hal ini memungkinkan Anda untuk berkembang secara lateral di pasar.

Beberapa perusahaan terkenal telah berhasil melakukan pivot selama pandemi, menunjukkan bahwa hal itu dapat dilakukan dengan cukup berhasil setelah perusahaan menyusun rencana dengan matang.

Memperluas kapabilitas bisnis dengan tujuan profitabilitas dan keberlanjutan jangka panjang adalah hal yang telah mendorong begitu banyak perusahaan untuk mempertimbangkan pivot ke pasar terkait.

Pada aspek usaha kecil yang sudah dilanda krisis Covid-19, mereka juga melakukan pivot ke ranah online.

Beberapa pengusaha juga terpaksa menutup perusahaannya.

Sebaliknya, mereka memutuskan untuk mengubah fokus mereka untuk mengajar orang lain dan memberi mereka platform online untuk memasarkan barang-barang mereka.

Sebelum sebuah perusahaan bermaksud untuk melakukan pivot, perhatikan tiga faktor utama berikut:

1. Pahami tren yang dipicu pandemi

Karena orang telah mengubah cara mereka bekerja, bermain, dan berbelanja, satu-satunya cara agar pivot berhasil adalah dengan mempertimbangkan tren baru di area ini. Kerja jarak jauh, bersama dengan peningkatan ketergantungan pada teknologi karena jarak sosial, memberikan banyak peluang bagi bisnis yang ingin menemukan cara baru dan menarik untuk memanfaatkan pasar mereka.

2. Memperluas model bisnis perusahaan yang ada

Pivot yang berhasil tidak bergantung pada ruang baru. Beberapa perusahaan melakukan hal-hal tertentu. Jika sebuah perusahaan ingin sukses dengan rencana pivotnya, mereka harus melihat area terkait dengan produk utama mereka. Prada, produsen aksesori modis kini juga merilis jajaran masker wajah buatan desainer. Prada menunjukkan bahwa mereka memanfaatkan kesadaran merek untuk menghasilkan produk yang layak dan menarik bagi dunia pasca pandemi.

3. Pivot harus menguntungkan dan berkelanjutan

Jika sebuah bisnis bermaksud untuk melakukan pivot, idenya harus menguntungkan dan berkelanjutan. Produk atau layanan yang ditawarkan perusahaan harus mempertahankan dan meningkatkan nilai merek, dan mendorong pelanggan untuk membeli ide baru. Seiring waktu, bisnis akan dapat beralih dari model bisnis penghasil laba awal menjadi model baru yang berkelanjutan dalam jangka panjang di dunia yang terdampak Covid-19.

Meskipun depresi ekonomi yang akan dihadapi dunia adalah prospek yang menakutkan untuk bisnis, hal itu juga menawarkan secercah harapan. Perusahaan yang tidak fleksibel akan menjadi yang pertama gulung tikar.

Mereka yang tidak dapat beradaptasi dengan 'normal baru' pada akhirnya akan membayar harga untuk membangun model bisnis yang kaku berdasarkan gagasan bahwa perubahan tidak akan pernah datang.

Dunia yang berubah akan menghargai bisnis dengan pandangan ke depan dan kemampuan untuk mengubah cara mereka berbisnis dengan cepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper