Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

7 Tips untuk Pengusaha Kreatif Baru

Menjadi wirausahawan kreatif adalah panggilan hati, dan tidak disarankan bagi siapa pun yang berfokus pada pengembalian langsung atas investasi mereka.
Ilustrasi entrepreneur
Ilustrasi entrepreneur

Bisnis.com, JAKARTA -- Dalam banyak hal, sekarang ini sudah lebih mudah untuk menjadi pembuat konten yang sukses. Ide berpotensi menyebar secara viral berkat media sosial dan platform online.

Sebagai seniman yang juga seorang wirausaha, Anda dapat menciptakan kehidupan yang luar biasa untuk diri Anda sendiri.

Namun, ini mungkin mengharuskan Anda mengalihkan fokus dari superstar dan mengalihkannya ke menjadikan hal yang membuat Anda bahagia juga menghasilkan uang.

Dilansir melalui Entrepreneur, memiliki harapan yang realistis dan tujuan yang jelas dan dapat dicapai, akan sangat membantu dalam membantu membuka jalan menuju masa depan Anda sebagai creativepreneur atau pengusaha kreatif.

1. Temukan ceruk pasar

Untuk mendapatkan keuntungan, Anda perlu menemukan basis konsumen untuk dilayani. Cara mudah untuk menemukan basis konsumen adalah dengan melihat masalah yang Anda atau orang banyak hadapi dan menemukan solusinya.

Setelah Anda menemukan solusi, Anda dapat dengan mudah menghasilkan pendapatan dengan menyelesaikan masalah tersebut untuk orang lain. Setiap pasar kompetitif dalam beberapa kapasitas.

Anda mem-bypass persaingan dengan menjadi kreatif, mengecilkan diri, dan menciptakan ruang untuk diri Anda sendiri. Ikuti kiat-kiat ini, dan perjalanan Anda untuk menjadi pembuat konten atau artis yang sukses tidak akan terlalu menakutkan.

2. Bekerja dengan orang lain

Ada begitu banyak bisnis yang berpusat di sekitar seni sehingga Anda dapat terlibat untuk mendanai upaya kreatif Anda sekaligus membantu orang lain. Perlu diingat bahwa bisnis Anda dapat berupa B2B (bisnis-ke-bisnis) dan B2C (bisnis-ke-konsumen). Membangun jaringan sangatlah penting.

Jika Anda seorang introvert, Anda mungkin mengalami kesulitan dengan ini. Ciptakan lingkungan bisnis dan otoritas melalui pekerjaan Anda untuk membuat orang datang kepada Anda jika Anda bisa, dan secara aktif mencari peluang untuk merujuk bisnis Anda kepada seseorang yang ingin Anda ajak kerja sama.

3. Motivasi

Tetap termotivasi sebagai seniman bisa jadi rumit. Banyak pelatih bisnis dan wirausahawan akan membuat Anda merasa bersalah karena kelelahan. Mereka mengatakan "hasrat dan masalah Anda harus mendorong Anda," tetapi seringkali itu tidak realistis.

Menciptakan pekerjaan yang tidak berkelanjutan untuk diri Anda sendiri untuk berjudi pada mimpi berpotensi memiliki efek buruk pada kesehatan mental Anda. Atur kapasitas diri Anda, dan ketahui kapan harus istirahat.

4. Pendanaan sendiri

Mulailah dengan apa yang Anda miliki. Mempertahankan "pekerjaan harian" penting di awal sehingga Anda memiliki sumber daya untuk mendanai upaya kreatif Anda.

Cara termudah untuk mendapatkan uang awal adalah dengan menyimpan sebagian uang yang Anda hasilkan dari pekerjaan harian Anda dan/ atau menginvestasikan kembali uang yang Anda hasilkan dari bisnis kreatif kecil Anda. Baik Anda freelance atau menjual seni / produk Anda, Anda harus menginvestasikan kembali keuntungan Anda untuk berkembang!

5. Mendapatkan investasi

Mengenal investor tidak ada salahnya, tetapi ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan sebelum Anda harus mendekati pemberi pinjaman dalam bentuk apa pun. Anda memerlukan bukti konsep dan rencana bisnis yang solid untuk menggambarkan bagaimana investor akan mendapatkan keuntungan. Pada awalnya, lebih mudah untuk memulai dari skala kecil. Crowdfunding adalah alat luar biasa yang tentunya dapat mengembangkan banyak bisnis kreatif.

6. Tetap di jalur Anda

Mengalami kesulitan untuk tetap berada di jalur yang benar? Buat daftar. Buat jadwal. Temukan mitra akuntabilitas, mentor, dan dalang untuk membantu memandu Anda.

Ciptakan situasi di mana orang lain menganggap Anda bertanggung jawab untuk membuat, dengan cara itu Anda mendorong diri Anda sendiri untuk membuat tenggat waktu. Membangun komunitas di sekitar Anda dan pengoperasian bisnis Anda adalah kunci sukses. Tidak hanya akan membuat Anda termotivasi, tetapi juga akan menciptakan lingkungan di mana setiap orang mendorong inovasi.

7. Pertimbangkan pilihan Anda

Jujurlah pada diri Anda sendiri tentang kekuatan dan kelemahan Anda. Mintalah seseorang yang Anda percayai untuk jujur kepada Anda untuk perspektif luar. Saat Anda berada di tengah badai kreatifitas, mungkin sulit untuk bersikap objektif dengan pekerjaan Anda.

Jika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai keinginan Anda, pertimbangkan opsi pivot. Jangan berhenti, tetapi perhatikan apa yang berhasil dan tidak.

Menjadi wirausahawan kreatif adalah panggilan hati, dan tidak disarankan bagi siapa pun yang berfokus pada pengembalian langsung atas investasi mereka.

Jika ini adalah jalan yang Anda pilih, bersiaplah untuk bertahan dalam jangka panjang. Jika Anda memiliki ide yang solid dengan potensi keuntungan yang besar, dan Anda dapat bertahan cukup lama, Anda akhirnya akan menang.

Tujuannya adalah untuk mendapatkan informasi dan menyebarkan risiko itu ke seluruh produk dan layanan, serta mengetahui kapan harus melakukan perubahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper