Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

8 Tips untuk Menjalankan Bisnis Saat Tidak Tahu Dari Mana Harus Memulai

Sebelum Anda menjalankan bisnis, cari tahu apakah orang benar-benar akan membutuhkan dan membeli produk atau layanan Anda.
Tips Bisnis/ilustrasi
Tips Bisnis/ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Jika Anda ingin memulai bisnis tetapi tidak tahu harus mulai dari mana, jangan khawatir - Anda tidak sendirian.

Faktanya, mengingat realitas ekonomi baru di zaman kita, lebih banyak orang daripada sebelumnya yang menemukan bahwa "pekerjaan" yang mereka pikir sedang menunggu mereka ternyata tidak ada.

Yang lain sampai pada kesimpulan bahwa mereka lebih suka menciptakan pekerjaan yang mereka sukai, dibangun agar sesuai dengan tujuan hidup mereka sendiri.

Tidak peduli apa motivasi menjadi bos bagi diri Anda sendiri, Anda bisa mulai hari ini. Berikut delapan tip untuk memulai passion Anda menjadi kenyataan, seperti dilansir melalui Entrepreneur:

1. Bertanggung jawab untuk diri sendiri.

Jika Anda tidak puas dengan keadaan Anda saat ini, akui bahwa tidak ada yang bisa memperbaikinya kecuali Anda. Tidak ada gunanya menyalahkan ekonomi, atasan Anda, pasangan Anda atau keluarga Anda. Perubahan hanya bisa terjadi ketika Anda membuat keputusan sadar untuk mewujudkannya.

2. Identifikasi bisnis yang tepat untuk Anda.

Beri keleluasaan bagi diri Anda untuk menjelajah. Buka segala perspektif untuk untuk melihat berbagai aspek diri Anda (kepribadian, gaya sosial, usia) dan dengarkan intuisi Anda. Kita cenderung mengabaikan intuisi meskipun jauh di lubuk hati kita sering mengetahui kebenarannya. Tanyakan pada diri Anda "Apa yang memberi saya energi bahkan ketika saya lelah?"

Bagaimana Anda tahu bisnis apa yang "tepat" untuk Anda? Ada tiga pendekatan umum untuk kewirausahaan:

- Lakukan apa yang Anda ketahui: Apakah Anda pernah di-PHK atau menginginkan perubahan? Lihatlah pekerjaan yang telah Anda lakukan untuk orang lain di masa lalu dan pikirkan tentang bagaimana Anda dapat mengemas keterampilan itu dan menawarkannya sebagai layanan atau produk Anda sendiri.

- Lakukan apa yang orang lain lakukan: Pelajari tentang bisnis lain yang menarik minat Anda. Setelah Anda mengidentifikasi bisnis yang Anda sukai, tiru.

- Selesaikan masalah umum: Apakah ada celah di pasar? Apakah ada layanan atau produk yang ingin Anda pasarkan? (Catatan: Ini adalah risiko tertinggi dari ketiga pendekatan.) Jika Anda memilih untuk melakukan ini, pastikan Anda menjadi siswa dan dapatkan pengetahuan terlebih dahulu sebelum mengeluarkan uang.

3. Perencanaan bisnis meningkatkan peluang sukses.

Kebanyakan orang tidak membuat rencana, tetapi ini akan membantu Anda mencapai pasar lebih cepat. Rencana bisnis akan membantu Anda mendapatkan kejelasan, fokus, dan kepercayaan diri. Rencana tidak perlu lebih dari satu halaman. Saat Anda menuliskan tujuan, strategi, dan langkah tindakan Anda, bisnis Anda menjadi nyata.

4. Kenali audiens target Anda sebelum Anda menghabiskan uang satu sen pun.

Sebelum Anda mengeluarkan uang, cari tahu apakah orang benar-benar akan membeli produk atau layanan Anda. Anda dapat melakukan ini dengan memvalidasi pasar Anda. Dengan kata lain, siapa sebenarnya yang akan membeli produk atau jasa Anda selain keluarga atau teman Anda? Seberapa besar target pasar Anda? Siapa pelanggan Anda? Apakah produk atau layanan Anda relevan dengan kehidupan sehari-hari mereka? Mengapa mereka membutuhkannya?

5. Pahami keuangan pribadi dan bisnis Anda.

Sebagai seorang pengusaha, kehidupan pribadi dan bisnis Anda saling berhubungan. Anda cenderung menjadi investor pertama - dan mungkin satu-satunya. Oleh karena itu, memiliki pemahaman terperinci tentang keuangan pribadi Anda, dan kemampuan untuk melacaknya, adalah langkah pertama yang penting sebelum mencari pendanaan dari luar untuk bisnis Anda.

Saat membuat rencana bisnis, Anda perlu mempertimbangkan jenis bisnis yang Anda bangun - bisnis gaya hidup, waralaba, atau bisnis teknologi tinggi. Bergantung pada posisi Anda dalam kontinum, Anda akan membutuhkan jumlah uang yang berbeda untuk meluncurkan dan mengembangkan bisnis Anda, dan tidak masalah jenis uang yang Anda terima.

6. Bangun jaringan pendukung.

Anda telah membuat komitmen internal untuk bisnis Anda. Sekarang Anda perlu mengembangkan jaringan pendukung, penasihat, mitra, sekutu, dan vendor. Jika Anda percaya pada bisnis Anda, orang lain juga akan percaya.

Bangun jejaring lokal, nasional dan melalui jejaring sosial. Bergabunglah dengan jaringan seperti kamar dagang lokal Anda atau grup bisnis lain yang relevan.

7. Jual sesuatu dengan menciptakan nilai.

Meskipun kita membeli produk dan layanan setiap hari, orang tidak ingin menjadi objek penjualan. Fokus untuk melayani orang lain. Semakin banyak orang yang Anda layani, semakin banyak uang yang akan Anda hasilkan. Saat mempertimbangkan pelanggan atau klien Anda, tanyakan pada diri Anda:

- Apa yang bisa saya berikan kepada mereka?

- Bagaimana saya bisa membuat mereka sukses dalam pengejaran mereka sendiri?

Pendekatan ini dapat membantu mengarahkan Anda ke cara-cara baru untuk mengasah produk atau layanan Anda dan memberikan nilai lebih, yang akan dihargai oleh pelanggan Anda.

8. Sebarkan beritanya.

Bersedia untuk mengatakan siapa Anda dan apa yang Anda lakukan dengan keyakinan dan tanpa permintaan maaf. Rangkullah dan gunakan alat online paling efektif (Twitter, Facebook, YouTube, LinkedIn) yang tersedia untuk menyiarkan berita Anda. Gunakan jaringan sosial sebagai "pointer"; yaitu, untuk menunjukkan apa pun yang menurut Anda akan menarik bagi penggemar dan pengikut Anda.

Jika Anda mengambil langkah-langkah ini, Anda sudah selangkah lebih dekat untuk menjadi bos bagi diri Anda sendiri.

Penting untuk diingat bahwa Anda tidak sendiri. Jika Anda ingin "menjadi bos bagi diri sendiri" tetapi tetap merasa terjebak di jalan buntu, hubungi dan bangun jaringan dengan pengusaha lain dengan berbagai cara.

Anda mungkin terkejut dengan kontak tak ternilai yang ada di ujung jari Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper