Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

I3L & Kalbis Institut Asah Kemampuan Social Media Marketing Siswa SMA

Social Media Tournament ini menggunakan perangkat lunak (software) Mimic Social yang yang dikembangkan oleh Stukent Inc. Amerika Serikat.
Ilustrasi media sosial/Reuters-Beawiharta
Ilustrasi media sosial/Reuters-Beawiharta

Bisnis.com, JAKARTA-- Digital marketing menjadi salah satu kemampuan yang dibutuhkan pada era industri 4.0. I3L School of Business dan Kalbis Institut mencoba memperkenalkan digital marketing melalui lomba untuk pelajar SMA.

Elita Chandra, Digital Marketing Lecturer i3l School of Business (iSB) menyatakan iSB dan Kalbis Institute menyelenggarakan kompetisi “Social Media Tournament” untuk meningkatkan kemampuan siswa dan siswi SMA untuk menghadapi tantangan industri 4.0 dan mempertajam kemampuan digital marketing khususnya berbasis sosial media.

“Social Media Tournament” ini menggunakan perangkat lunak (software) Mimic Social yang yang dikembangkan oleh Stukent Inc., Amerika Serikat. Software ini, katanya, menawarkan simulasi sosial media sebuah perusahaan dan melatih mengambil keputusan.

“Dengan menggunakan software ini, para peserta melakukan simulasi media sosial sebuah perusahaan, di mana mereka harus menentukan berbagai macam keputusan dalam social media marketing. Selain itu mereka juga belajar untuk menganalisa matriks dari tiap ronde yang mereka jalankan,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (4/12/2020).

Elita mengatakan lomba ini diharapkan mampu menjadi pionir bagi dunia pendidikan untuk bisa bersinergi dengan beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan serta kecakapan dari para siswa siswi SMA maupun mahasiswa, sehingga mereka memiliki kemampuan yang cukup.

Sebagai bentuk apresiasi dari kompetisi ini masing-masing peserta mendapatkan sertifikat, dan uang tunai sebesar Rp10 juta bagi pemenang, Rp7,5 juta bagi peringkat kedua, dan Rp 5 juta bagi peringkat ketiga.

Panitia lomba mencatat total peserta yang mendaftar sebanyak 32 tim, dengan kategori SMA dan SMK. Pelaksanaan Social Media Tournament terbagi menjadi tiga tahap, yakni awal, seleksi semifinal dan final.

Terdapat 8 tim yang lolos ke babak Final meliputi, SMA Xaverius 1 Palembang, SMA Pelita Bangsa Cirebon, SMA Yakobus, SMKN 1 Bekasi, SMA Golden Gate, SMAK Penabur Cirebon, SMA Dharma Loka, dan SMA Regina Pacis Bogor.

Berdasarkan keputusan pemenang diseleksi final, ada tiga tim yang menang. Juara pertama diraih oleh SMA Xaverius 1 Palembang, Juara 2 dan 3 diraih oleh SMA Pelita Bangsa Cirebon.

Michael Vincetius dari SMA Xaverius 1 Palembang mengatakan selama mengikuti kompetisi terdapat banyak hal yang dipelajari mengenai social media marketing seperti pengetahuan target pasar, jenis iklan yang dapat diimplementasikan dan waktu yang tepat untuk mengiklankan suatu produk.

“Walaupun kompetisi ini bersifat simulasi, saya merasa tertantang karena disini saya belajar bagaimana saya harus memaksimalkan dana yang diberikan terhadap platform social media yang akan digunakan untuk mencapai target pasar yang diinginkan,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper