Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

9 Tips Penjualan Paling Ampuh untuk 2021

Pada era ini, pebisnis harus mengetahui teknik live video dan percakapan penjualan online untuk menjual ke ribuan orang media sosial dan grup.
Tips Bisnis/ilustrasi
Tips Bisnis/ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Pandemi virus corona (COvid-19) telah mengajari masyarakat bahwa tidak ada yang pasti, masalah bisa saja datang tiba-tiba untuk menghantam bisnis yang telah dibangun.

Kita tidak dapat melihat masa depan dengan bola kristal. Jadi, bagaimana kita tahu apa yang akan terjadi di tahun 2021 setelah Covid-19 mengubah lanskap penjualan di masa mendatang?

Bagaimana Anda menentukan taktik penjualan yang harus digunakan dalam realitas pandemi ini sambil tetap mengutamakan pelanggan?

Dilansir melalui Entrepreneur, berikut adalah beberapa tips penting berjualan dari para ahli yang perlu diingat saat mempersiapkan stategi tahun depan. Semoga wawasan ini dapat membantu Anda saat Anda memasuki wilayah yang belum dipetakan.

1. Automatisasi

Berinvestasi dalam perangkat lunak bisa sangat memusingkan, tetapi hasil akhirnya dapat membuat bisnis lebih efisien. Jika Anda mengotomatiskan proses penjualan biasa, hal itu menciptakan lebih banyak waktu bagi tim penjualan untuk fokus pada hal yang penting: membangun hubungan dengan pelanggan.

2. Tenaga penjualan akan berkembang dengan empati dan pengertian

Pemimpin penjualan yang sukses merangkul empati dan memberikan teknik pelatihan yang dipersonalisasi dan terperinci untuk membantu tim kembali ke jalur yang benar dan percaya diri.

3. Pelajari Keterampilan Baru: Sosial Media

Prinsip dasar penjualan tidak akan pernah berubah. Namun, dengan berbagai cara Covid-19 terus memengaruhi perekonomian kita, bisnis di setiap industri perlu mempelajari beberapa keterampilan baru. Pertama, mereka perlu mengidentifikasi dan terhubung secara efektif dengan klien ideal menggunakan media sosial.

Terakhir, penting bagi bisnis untuk menguasai teknik live video dan percakapan penjualan online. Baik menjual ke ribuan orang di grup Facebook atau satu-satu melalui Zoom, menguasai keterampilan yang diperlukan untuk mengonversi penjualan melalui kamera akan sangat penting jika Anda ingin berkembang selama 2021.

4. Pastikan pesan email Anda memberikan nilai lebih

Pra-pandemi, strategi mengirim email pemasaran layaknya menyebarkan jaring tidak pernah berhasil, dan sudah pasti tidak berhasil sekarang. Jangan menyerah hanya dengan mengirim 1.000 email, tetapi sebaliknya, kirim beberapa email per pekan dengan solusi yang sangat spesifik dan kuat untuk menarik perhatian prospek terbaik Anda.

5. Integrasikan tim penjualan dan pemasaran

Tim pemasaran dan penjualan secara historis bekerja secara independen untuk mendorong pendapatan. Namun, selama pandemi global, kedua departemen ini harus berfungsi sebagai satu kesatuan untuk membuat rencana yang sesuai dengan tujuan bisnis secara keseluruhan.

Penyelarasan saja tidak cukup - kedua tim harus terintegrasi sepenuhnya untuk berhasil. Untuk mengintegrasikan kedua tim ini, bisnis perlu melihat dan menyusunnya sebagai satu organisasi.

6. Interaktivitas adalah kebutuhan baru

Karena rapat dan acara virtual dan hybrid dengan cepat menggantikan pengalaman penjualan langsung, perusahaan harus melibatkan pelanggan prospek secara online dengan strategi efektif.

7. Tanyakan kepada pelanggan Anda bagaimana pandemi telah memengaruhi mereka

Pandemi jelas memengaruhi setiap industri dengan berbagai cara berbeda. Jadi, ajukan pertanyaan ke pelanggan Anda tentang bagaimana pandemi telah hidup mereka. Anda dapat menggunakan informasi ini untuk menyusun solusi yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik. Orang-orang sekarang online lebih sering dari sebelumnya.

Tim penjualan harus ahli dalam membantu klien mereka memanfaatkan jangkauan online untuk mendukung pelanggan mereka, mendapatkan rujukan, dan, pada akhirnya, meningkatkan pendapatan dalam waktu yang belum pernah terjadi sebelumnya.

8. Setiap strategi penjualan membutuhkan jaringan luas

Hingga saat ini, yang harus Anda lakukan hanyalah membangun strategi penjangkauan yang secara sistematis terhubung dengan prospek pelanggan di berbagai saluran untuk membantu Anda menonjol dari yang lain. Sekarang erhubung dengan prospek Anda di berbagai saluran tidak lagi menjadi pembeda, tetapi menjadi persyaratan dan akan menjadi strategi pertahanan utama bahkan untuk bisnis yang lebih kecil.

9. Buat 'Bullpen Virtual' Anda sendiri

Dalam pengaturan kantor normal, banyak tim penjual menempati area kantor yang sama, menawarkan kesempatan untuk belajar satu sama lain secara organik. Penjualan dapat menjadi terisolasi dengan sendirinya, jadi luangkan waktu untuk terhubung dengan sesama staf penjualan untuk saling mengangkat secara moral dan berbagi kesuksesan satu sama lain.

Kami tahu itu memasuki tahun baru dengan pandemi akan sangat menantang. Jangan berharap angka penjualan Anda bangkit kembali begitu cepat. Bersikaplah tenang dan coba pendekatan baru.

Pertimbangkan beberapa tips yang ditawarkan dari para ahli di atas dan ingatlah untuk selalu mengutamakan pelanggan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper