Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Perusahaan Global dengan Adaptasi Krisis 2020 Terbaik

Pandemi virus corona (Covid-19) menjerumuskan dunia ke dalam krisis ekonomi yang parah yang konsekuensinya terus berlanjut dan kemungkinan akan bertahan hingga tahun depan.
Beberaa perusahaan yang mampu bertahan saat pandemi./ilustrasi
Beberaa perusahaan yang mampu bertahan saat pandemi./ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Pandemi virus corona (Covid-19) menjerumuskan dunia ke dalam krisis ekonomi yang parah yang konsekuensinya terus berlanjut dan kemungkinan akan bertahan hingga tahun depan.

'Pengurungan Besar' menyebabkan penutupan bisnis dan kegiatan perusahaan, yang harus melakukan pemotongan biaya, PHK dan perubahan dalam rencana investasi mereka dan, yang langkah-langkah ini tidak cukup, harus menyatakan pailit dan, kelangsungan hidup banyak orang adalah masih dalam ketegangan.

Namun, ada juga perusahaan yang membuat keputusan untuk beradaptasi dengan lingkungan global baru dan tidak hanya untuk bertahan hidup, tetapi juga untuk meningkatkan penjualan mereka dan menciptakan lebih banyak lapangan kerja di tengah krisis ekonomi.

Dilansir melalui Entrepreneur, Senin (21/12/20202), perusahaan konsultan Spanyol DEFACTO mengidentifikasi 9 perusahaan yang, seperti bunglon, menyesuaikan diri dengan situasi agar tidak menjadi mangsa krisis.

Dalam beberapa kasus, adaptasi ini melibatkan penemuan model bisnis baru. Berikut adalah perusahaan global yang paling baik dalam beradaptasi dengan krisis:

1. Zoom Video

Perusahaan bereaksi sangat cepat untuk menanggapi peningkatan permintaan yang tiba-tiba: penggunanya meningkat dari 10 menjadi 300 juta antara Desember 2019 dan April 2020. Dalam waktu yang sangat singkat, mereka membuka pusat data baru dan menandatangani kemitraan baru dengan mitra strategis.

2. Salesforce

Perusahaan yang berdedikasi pada pengembangan perangkat lunak perusahaan berhasil meningkatkan pendapatan langganan sebesar 29 persen pada kuartal kedua dan telah mencapai hasil historis di pasar saham berkat hiper-segmentasi klien dan pengembangan inovasi dalam waktu singkat.

"Hanya dalam beberapa minggu sejak pandemi, perusahaan ini mengembangkan dua paket solusi baru yang bertujuan memfasilitasi manajer perusahaan dan manajer area untuk mengelola pengembalian aman karyawan ke pekerjaan mereka."

logo the salesforce perusahaan yang bertahan saat pandemi
logo the salesforce perusahaan yang bertahan saat pandemi

3. Airbnb

Perusahaan teknologi tersebut berhasil pulih dalam waktu singkat dari penurunan pariwisata, bahkan krisis tidak dapat datang pada waktu yang lebih buruk, karena pada bulan Januari mereka berencana untuk go public.

4. Tesla

Perusahaan Elon Musk telah melaporkan lonjakan nilai pasar saham 330 persen pada tahun lalu, melampaui Toyota dan menjadi produsen mobil dengan nilai tertinggi di dunia. Faktor utama keberhasilannya adalah tingkat produktivitas yang sangat tinggi yang berhasil dicapai, mendekati target produksi tahunan sebesar setengah juta kendaraan. Tapi yang benar-benar menakjubkan adalah Tesla menghasilkan laba kotor 23,5 persen dari setiap mobil yang dibuat.

Perusahaan melanjutkan rencananya untuk mendiversifikasi produksinya secara geografis di China dan Jerman, sesuatu yang telah menguntungkan mereka tahun ini, mengurangi dampak Covid-19 pada bisnis.

logo tesla
logo tesla

5. The Home Depot

Rantai toko perangkat keras ini paham bagaimana menyesuaikan penawaran dan strategi komersialnya tepat waktu, membatalkan promosi ke pengecer dan profesional untuk fokus pada ceruk produk DIY. Mulai April, pengunjung toko meningkat lebih dari 35% dan sebagian besar kliennya berubah dari profil profesional menjadi amatir.

Pada kuartal kedua, mereka mencatat pertumbuhan 23% tahun-ke-tahun, melaporkan keuntungan US$4,3 juta, 24,5% lebih banyak dari pada 2019.

logo the home depot
logo the home depot

6. Amazon

Raksasa e-commerce ini memulai tahun 2020 dengan banyak masalah. Ketika permintaannya meningkat drastis, berita tentang ketidakseimbangan dalam rantai logistiknya berlipat ganda. Kekurangan produk, penundaan pengiriman, pemogokan terjadi di pusat logistik.

Tetapi hanya dalam dua bulan, perusahaan membalikkan keadaan. Jeff Bezos menerapkan rencana kilat untuk mengatasi masalah internal: kenaikan gaji umum, rencana pelatihan, dan banyak konsesi lain yang terkait dengan jam kerja fleksibel. Sejak itu, keuntungannya berlipat ganda dan nilai pasar saham Amazon telah meningkat 40 persen.

logo amazon
logo amazon

7. Nestle

Perusahaan ini yang paling tahu cara meningkatkan nilai merek makanannya ketika pandemi mengubah kebiasaan konsumen dan popularitas produk seperti kopi larut atau makanan cepat saji meningkat.

Nestle meluncurkan berbagai inovasi sejalan dengan kebiasaan baru dan bahkan telah bertaruh pada bisnis ilmu kesehatan dengan mengakuisisi sebuah perusahaan yang didedikasikan untuk pengembangan makanan bagi penderita alergi.

logo nestle
logo nestle

8. Ericsson

2020 jadi salah satu tahun terbaik perusahaan Swedia ini. Margin kotornya telah kembali ke tingkat 15 tahun yang lalu dan prospeknya sangat positif di China, Amerika Serikat, dan Eropa.

Alasannya: teknologi 5G. Berkat gerakan cerdiknya di tengah perang dagang antara Amerika Serikat dan China, perusahaan telah membangun posisi kepemimpinan di Barat dan Asia.

logo ericson
logo ericson

9. Asos

Sejak langkah-langkah pembatasan pertama mulai diberlakukan pada pergerakan, produk pakaian santai atau gadget khusus untuk pekerjaan jarak jauh menjadi yang paling menonjol di situs webnya.

Kesigapan Asos dalam pengiriman dan pengembalian barang adalah salah satu pilar strategi pemasaran mereka, dan selama pandemi mereka memiliki kesempatan untuk menunjukkan keunggulan mereka di bidang ini.

10. Uniqlo

Perusahaan asal Jepang ini telah menjadi salah satu dari sedikit perusahaan yang tidak hanya menutup toko fisik tetapi juga telah menambah jumlah toko di saat yang sama, termasuk dengan ruang interaktif yang luas, campuran toko dan museum, di pusat Tokyo.

Selama pandemi, mereka mengembangkan masker yang mengadaptasi kain AIRsm mereka yang memiliki teknologi sirkulasi udara yang berfungsi sebagai 'hook product' untuk meningkatkan arus pengunjung ke toko mereka.

logo uniqlo
logo uniqlo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper