Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Cara Penuhi Kebutuhan Konsumen di Tahun 2021

Setiap saluran memainkan perannya untuk menyampaikan pesan, tetapi tidak satu pun dari saluran tersebut yang mencapai 100 persen dari target audiens.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 12 Januari 2021  |  18:14 WIB
Tips Bisnis - ilustrasi
Tips Bisnis - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Kita semua tahu bahwa tahun 2020 adalah tahun yang sulit.

Namun, dengan tahun baru muncul peluang dan potensi baru, bahkan dengan dampak bawaan dari tahun 2020 yang akan tinggal untuk sementara waktu.

Dalam hal periklanan online, tahun baru hanyalah sebuah garis di atas pasir. Kemungkinan besar, Anda tetap beriklan melalui semua pasang surut kondisi di pasar dan memasuki musim liburan yang belum pernah terjadi sebelumnya ini.

Namun itu tidak berarti bahwa 2021 tidak membawa kemngkinkan untuk pola pikir baru dan pandangan ke strategi baru, atau kembali ke strategi yang selalu bekerja paling baik.

Dilansir melalui Business 2 Community, Selasa (12/1/2021) semestinya menjadi tahun di mana Anda fokus untuk membuat pengalaman pelanggan dengan sesederhana dan semenarik mungkin dan untuk itu lima titik fokus yang harus kita perhatikan.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, kita semua mengalami tahun yang sulit, jadi mungkin membayarnya dengan online presence bisnis Anda akan membuat hidup konsumen dan hidup Anda lebih mudah.

Mereka akan lebih cenderung melakukan pembelian dan selanjutnya Anda akan memiliki peluang yang lebih baik untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

1. Sesuaikan spesifikasi iklan dengan penempatan

Tidak ada yang mau mengklik iklan jelek, apalagi iklan yang bahkan tidak bisa dibaca. Pada titik ini, hampir semua orang adalah internet savvy dan iklan yang terlihat tidak profesional adalah tanda bahaya untuk brand Anda.

Masalah terbesar di sini adalah hampir semua platform telah "memudahkan" Anda untuk melakukan pemasaran di mana saja dengan hanya menggunakan satu unit iklan.

2. Layani interaksi untuk pengguna seluler

Sebagai pemasar, Anda menggunakan laptop atau desktop untuk sebagian besar bisnis, tetapi banyak orang hanya punya akses internet melalui smartphone. Ambil contoh dari beberapa statistik ini, misalnya:

- 79,9 persen pengguna Facebook mengakses platform hanya dari perangkat seluler.

- 61 persen penelusuran organik di Google berasal dari perangkat seluler.

- Secara keseluruhan, 50,8 persen lalu lintas situs web berasal dari perangkat seluler.

Itulah beberapa angka yang cukup kuat untuk meyakinkan Anda bahwa seluler setidaknya sama pentingnya dengan desktop. Saluran tambahan, seperti Snapchat dan Instagram, hanya mengandalkan pengalaman pengguna seluler. Hampir tidak ada interaksi dari desktop.

Ada dua area pengoptimalan seluler yang perlu Anda pertimbangkan untuk ditingkatkan pada tahun 2021: pengalaman situs web dan kecepatan situs web.

3. Memanfaatkan perilaku audiens untuk menyesuaikan metode pemasaran

Ada banyak cara berbeda untuk menyegmentasikan audiens untuk pemasaran yang lebih baik dan lebih bermakna apakah itu membuat daftar pembeli sebelumnya atau menyesuaikan pesan iklan kepada seseorang yang menambahkan produk ke mereka kerangjang tetapi tidak melakukan check out.

Kontrol yang Anda miliki atas perilaku belanja konsumen sangat besar dan sangat mengherankan bahwa orang tidak memanfaatkan dengan lebih baik.

4. Memanfaatkan berbagai platform

Anda akan memiliki peluang yang lebih baik untuk menjangkau seluruh basis pelanggan Anda dengan menggunakan lebih banyak platform.

Misalnya, untuk bisnis yang menargetkan iklan pada pengguna usia sekolah menengah atas dan perguruan tinggi untuk kampanye jenis pengumuman layanan masyarakat.

Anda dapat menargetkan pengguna di Snapchat, Facebook, Instagram, dan YouTube, tetapi setiap platform punya subset basis pengguna berbeda.

Setiap saluran memainkan perannya untuk menyampaikan pesan, tetapi tidak satu pun dari saluran tersebut yang mencapai 100 persen dari target audiens.

Tanpa strategi multi-saluran, Anda dapat dengan mudah kehilangan sebagian dari basis pelanggan Anda. Manfaatkan saluran tambahan untuk memastikan Anda menjangkau semua orang dan memberi diri Anda lebih banyak area untuk diuji, dioptimalkan, dan dimaksimalkan.

5. Berikan informasi yang dibutuhkan pelanggan Anda

Poin terakhir yang perlu Anda fokuskan pada tahun 2021 adalah bagian yang paling dasar , tetapi tidak dieksekusi dengan baik oleh sebagian besar pemasar: Beri tahu pelanggan apa yang ingin mereka ketahui.

Berhentilah memainkan permainan kata yang justru membuat mispersepsi pada target konsumen Anda.

Gunakan situs web untuk memberi tahu pelanggan apa yang Anda lakukan dan mengapa Anda yang terbaik dalam hal itu. Anda tidak harus menggunakan istilah teknis yang berat, tetapi jelaskan melalui teks pemasaran yang efektif bahwa Anda ahlinya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips bisnis konsumen
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top