Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Forum Bisnis Ini Bantu Tingkatkan Jiwa Kewirausahaan WNI di Jepang

Warga negara Indonesia yang ada di Jepang kini dapat meningkatkan ilmu dan jiwa kewirausahaannya melalui Forum Bisnis Baru Bersama.
WNI di Jepang bisa meningkatkan jiwa kewirausahaan di Jepang melalui forum bisnis../Bloomberg/Akio Kon
WNI di Jepang bisa meningkatkan jiwa kewirausahaan di Jepang melalui forum bisnis../Bloomberg/Akio Kon

Bisnis.com, JAKARTA - Warga Negara Indonesia yang ada di Jepang kini dapat meningkatkan ilmu dan jiwa kewirausahaannya melalui Forum Bisnis Baru Bersama yang telah dibentuk sejak Desember 2020

Apalagi foum bisnis tersebut juga telah mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah Indonesia melalui Kedutaan Besar Indonesia yang ada di Jepang.

Duta Besar Indonesia di Jepang Heri Akhmadi mengatakan bahwa forum BBB ini diharapkan dapat meningkatkan jiwa wiraswasta WNI di Jepang sehingga membantu mereka untuk lebih mapan dalam kehidupannya di Jepang hingga masa mendatang.

Saat ini, masyarakat Indonesia yang ada di Jepang sekitar 66.000 orang. Dari total tersebut, 36.000 orang diantaranya adalah para pemagang Indonesia, sedangkan pelajar Indonesia sekitar 7.000 orang.

"Kami tentu menyambut baik pembentukan BBB ini dan memang sangat kami nantikan guna mendorong jiwa kewirausahaan WNI di Jepang," ujarnya, dalam keterangan pers yang diterima Bisnis, Selasa (19/1/2021).

Dubes Heri juga menyampaikan bahwa di bidang finansial, Direktur Utama Bank BNI juga sudah siap membantu serta mendukung sepenuhnya para WNI yang ada di Jepang.

Terutama para pemagang Indonesia yang bekerja di Jepang sehingga nantinya dapat mandiri maju, dan kembali ke Indonesia dengan keberhasilan membawa ilmu pengetahuan serta modal dari kerjanya di Jepang.

"KBRI juga sedang menyiapkan pelajaran bahasa Jepang online untuk membantu para WNI yang ada di Jepang sehingga kemampuan berbahasa Jepang mereka lebih baik lagi," terangnya.

Di bidang ketenagakerjaan, Dubes mengharapkan Forum BBB dapat ikut serta membantu suksesnya para pemagang Indonesia, terutama di bidang penguasaan bahasa Jepang.

"Kita butuh sertifikat N-4 bagi para pemagang, sehingga bisa mengalihkan status mereka ke Tokutei Ginou beserta kontrak dengan perusahaan Jepang yang ada di Jepang," ujarnya.

Hal-hal tersebut, sambungnya, mungkin bisa dipelajari lebih lanjut sehingga Forum BBB dapat ikut serta memperlancar masuknya para pemagang serta pengalihan jisshusei Indonesia ke program Tokutei Ginou di masa mendatang.

KBRI juga akan melakukan pendidikan jarak jauh menggunakan Online untuk Sekolah Republik Indonesia di Tokyo (SRIT) sehingga WNI yang berdomisili jauh pun bisa belajar melalui online nantinya.

"Kita akan coba pendidikan online jarak jauh itu bulan Juni 2021, InsyaAllah," ujarnya.

Forum BBB yang akan memiliki jaringan di 47 perfektur di Jepang serta 23-ku (daerah) yang ada di Tokyo, diharapkan dapat menjadi Forum Bisnis terbesar di Jepang di masa depan, dengan berbagai kegiatannya yang dapat mengangkat derajat bangsa Indonesia di Jepang.

"Jiwa wiraswasta yang semakin tinggi akan kami angkat, sehingga para WNI dapat lebih sukses lagi dalam kehidupannya di Jepang. Siapa pun welcome untuk bergabung ke dalam Forum BBB ini," ungkap Mahmudi, salah seorang pimpinan Forum BBB tersebut saat melakukan kunjungan ke Kedubes RI di Jepang.

Mahmudi menuturkan selain Wisata Online yang sukses dilakukan oleh Forum BBB selama ini, berbagai acara kegiatan lain juga akan meningkatkan kualitas SDM Indonesia yang ada di Jepang.

Secara tidak langsung nantinya para WNI di Jepang  akan ikut membantu membuka peluang ekspor produk Indonesia ke Jepang dengan lebih baik lagi, khususnya melalui kerjasama dengan Forum BBB tersebut.

Selain itu jaringan Forum BBB yang sangat luas dengan berbagai perusahaan Jepang dari yang kecil sampai yang besar, memungkinkan kerjasama membentuk pasar bagi produk Indonesia nantinya, melancarkan pula ekspor Indonesia ke Jepang dilakukan dengan bantuan  putra putri bangsa Indonesia yang ada di Jepang.

Saat ini tidak ada biaya apa pun untuk bergabung dengan Forum BBB, asal berdomisili di Jepang memiliki Zairtyu Card (ZC). Kirimkanlah foto ZC tersebut bolak balik serta nomor telepon Jepang, dan atau nomor whatsapp untuk bisa dihubungi lebih lanjut.

Semua WNI di Jepang bebas bergabung ke Forum BBB. Sementara ini gratis tak ada biaya apa pun, hanya dengan mengirimkan foto Zairyu Card bolak balik depan belakang, beserta nomor telepon Jepang nomor Whatsapp, dan menuliskan alamat domisili saat ini dengan kodeposnya ke email: [email protected] .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper