Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Langkah Pelaku Usaha Bangkitkan Kembali Bisnis di 2021

Yuswohady, Managing Partner Inventure mengatakan ada lima langkah yang dapat dilakukan pelaku usaha untuk bisa mengembangkan kembali bisnisnya pada 2021 ini.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 22 Januari 2021  |  17:26 WIB
Tips Bisnis - ilustrasi
Tips Bisnis - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Pandemi Covid-19 telah menghantam perkembangan bisnis para pelaku usaha baik pengusaha mikro hingga perusahaan besar. Meski demikian, sebagai pelaku usaha tentu tak lantas berpangku tangan tetapi harus dapat bergerak cepat dan beradaptasi agar usahanya bisa bangkit kembali.

Yuswohady, Managing Partner Inventure mengatakan ada lima langkah yang dapat dilakukan pelaku usaha untuk bisa mengembangkan kembali bisnisnya pada 2021 ini.

Pertama, menjaga cash flow keuangan perusahaan. Yaitu denga melihat kembali stok barang, kemudian melakukan negosiasi pembayaran dengan supplier, selanjutnya mempercepat pembayaran piutang, menunda investasi serta mereview kembali biaya penyusutan HPP.

Kedua, memahami kebutuhan konsumen serta melakukan healthiness dan safety branding sehingga dapat membangkitkan kembali kepercayaan dari konsumen.

“Pelaku usaha juga dapat memodifikasi produk lama dengan fungsi yang berbeda, atau membuat produk baru yang cocok dengan situasi saat ini. Serta membuat varian produk dengan kemasan yang ekonomis dan harga terjangkau,” ujarnya.

Ketiga, mengatur ulang rantai pasok dengan cari mencari supplier lokal terdekat, membangun relasi personal dengan supllier, hindari bahan baku impor, perkecil jumlah stok inventory, serta yang tak kalah penting adalah memperhatikan standar kebersihan dan kesehatan bahan baku.

Keempat, memikirkan kembali tenaga kerja dan tempat kerja. Sebagai pemilik usaha maka perlu untuk melindungi kesehatan dan keselamatan tim, mereview kembali struktur organisasi.

“Pelaku usaha juga bisa mempertimbangkan gig workers untuk pekerjaan temporary,” ujarnya.

Selain itu, pelaku usaha juga perlu memberikan fleksibilitas tempat kerja atau mendesain ulang tempat kerja sesuai protokol kesehatan serta memberi pemahaman dan motivasi kepada tim di saat sulit ini.

Kelima, adalah memperkuat digitalisasi. Misalnya mebangun kompetensi digital pada karyawan, mempersiapkan infrastruktur IT, memanfaatkan cloud system untuk efisiensi proses bisnis, menggunakan digital marketing untuk ekspansi pasar, dan mulai membangun saluran penjualan melalui kanal digital.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

peluang bisnis tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top