Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Begini Cara Selamatkan UMKM di Masa Pandemi

Ada beberapa hal yang dilakukan pemerintah untuk menyelamatkan para pelaku UMKM selama pandemi.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 23 Januari 2021  |  13:46 WIB
Pelaku UMKM kian aktif menggunakan  internet untuk menjajakan produk. - istimewa
Pelaku UMKM kian aktif menggunakan internet untuk menjajakan produk. - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Kepala Pusat Kajian Iklim Usaha dan Rantai Nilai Global LPEM FEB UI Mohammad D Revindo berharap pemerintah bisa memberikan komunikasi publik yang baik mengenai penanganan pandemi Covid-19 sehingga dapat menimbulkan kepercayaan dari para pelaku usaha.

“Dengan adanya komunikasi dan keterbukaan publik yang baik di masyarakat, pelaku usaha bisa menghitung dan mengatur langkah bisnis mereka di masa pandemi ini,” tuturnya baru-baru ini.

Selain itu, ada beberapa hal juga yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan para pelaku UMKM di tahun 2021 ini. Pertama, terkait berbagai bantuan yang diberikan pemerintah kepada para pelaku UMKM juga diharapkan dapat terdistribusi dengan cepat dan dikomunikasikan dengan baik sehingga para pelaku usaha bisa langsung merasakan dampak dari bantuan tersebut.

Kedua, perlu adanya kerja sama kemitraan antara investor asing atau pelaku usaha besar, BUMN dan BUMD dengan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah sehingga akan terjadi rantai pasok yang saling menguatkan di dalam negeri.

Ketiga, dengan menjalin kerja sama atau kemitraan bersama perusahaan besar akan membantu pelaku UMKM dalam akses keuangan. Sebab, selama ini yang mendapatkan bantuan dengan bunga subsidi hanya UMKM yang sudah pernah mendapatkan pinjaman sedangkan yang belum pernah mengajukan akan lebih sulit.

“Artinya itu tidak menciptakan kedalaman penetrasi keuangan. Dengan menggandeng perusahaan besar maka dapat membantu pelaku UMKM dalam aksesibilitas keuangan,” tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bansos Virus Corona pandemi corona
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top