Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Teknik Sederhana Untuk Memfokuskan Pikiran Saat Stres

Meninggalkan tugas yang paling penting di akhir adalah kebiasaan yang buruk dan pada akhirnya Anda akan merasa lelah.
Stres bisa saja menyerang setiap orang, termasuk pekerja dan pebisnis./Wisegeek
Stres bisa saja menyerang setiap orang, termasuk pekerja dan pebisnis./Wisegeek

Bisnis.com, JAKARTA -- Seseorang berbicara dengan Anda tentang sesuatu, pada saat yang sama pikiran Anda berkelana ke banyak tempat.

Anda menulis catatan dan pada saat yang sama menjawab email dan telepon. Anda buru-buru menyelesaikan tugas Anda sambil menyelesaikan sarapan Anda. Apakah itu tidak terdengar asing bagi Anda?

Dengan kehidupan yang serba sibuk ini, tidak mungkin untuk tidak memiliki pikiran yang tersebar. Hal ini, selain secara negatif memengaruhi produktivitas dan kualitas kerja Anda, juga memengaruhi kesejahteraan fisik dan psikologis. Ini juga memicu stres dan mencegah Anda memanfaatkan setiap momen dengan sebaik-baiknya.

Bagaimana Anda bisa kembali fokus? Berikut beberapa teknik sederhana yang akan membuat perbedaan besar pada kemampuan Anda untuk berkonsentrasi, seperti dilansir melalui Entrepreneur.

1. Lakukan tugas satu persatu.

Lupakan multitasking. Melakukan beberapa hal pada waktu yang bersamaan tidak membuat Anda menjadi orang yang lebih efisien dan produktif; sebaliknya, hal itu mencerai-beraikan pikiran Anda, membuat Anda stres, dan menghalangi Anda untuk melakukan yang terbaik dalam setiap tugas. Buatlah daftar hal-hal yang harus dilakukan hari itu; mulai dengan yang paling sulit dan akhiri dengan yang paling sederhana. Pastikan untuk tidak pindah ke tugas lain sampai Anda menyelesaikan yang sebelumnya.

2. Jauhi stimulis yang berlebihan.

Sering kali - terutama jika Anda bekerja di lingkungan yang bising, seperti agensi periklanan atau media digital - mengisolasi diri Anda dari lingkungan ini dapat sangat membantu. Ketika Anda perlu fokus, letakkan ponsel Anda, kenakan headphone dan dengarkan musik yang menenangkan. Selain itu, hindari TV di dekat Anda. Semakin sedikit rangsangan sensorik di sekitar Anda, semakin baik.

3. Istirahat

Kami tahu bahwa Anda sangat sibuk, tetapi sering-sering istirahat bukanlah alih untuk berhenti bekerja: sebaliknya, ini adalah cara untuk memastikan konsentrasi dan aliran kreativitas tetap lancar. Setiap jam, bangun dari tempat Anda, lakukan peregangan, jalan-jalan, minum kopi, mengobrol. Anda akan dapat melanjutkan tugas dengan energi yang lebih besar.

4. Meditasi

Sebagai hasil dari kesibukan kita, pikiran kita terpencar ke seribu satu arah. Dengan bermeditasi kita belajar untuk mengontrol aliran energi dalam tubuh kita dan kita dapat memfokuskannya untuk mencapai tujuan kita. Temukan tempat yang tenang dan duduk bersila. Tutup mata Anda dan rilekskan napas.

5. Lakukan hal terpenting di awal.

Meninggalkan tugas yang paling penting di akhir adalah kebiasaan yang buruk: pada akhirnya Anda lelah, Anda merasa kurang kreatif dan Anda tidak punya cukup. Cobalah untuk memulai hari kerja Anda dengan melakukan pekerjaan kreatif, atau menyelesaikan tugas yang membutuhkan konsentrasi tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper