Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Anderson Tanoto (Kiri).  - ANTARA
Premium

SUKSESOR BISNIS: Titah Sukanto Tanoto untuk Putra Mahkota Anderson

15 Februari 2021 | 14:50 WIB
Anderson Tanoto merupakan putra keempat Sukanto Tanoto yang mulai banyak berkecimpung mengelola lini usaha RGE. Dia tercatat mencapai puncak kepemimpinan sejak 2013 sebagai Direktur di RGE.

Bisnis.com, JAKARTA – Sebelum munculnya Hartono Bersaudara sebagai taipan terkaya di Indonesia, dalam satu dekade terakhir, terdapat nama pengusaha kawakan yang telah berlangganan di puncak daftar orang kaya yakni Sukanto Tanoto.

Adapun, sebelum Robert Budi dan Michael Hartono mengkudeta puncak daftar orang terkaya Indonesia pada 2009, setahun sebelumnya mereka harus puas di bawah Sukanto. Kala itu, Forbes mencatat, Sukanto memiliki kekayaan US$2 miliar, sementara Robert Budi Hartono memiliki kekayaan US$1,72 miliar dan Michael Hartono US$1,68 miliar.

Semenjak itu, posisi Sukanto sebagai orang terkaya di Indonesia terus turun. Terakhir, pada 2020 lalu Forbes mencatat, nilai kekayaannya mencapai Rp19,07 triliun dan membuatnya menempati posisi 22 sebagai taipan terkaya di Indonesia.

Kondisi itu mungkin bisa dimaklumi lantaran usia sang Chairman Royal Golden Eagle Group (RGE) tersebut yang mulai sepuh lantaran memasuki usia 70 tahun.

Adapun, di Indonesia, Sukanto membuka bisnis pertamanya di Kerinci, Riau pada tahun 1993 melalui Riau Andalan  Pulp and Paper yang memasuki pasar untuk produksi pulp komersial pada 1995 dan produksi kertas komersial pada 1998.

Dalam waktu 20 tahun sejak saat itu, Sukanto telah memperluas perusahaannya menjadi sebuah konglomerasi yang besar.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top