Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Untuk Tetap Fokus Ketika Bekerja dari Rumah

Anda dapat mencoba ekstensi fokus untuk browser Anda guna memblokir situs yang tidak relevan dengan pekerjaan.
Bekerja di rumah (work from home)/Rantchic
Bekerja di rumah (work from home)/Rantchic

Bisnis.com, JAKARTA -- Apakah Anda mendapati diri Anda kehilangan konsentrasi dan sulit menyimak konten pertemuan yang berlangsung secara virtual?

Atau pernahkah Anda membaca email yang sama tiga kali tetapi masih belum benar-benar paham sepatah kata pun yang tertulis?

Apakah Anda perlu waktu dua jam untuk tugas yang seharusnya hanya memakan waktu satu jam? Semua ini adalah tanda Anda kehilangan fokus.

Kabar baiknya adalah dengan sedikit usaha, Anda bisa mendapatkan kembali dan mempertahankan fokus ketika bekerja. Seperti dilansir melalui Forbes, berikut ini cara mempertahankan fokus Anda saat bekerja dari rumah:

1. Jangan terlalu sering multitasking dan membagi fokus

Ketika Anda membagi fokus saat bekerja dengan multitasking, tingkat konsentrasi sudah pasti akan terbagi. Ini berdampak negatif pada produktivitas karena Anda tidak menaruh perhatian penuh pada satu tugas.

Jaga fokus pada satu tugas pada satu waktu, tidak peduli betapa membosankannya hal itu. Dengan memberikan perhatian penuh, Anda akan menyelesaikannya dengan lebih cepat.

2. Kelola interupsi.

Setiap interupsi mengganggu fokus Anda, tidak peduli seberapa singkat gangguan tersebut. Meskipun tidak mungkin untuk menghilangkan semua gangguan, menjaganya seminimal mungkin akan berdampak besar pada hari kerja Anda.

Sebagai permulaan, batasi notifikasi di ponsel Anda, karena itu adalah penyebab terbesar gangguan. Matikan semua yang tidak relevan dengan pekerjaan, dan pertimbangkan untuk mematikan semua pemberitahuan selama beberapa jam sehari sehingga Anda memiliki blok waktu untuk sepenuhnya fokus.

3. Gunakan alat bantu untuk pertahankan fokus.

Dengarkan musik - Penelitian telah menunjukkan bahwa musik membantu meningkatkan fokus, dan bahkan ada playlist yang dirancang untuk memaksimalkan konsentrasi. Pilih musik instrumental agar Anda tidak terganggu oleh lirik.

Coba headphone peredam bising - Memblokir gangguan yang terdengar di sekitar Anda membantu Anda tetap berada di zona kerja.

Anda juga dapat mencoba ekstensi fokus untuk browser Anda guna memblokir situs yang tidak relevan dengan pekerjaan Anda - Ini memungkinkan Anda untuk menyetel situs web mana yang dapat dan tidak dapat Anda lihat saat Anda bekerja.

4. Jadwalkan istirahat

Semakin lama Anda bekerja tanpa istirahat, semakin sulit untuk fokus. Otak Anda membutuhkan waktu untuk berhenti bekerja secara berkala sepanjang hari.

Rajinlah baik dalam menjadwalkan dan mengambil istirahat, karena hanya menempatkannya pada jadwal Anda dan terus-menerus mengerjakannya jelas tidak ada manfaatnya. Saat Anda merasa perlu bekerja di tengah istirahat yang dijadwalkan, pastikan untuk beristirahat setelah Anda menyelesaikan tugas.

5. Berhenti bekerja berjam-jam

Sayangnya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang-orang sekarang justru jadi bekerja lebih lama di rumah daripada di kantor.

Dengan kebiasaan baru working from home, waktu kerja jadi lebih fleksibel. Hal ini datang dengan keuntungan dan kerugian pada saat bersamaan. Kurangnya batas waktu yang konkret juga dapat berdampak pada fokus seseorang.

Atasi hal ini dengan menyusun waktu kerja yang Anda buat sendiri dan harus ditaati setiap harinya.

Yang paling penting, jangan terlalu keras pada diri sendiri jika suatu hari Anda berada di situasi yang sulit untuk menjaga fokus. Istirahatlah yang cukup, bekerja sebanyak yang Anda bisa lakukan dan coba lagi besok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper