Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Kebiasaan Kecil untuk Mengembangkan Bisnis

Komitmen pada tujuannya menjadi sebuah kebiasaan, yang kemudian memberikan momentum untuk mengembangkan perusahaannya, Mogul, menjadi seperti sekarang ini.
Membangun brand perusahaan.
Membangun brand perusahaan.

Bisnis.com, JAKARTA - Saat bekerja di industri media, CEO Mogul Tiffany Pham belajar sendiri cara coding secara otodidak untuk membangun platform yang menghubungkan wanita dan kaum minoritas dengan peluang profesional.

“Saya bekerja di pagi hingga sore hari dan belajar coding malam demi malam, minggu demi minggu, bulan demi bulan,” ujarnya seperti dikutip dari Entrepreneur, Selasa (9/3).

Komitmen pada tujuannya menjadi sebuah kebiasaan, yang kemudian memberikan momentum untuk mengembangkan perusahaannya, Mogul, menjadi seperti sekarang ini.

Pham percaya bahwa apa yang membuat bisnis tertentu berjuang dan yang lainnya berkembang adalah perbedaan antara komitmen dan kebiasaan kecil yang diciptakan oleh para pemimpin untuk membantu orang lain bergerak menuju potensi terbesar mereka.

Belajar dari pengalaman Pham, berikut lima kebiasaan yang akan membantu bisnis Anda untuk berkembang:

1. Komitmen untuk mendengarkan.

Mendengarkan adalah kekuatan super. Penting untuk mengembangkan kemampuan mendengarkan terutama saat Anda memimpin tim yang terdiri dari berbagai individu. Semua orang di tim Anda unik, dan preferensi komunikasinya juga demikian.

Tanggung jawab pemimpin adalah mendengarkan, mengungkap apa yang membuat setiap individu berdetak dan meningkatkan hasrat mereka yang memberdayakan mereka untuk menghasilkan karya yang terinspirasi.

2. Komitmen untuk komunikasi.

Cara berbicara dengan tim itu penting. Terutama karena Anda berada dalam posisi berpengaruh, kata-kata Anda memiliki bobot lebih dari yang lain. Berbicara dengan nada yang merendahkan orang lain dapat mengikis hubungan kerja - dan itu bisa terjadi dengan cepat.

Cara pemimpin berkomunikasi penting untuk mengangkat moral tim, membantu mereka tumbuh dalam perannya, dan mendukung kemajuan karier mereka. Saat memberikan umpan balik, penting untuk selalu memperhatikan isi dan penyampaian pesan Anda.

3. Komitmen untuk belajar.

Meluangkan waktu untuk memperdalam keahlian harus menjadi kegiatan wajib. Informasi ada di mana-mana, dan sebelumnya tidak pernah semudah ini untuk melanjutkan pendidikan dan mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang bidang Anda. Pham selalu menjadwalkan waktu satu atau dua kali seminggu khusus untuk belajar dan mengasah keahlian.

4. Komitmen pada sistem.

Semakin Anda memahami secara nyata mekanisme operasional bisnis, hal itu memungkinkan Anda untuk melakukan iterasi pada sistem Anda. Dengan menerapkan sistem yang tertata dan diikuti dengan disiplin, Anda dapat melacak dan menemukan inefisiensi dengan lebih baik. Sistem dapat memberdayakan Anda untuk berpikir jangka panjang dengan lebih efektif yang kemudian akan memungkinkan Anda membuat keputusan yang lebih tepat.

5. Komitmen pada diri sendiri.

Anda tidak dapat memimpin tim dan mengembangkan bisnis jika Anda tidak peduli pada diri sendiri. Temukan waktu tidur optimal Anda, makan sarapan di pagi hari, perhatikan postur tubuh Anda di meja kerja sepanjang hari dan istirahatlah untuk kesehatan fisik dan mental Anda. Rencanakan hari kerja dengan jam yang masuk akal dan hindari kelelahan.

Komitmen kecil itu penting, dan kebiasaan itu akan bertambah seiring waktu.

Jika Anda ingin menjadi pemimpin yang efektif, itu dimulai dengan memimpin diri Anda sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nirmala Aninda
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper