Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ingin Mengekor Kesuksesan Perusahaan Fortune 500? Intip Strategi Media Sosialnya

Media sosial menjadi salah satu cara bagi pemilik usaha kecil untuk menjangkau para pelanggannya. Intip strategi perusahaan-perusahaan Fortune 500 ini.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 19 Maret 2021  |  21:11 WIB
Ingin Mengekor Kesuksesan Perusahaan Fortune 500? Intip Strategi Media Sosialnya
Ilustrasi media sosial. - Reuters/Beawiharta

Bisnis.com, JAKARTA — Dengan perkembangan teknologi selama beberapa tahun belakangan, usaha skala kecil menjadi makin bergantung pada teknologi digital untuk berhasil.

Dari e-commerce hingga aplikasi seluler, perusahaan skala kecil telah mengalami banyak transformasi, mengalami pergeseran besar-besaran ke ranah online. Salah satu perkembangan teknologi utama yang telah membantu mereka berhasil menjangkau pelanggan dari jarak yang jauh adalah media sosial.

Dengan platform media sosial seperti Instagram, Facebook, TikTok, YouTube, Pinterest, dan banyak lagi, ada banyak cara kreatif dan inovatif yang dapat digunakan brand untuk terhubung dengan pelanggan yang ada dan mengonversi yang baru.

Dilansir dari Entrepreneur, pada 2018, hampir 97 persen dari semua perusahaan Fortune 500 menggunakan setidaknya satu platform media sosial untuk mempromosikan misi mereka dan membina komunikasi positif dengan para pemangku kepentingan.

Selain itu, pada 2021, ada sekitar 3,78 miliar pengguna media sosial di seluruh dunia, meningkat 5 persen dari 2020. Hal ini dapat dengan jelas menunjukkan bahwa pemanfaatan kekuatan media sosial dapat membantu bisnis kecil tumbuh dan sukses pada 2021 dan seterusnya.

Berikut tips menggunakan media sosial secara optimal seperti perusahaan Fortune 500:

1. Susun jadwal dan otomatisasi konten Anda

Sebagai pemilik bisnis kecil, Anda memiliki banyak tanggung jawab yang mungkin menyisakan sedikit waktu untuk membuat konten media sosial.

Sekarang ini, ada beberapa platform yang tersedia, seperti Nanti, Sprout Social, dan Planoly, yang membantu dapat Anda membuat, merencanakan, dan otomatisasi konten Anda. Ini adalah alat yang akan memudahkan proses pengunggahan dan pengeditan foto hingga penulisan caption.

Anda juga dapat melihat seperti apa feed Anda nantinya sebelum dipublikasikan untuk memastikan profil yang kohesif dan terkurasi dengan baik yang selaras dengan identitas merek Anda.

2. Gunakan laporan berkala untuk menganalisis metrik dan menilai kembali strategi yang ada

Pastikan untuk menentukan dengan jelas metrik saja (click-through, engagement rate) yang penting untuk bisnis kecil Anda. Tentukan metrik mana yang membantu Anda membuat keputusan bisnis yang tepat, mengambil tindakan, atau menilai inisiatif tertentu.

Laporan merampingkan semua data yang penting untuk cukup memahami basis pelanggan Anda dan pola perilaku konsumen mereka. Anda kemudian dapat menggunakan informasi ini untuk menilai kembali strategi yang ada dan membuat penyesuaian yang diperlukan.

3. Cari bantuan spesialis media sosial

Untuk membantu Anda menavigasi lanskap media sosial yang transformatif pada 2021, pertimbangkan untuk menggunakan layanan perusahaan media sosial. Strategi ini bisa membantu Anda membuat perencanaan konten, pelacakan pesaing, dan berbagi tautan yang dikurasi.

Para ahli ini juga memahami alat berguna yang membuat pembuatan konten khusus platform menjadi mudah.

Jelas, kekuatan media sosial dalam membantu brand mencapai puncak pasar bukanlah tren yang lewat dalam sekejap. Sebaliknya, semua jenis platform media sosial telah terbukti menjadi kekuatan yang mengesankan dalam perusahaan yang sedang berkembang di semua industri.

Dalam masyarakat global yang makin bergantung pada teknologi, tren ini tidak menunjukkan tanda-tanda mereda. Oleh karena itu, kehadiran media sosial untuk bisnis kecil Anda adalah kebutuhan mutlak untuk mencapai kesuksesan pada 2021 dan seterusnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ukm media sosial digital
Editor : Annisa Margrit

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top